Apakah perselingkuhan polyamory?

Dilihat 231 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

selingkuh

Selingkuh  merupakan istilah yang umum digunakan terkait perbuatan atau aktivitas yang tidak jujur dan menyeleweng terhadap pasangannya, baik pacar atau suami isteri. Istilah ini umumnya digunakan sebagai sesuatu yang melanggar kesepakatan atas kesetiaan hubungan seseorang. Motvasinya adalah untuk mendapatkan keuntungan yang tidak adil dalam situasi kompetitif.

Dalam hubungan pernikahan, dikenal beberapa istilah jenis bentuk pernikahan seperrti Monogami, Poligami dan Poliandri. Namun, apakah Anda tahu kalau ada istilah baru dalam penikahan yang dinamakan Polyamory?

Poliamori yang dalam bahasa Inggrisnya ditulis Polyamory berasal dari bahasa Yunani (poly) yang artinya banyak dan bahasa Latin amor berarti cinta. Secara menyeluruh, poliamory berarti suatu posisi atau praktik yang memiliki lebih dari satu hubungan romantis terbuka pada suatu waktu.

Nah, tapi...polyamory itu sebenarnya merupakan suatu bentuk perselingkuhan atau bukan, sih? Kalau penasaran, baca saja sampai akhir yak! ^^


Poliamory = Selingkuh / Tidak Selingkuh?

Saya tidak berlatih monogami emosional atau fisik dan begitu juga dengan pasangan saya yang sudah tinggal bersama selama lima tahun terakhir (sahabatku dan kekasih) atau beberapa pasangan lainnya dan semangat-koneksi saya diberkati untuk berinteraksi dengan kehidupan yang memungkinkan. Polyamory bukan istilah favorit saya untuk menggambarkan hubungan pribadi saya, tapi untuk beberapa derajat itu plang yang paling terkenal untuk menunjuk situasi seperti itu. (catatan sampingan, 'poly' adalah bahasa Yunani, 'amor' adalah bahasa latin; siapa yang membuat portmanteau dengan mengabaikan akar bahasa tersebut?) 

Saya percaya tanggung jawab tertinggi setiap manusia adalah menciptakan dan memaksimalkan kebahagiaan nya sendiri. Sesederhana yang terdengar pada bacaan pertama, itu bukan filosofi yang baik, atau benar-benar sama sekali tak baik, dengan dunia Barat (dan terutama Amerika) Pangeran Menawan merupakan ideal suatu hubungan. Seluruh premis "menemukan satu" dan menjanjikan kehidupan monogami seumur hidup, atau bahkan masuk ke dalam seri hubungan monogami yang dibangun di atas dasar manusia lain yang menerima tanggung jawab untuk memberikan kebahagiaan Anda, dan pada gilirannya, Anda menerima tanggung jawab untuk memberikan kebahagiaan mereka. 


arti polyamory

Cinta harus berasal dari apa yang Anda kagumi tentang orang lain. Bukan dari ketidak kesediaan Anda untuk dilakukan, hanya untuk menyenangkan atau melindungi mereka. Cinta harus berasal dari nilai atau tindakan, bukan dari nol atau non-tindakan. Cinta tidak tumbuh dari pengorbanan. Cinta tumbuh dari kekaguman. Dalam skema besar, rentang hidup kita di bumi tidak lain adalah blip nanodetik. Tidak ada kata "satu-satunya." Dan saya nilai, sangat tinggi, kesadaran dalam berbagi sukacita dengan seseorang yang saya kagumi. 

Saya tidak mengharapkan orang lain untuk berkorban untuk memberikan kebahagiaan saya, dan saya menolak untuk berkorban untuk memberikan kebahagiaan mereka. Jika orang yang saya cintai menemukan orang lain yang menantang dia, melibatkannya minatnya, dan membantu nya memeras sebagian banyak kebahagiaan dalam hidupnya sebanyak mungkin, akan benar-benar keliru untuk mengharapkannya untuk tidak memiliki hubungan dengan orang lain. 

Sementara interaksi fisik kadang-kadang dapat menjadi bagian dari apa yang saya bicarakan, hal itu bukan berarti mampu meliputi kedalaman hubungan seseorang yang dipaksa untuk ditinggalkan demi monogami, kecemburuan, dan perjanjian untuk bertindak sesuai dengan dir sendiri dengan mengorbankan kebahagiaan sendiri. Hal ini memang konyol untuk dipikirkan, untuk berpikir mengenai tugas seseorang yang lain terhadap potensi kesadaran diri mereka yang harus dikejar di alam semesta yang berpusat di sekitar Anda. 


Anda sebagai Pusat Alam Semesta


 akibat selingkuh

Anda bisa menjadi pusat dari salah satu semesta: Anda sendiri. Memahami bahwa Anda itu benar-benar sepenuhnya menjadi diri Anda sendiri, tanpa orang lain mengorbankan pengalaman hidup mereka sendiri hanya untuk membuktikan bahwa Anda itu berharga. 

Bagaimanapun, itulah yang saya pelajari tentang hubungan sejauh ini dalam hidup saya yang singkat ini. Apa yang dunia coba ajarkan pada saya, itu tidak bekerja untuk saya. Jadi, saya memutuskan untuk percaya sesuatu yang berbeda. Dan, secara pribadi, saya akan memberitahu Anda, hal itu sangat jauh lebih memuaskan daripada berlari mengejar Pangeran Menawan tersebut.


Itulah penjelasan saya mengenai Polyamory, gimana? Sekarang sudah paham kan?

Baca juga:
Membayangkan termasuk selingkuh apa tidak? - Galena

Perbedaan eksploitasi dan perselingkuhan - Galena

Selingkuh itu masalah yang sangat besar!? - Galena

Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang