Apakah pergi ke gym benar-benar bisa membuatmu kuat atau hanya membentuk tubuhmu?

Dilihat 339 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

'Gym Workout' memiliki pengertian yang sangat luas dan sama sekali tidak ada jaminan bahwa kau bisa menjadi lebih kuat. Namun, ada beberapa latihan di gym yang bisa membuatmu menjadi lebih kuat dan latihan ini harus menjadi fokus utama apabila kekuatan adalah tujuanmu. Tubuhmu akan bereaksi terhadap stressor (seperti akibat dari mengangkat barang berat) dengan kompensasi berlebihan. Kau akan mencapai kompensasi berlebihan ini apabila kau memaksa ototmu untuk bekerja hingga mencapai puncak yang disebut titik kegagalan sementara : Mengangkat beban yang cukup berat dan mengulangi beberapa kali repetisi hingga kau tak kuat lagi mengangkatnya meskipun kau telah mengerahkan seluruh tenagamu. Hal ini disebut dengan 'membuat kemajuan otot'. Dan kebanyakan pelatih akan bertujuan untuk mencapai titik ini dalam 8-12 kali repetisi sebelum mereka menambahkan beban lebih berat lagi. Tapi tentu saja, kau akan menemukan banyak perdebatan dan variasi yang berbeda mengenai hal ini.

Yang harus terus kau ingat di dalam pikiranmu adalah, kau harus terus berlatih secara progresif. Ini maksudnya, setiap kali kau berolah raga, kau harus menggunakan beban lebih berat atau jumlah repetisi lebih banyak daripada hari sebelumnya. Respon tubuhmu terhadap masukan seperti ini adalah nonlinear. Inilah mengapa mengangkat beban seberat 1kg sebanyak 100 kali tidak akan sama dengan mengangkat beban 100kg sebanyak 1 kali saja. Yang satu mungkin tidak akan berguna untuk tubuhmu, tapi yang lainnya akan memberikan efek yang dramatis. Kau bisa melakukan metode ini hingga 50 kg, 100 kg, atau berapa pun yang kau anggap berat dan efek nonlinear ini akan kau dapatkan hingga kau mencapai titik maksimal. Pada titik ini kau akan menjalankan olah raga yang datar-datar saja sebelum akhirnya kau bisa memutuskan untuk mencapai kekuatan yang lebih tinggi lagi. Jika kau tidak bisa, kemungkinan besar tubuhmu telah mencapai titik kekuatan maksimal. Tidak ada yang bisa berlanjut selamanya. Tapi dari segi hasil, ini adalah caramu untuk membentuk otot. Dan otot adalah awalan dari tenaga. Jadi, apabila kau terus melanjutkan dengan cara ini, maka dengan sendirinya kau pun akan menjadi semakin kuat. Dan ya, penampilan fisik dan batas kekuatanmu pun juga akan berubah. 

Keberhasilan dari seluruh usahamu juga akan ditentukan dari faktor genetik, intensitas dan program latihanmu, serta keadaan fisikmu yang sesungguhnya. 

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang