Apakah penyakit gusi dapat dipulihkan atau diobati?

Dilihat 1,21 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Jika kamu merasakan adanya gejala penyakit gusi, segeralah buat janji dengan dokter gigimu. Perawatan yang tepat untuk masalahmu hanya dapat ditentukan jika diagnosa terhadap kondisimu sudah dibuat. Kalau kamu diagnosa menderita radang gigi - infeksi bakteri ringan pada gusi - perawatan yang akan kamu jalani tidak melibatkan operasi dan tidak akan terasa menyakitkan. Salah seorang ahli bedah implan gigi mengatakan, "Biasanya, pasien yang menderita radang gusi membutuhkan sedikit lebih banyak pembersihan mulut profesional yang lebih menyeluruh dan beberapa instruksi mengenai bagaimana cara meningkatkan rutinitas membersihkan gigi di rumah serta kebiasaan makan".


Dokter gigimu akan menjadwalkan pertemuan lainnya dalam beberapa minggu untuk memastikan bahwa gusime semakin sehat dan bahwa tidak ada lagi perawatan yang perlu dilakukan. Berhentilah meroko, kurangi konsumsi alkohol, dan perbaiki kebiasaan makanmu untuk membantu mengurangi gejala dari radang gusi yang beberapa di antaranya adalah bau nafas yang tidak hilang dan gusi yang meradang.


Kalau kamu didiagnosa mengalami penyakit gusi yang cukup parah - dikenal dengan periodontis - maka kamu harus melakukan perawatan yang lebih menyeluruh. Seperti yang dijelaskan oleh ahli bedah implan gigi, "Konsep dari mengobati periodontis adalah menyingkirkan koloni besar bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi. Karena banyak di antara bakteri - bakteri tersebut yang sudah berkumpul di bawah garis gusi, perawatan untuk periodontis mungkin membutuhkan operasi. Tapi jangan khawatir, karena gusi akan dibuat mati rasa agar pasien tetap merasa nyaman".


Selain operasi, pasien yang menderita periodontis juga mungkin perlu menjalani perawatan - perawatan berikut:

  • Pembersihan kerak gigi
  • Perawtan akar gigi yang akan menyingkirkan plak gigi dan tar tar yang berada di bawah garis gusi
  • Serangkaian obat antibiotik

Tentu saja selain perawatan profesional, kamu juga perlu mengubah gaya hidup dan standar kehidupanmu. Menjaga kebersihan mulut dan pemeriksaan gigi secara rutin juga merupakan hal yang penting. Sikatlah gigi dengan menyeluruh paling tidak dua kali sehari dan kunjungi dokter gigimu setidaknya enam bulan sekali.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang