Apakah Ponsel Xiaomi mendapatkan update reguler dari versi Android segera setelah pembaruan dirilis?

Dilihat 1,59 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Xiaomi merupakan produk yang sangat populer dalam industri smartphone di seluruh dunia. 


Bukan saja harga untuk produk baru, produk seperti Xiaomi Yi bekas pun memiliki harga purna jual yang sangat bagus. Beberapa pertimbangan yang dipikirkan oleh banyak orang untuk mengoleksi produk Xiaomi antara lain berkaitan dengan kelebihan dan kekurangannya termasuk dalam hal update sistem Android yang dipakainya. 


Namun, sebelum memutuskan apakah ponsel Xiaomi bagus atau tidak, sebaiknya kita terlebih dulu sedikit mengupas keunggulan dan kelemahan produk ini.


Xiaomi sendiri merupakan salah satu merek asal Cina yang telah menempatkan produk-produknya di pasaran dunia sebagai produk-produk yang berkualitas dan berkelas, baik smartphone, action cam ataupun yang lainya. 


Ada banyak produk gawai yang diluncurkan Xiaomi di pasaran internasional, salah satu varian produknya adalah ponsel cerdas yang berbasis OS Android. Ponsel cerdas Xiaomi sendiri telah hadir dalam banyak varian di pasaran, dan tiap varian mengusung keunggulan tersendiri.


Xiaomi Mi4


Kualitas ponsel milik Xiaomi pun mampu bersaing dengan kualitas ponsel pintar dari pabrikan kelas atas, seperti iPhone. 


Itulah mengapa banyak orang yang lebih memilih Xiaomi dibandingkan iPhone. Selain menyajikan fitur secanggih iPhone, ponsel Xiaomi memiliki harga yang relatif lebih murah dari iPhone. 


Sedangkan untuk action cam, ada Xiaomi Yi yang juga cukup kompetitif termasuk dalam hal harga. Bahkan untuk produk Xiaomi Yi bekas pun masih banyak diminati oleh konsumen. Ini karena selain relatif murah dalam hal harga, produk gawai Xiaomi juga berkualitas prima.


Dalam hal update, meski update OS android ponsel Xiaomi tidak secepat Motorola, namun Xiaomi tetap menghadirkan update tiap minggu untuk Stable Rom dan Dev Rom yang dimilikinya. Sehingga bug atau kegagalan yang terjadi pada rom akan selalu mendapat perbaikan yang pada akhirnya meningkatkan performa ponsel Xiaomi ini. 


Jadi, para pengguna smartphone Xiaomi tidak akan merasa khawatir akan menurunnya performa gawai yang dimilikinya. Selain itu, Xiaomi juga menghadirkan Xiaomi Launcher yang ditujukan bagi pemilik smartphone non Xiaomi agar dapat juga merasakan user interface MIUI-nya. 


Terlebih lagi jika Anda memiliki Xiaomi Yi bekas apalagi yang baru, akan sangat menyenangkan saat dihubungkan dengan ponsel pintar Anda yang sudah menggunakan user interface MIUI.


Redmi 1s


Kelebihan dan Kekurangan Ponsel Xiaomi


Kekurangan:


  1. Anda tidak akan mendapatkan update OS (versi android) secepat update pada ponsel lainnya seperti nexus, Lenovo, Motorola. Tapi Anda harus memahami bahwa android stock itu sendiri masih belum sempurna. Lolipop 5.0.2 hampir membuat perangkat ini gagal total karena isu kebocoran memori. 
  2. Penggemar stock UI tentu tidak akan menyukai MIUI yang dianggap terlalu ribet. Namun menurut beberapa testimoni, jika sudah terbiasa MIUI ternyata lebih nyaman daripada model lamanya. Inilah yang perlu diperhatikan. Mungkin kita akan memerlukan waktu untuk mempelajarinya. Anda juga bisa mengunduhnya menggunakan Xiaomi Launcher
  3. Sampai saat ini pada Marshmallow berdasarkan MIUI 8 rom, pada google on tap sudah tidak ada lagi. Kemungkinan ini menjadi bug perangkat lunaknya dan memang harus diatasi.  


Redmi 4


Kelebihan:


  1. Anda mendapatkan update sistem, seringkali bug teratasi dan sejumlah fitur ekstra muncul. Jadi ada jaminan kalau masalah muncul bisa diatasi dengan segera. Dalam update sistem android terbaru, ada beberapa smartphone Xiaomi yang masuk daftar penerima update android 7.0 nougat, salah satunya adalah Mi 5s.   
  2. Ada banyak fitur baru di dalam MIUI yang tidak ditemukan pada stock android lain. Beberapa fiturnya cukup bagus. Jadi sangat wajar dan bisa diharapkan kalau MIUI akan menambah sejumlah fitur baru pada update berikutnya. Namun perlu diketahui kalau banyak fitur MIUI 8 yang tidak akan terpasang pada android N. Dan ini salah satu faktor mengapa Xiaomi begitu populer.
  3. Selain memiliki MIUI sebagai user interface-nya yang khas, yang bisa diunduh menggunakan Xiaomi Launcher, kelebihan ponsel Xiaomi yang lain adalah kustomisasi home screen yang mudah serta desain grafis yang disajikan secara elegan.
  4. Dan kelebihan yang paling utama adalah harga yang relatif lebih murah dibandingkan produk ponsel cerdas lainnya, seperti iPhone milik Apple ataupun Samsung Galaxy series. Bahkan saat ini Xiaomi telah menjadi produsen ponsel cerdas terbesar ketiga setelah Samsung dan Apple.   

Xiaomi Mi 5


Jika Anda memiliki sebuah smartphone, pastikan ponsel cerdas tersebut memiliki snapdragon soc, seperti halnya produk ponsel pintar dari Xiaomi. 


Di sini penulis menggunakan Redmi Note 3 dan dalam 2 bulan ada banyak ROM tersedia untuk keduanya. Selain itu, juga tidak seperti yang dikatakan banyak orang bahwa ROM ini penuh dengan bug, penulis tidak sepakat. 


Penulis sudah mencoba banyak ROM tapi belum pernah menemukan ROM yang penuh dengan Bug. ROM seperti Resurrection Remix dan Purenexus sangat bagus, memiliki fitur yang lebih kaya dibandingkan Stock Android. 


Jadi, pengguna punya opsi untuk mencoba stock Android Rom pada ponsel Xiaomi yang dilengkapi dengan hardware mumpuni. 


Namun ada baiknya sebelum Anda menggunakan custom rom pada ponsel cerdas Xiaomi kesayangan, pertimbangkan dulu kecocokannya. Karena kadang terdapat custom rom yang tidak cocok dengan tipe ponselnya sehingga menyebabkan bootloop. 


Sedangkan stock rom, sebagai firmware asli pabrikan akan lebih memiliki kecocokan dengan tipe ponsel dari pabrikan yang sama.


Jadi, saat Anda memiliki atau ingin memiliki ponsel cerdas dari Xiaomi, tak perlu khawatir soal update sistem operasi android-nya karena secara rutin Xiaomi melakukan update secara berkala, bahkan beberapa produk Xiaomi terbaru sudah mengusung OS android versi terbaru. 

Hal ini merupakan bagian dari layanan Xiaomi untuk memberi kepuasan pada para pelanggannya.


Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang