Apakah push up benar-benar dapat memperbaiki postur tubuh?

Dilihat 1,35 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Olahraga memang akan memberikan dampak baik jika dilakukan dengan benar. Selain dapat bermanfaat untuk kesehatan, olahraga juga bisa memberikan dampak pada perubahan fisik tubuh kita, seperti menurunkan berat badan, membentuk otot tubuh, dan juga bermanfaat memperbaiki postur tubuh kita. 


Siapa yang tidak ingin memiliki postur tubuh ideal


Pasti semua orang memimpikan memiliki postur tubuh yang ideal sehingga bisa nyaman dipandang mata. Apalagi bagi para pria, biasanya mereka sangat mementingkan penampilan postur tubuh mereka agar terlihat sempurna dan terlihat keren di hadapan wanita. 


Salah satu olahraga yang bisa membantu kita mendapatkan postur tubuh ideal olahraga push up. Olahraga ini dianggap sebagai jenis olahraga sempurna yang bisa melatih banyak otot tubuh hanya dengan melakukan gerakan yang sederhana secara berulang-ulang. 


Manfaat olahraga push up


Olahraga Push-Up Untuk Memperbaiki Postur Tubuh


Push up merupakan olahraga yang dikenal cukup simple untuk dilakukan, gerakan push up juga sederhana dan tidak memerlukan banyak ruang untuk melakukannya. 


Walau terlihat sederhana, ternyata olahraga ini cukup berat saat dilakukan karena membutuhkan tenaga yang kuat dan juga keseimbangan untuk melakukannya. 


Patut diakui juga, tidak semua orang mampu melakukannya dalam waktu yang lama kecuali para atlit yang memang sudah biasa melakukan push up sebagai pemanasan sebelum melakukan latihan. 


Push up juga banyak dilakukan untuk membesarkan otot-otot tubuh termasuk otot lengan dan juga perut. Selain itu push up juga dianggap sebagai salah satu cara membuat tubuh ideal karena gerakannya yang bisa bermanfaat pada banyak pembentukan otot dan postur tubuh. 


Lalu, apakah benar push up bisa memperbaiki postur tubuh? 


Ya, memang benar push up merupakan salah satu olahraga yang bisa memberikan manfaat untuk memperbaiki postur tubuh seseorang. Hal ini karena push up merupakan latihan pengkondisian seluruh tubuh yang paling efektif. 


Jika anda melakukan push up berarti anda juga telah melatih 5 kelompok otot tubuh anda termasuk otot perut. Push up melatih otot dada, punggung, bahu, tricep dan bicep, dan melatih otot yang membentuk otot perut. Selain itu, push up juga melatih otot panggul, otot perut pada rektus, dan juga otot seluruh punggung. 


Untuk itu, tidak heran jika olahraga ini bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh seseorang, karena memang push up berguna untuk melatih banyak titik otot kita dan akan memperbaiki postur tubuh yang sebelumnya tidak sempurna. 


Manfaat melakukan push up setiap hari secara rutin bukan hanya berdampak pada kesehatan tubuh anda namun juga pada perubahan fisik tubuh anda, seperti terbentuknya otot pada lengan dan dada. 


Manfaat push up untuk memperbaiki postur tubuh


Cara Melakukan Push-Up yang Benar


Salah satu Cara membuat tubuh ideal adalah dengan melakukan push up dengan cara yang benar sehingga anda akan mendapatkan manfaatnya. 


Walaupun salah satu latihan kebugaran jasmani ini terlihat sederhana dan terlihat mudah untuk dilakukan, namun anda harus mengetahui cara melakukan push up dengan benar


Hal ini akan sangat bermanfaat bagi anda agar terhindar dari cedera karena melakukan push up dengan posisi yang salah. 


Push up yang terbagi menjadi tiga kategori yaitu push up pemula, push up menengah, dan juga push up sempurna. Urutan jenis push up tersebut dimulai dari jenis yang paling mudah sampai paling sulit. 


Berikut adalah cara tepat untuk melakukan ketiga jenis push up tersebut:


Push up di tembok


1. Push-Up Pemula 


Bagi anda yang baru melakukan latihan push-up berarti anda masuk dalam kategori push up pemula. 


Bagi pemula, anda hanya perlu melakukan jenis push up di tembok karena akan bermanfaat untuk membiasakan diri anda sebelum anda melakukan push up sempurna yang lebih berat lagi. 


Cara melakukan push up pemula di tembok cukup mudah, diawali dengan posisi berdiri di depan tembok yang memiliki permukaan yang datar dan halus kemudian letakan kedua telapak tangan anda pada dinding tersebut. 


Lakukanlah gerakan seperti halnya anda melakukan gerakan push up di lantai dengan membengkokan tangan anda dan mendorong badan anda menjauh dari tembok. 

Lakukan gerakan tersebut selama beberapa kali dalam sehari dan lakukanlah dengan rutin agar anda terbiasa dengan gerakan push up bagi pemula ini.



2. Push-Up Menengah


Setelah anda terbiasa dengan gerakan push up di tembok bagi pemula, anda selanjutnya bisa melanjutkan pada tingkat push up yang lebih sulit yaitu push up berlutut. 


Push up berlutut merupakan kategori menengah sebelum akhirnya anda bisa melanjutkan pada kategori push up sempurna yang biasanya sering dilakukan oleh para atlet profesional. 


Cara melakukan push up lutut ini cukup mudah yaitu memposisikan badan anda seperti hendak melakukan push up pada umumnya namun kali ini gunakan lutut sebagai penyokong tubuh anda. Luruskan kedua tangan anda sejajar ke depan kemudian letakan bagian lutut anda dilantai sementara kaki anda mengangkat ke atas. 


Lakukanlah gerakan push up dengan membengkokan kedua lengan kemudian dorong badan sekuat-kuatnya dan hitung berapa kali push up yang bisa anda capai. Lakukan gerakan push up berlutut ini secara rutin sampai anda terbiasa melakukan jenis push up ini. 


Cara melakukan push up sempurna


3. Push Up Sempurna


Push up sempurna adalah jenis push up yang sering kita lihat. Jenis push ini sangat sulit apabila anda belum membiasakan diri untuk melakukannya. 

Untuk itu, bagi anda yang pemula sebaiknya anda melakukan push up yang lebih ringan dulu sebelum anda masuk pada jenis push up sempurna ini. 


Cara melakukan push up sempurna ini tidak jauh berbeda dengan melakukan push up menengah atau berlutut. Posisi awal adalah dengan memposisikan tubuh anda pada posisi tengkurap kemudian sejajarkan kedua lengan anda untuk menopang tubuh anda pada lantai, sedangkan bagian kaki ditopang oleh ujung jari kaki anda. 


Lakukan gerakan mendorong dan juga menekuk bagian lengan, usahakan anda berada pada posisi sempurna dan jangan sampai bokong anda menonjol ke belakang. Lakukan gerakan push up sempurna ini secara rutin setiap hari dan dapatkan manfaat positif yang akan berdampak pada postur tubuh anda. 


Anda akan mendapatkan otot dengan melakukan push up sempurna ini setiap hari, jadi bagi anda yang ingin membentuk otot tidak boleh ada kata malas untuk melakukan push up. 


-


Itulah beberapa penjelasan mengenai cara membuat badan ideal dengan melakukan beberapa jenis push up mulai dari yang termudah hingga tersulit. 


Push up adalah salah satu jenis olahraga kebugaran jasmani yang bisa memberikan banyak manfaat pada pembentukan otot tubuh kita. Manfaat melakukan push up setiap hari di antaranya adalah bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar dan juga dapat menciptakan pembentukan otot pada beberapa bagian tubuh kita. 


Selain itu, karena gerakannya yang melibatkan kekuatan otot, push up bisa membantu kita mendapatkan postur tubuh ideal. Sebaiknya anda melakukan olahraga ini pada waktu yang tepat, yaitu pada pagi atau sore hari agar olahraga yang anda lakukan bisa memberikan hasil maksimal bagi tubuh. 


Ingat, untuk memulainya anda tidak perlu memaksakan diri untuk langsung melakukan push up sempurna, lakukanlah kategori push up untuk pemula terlebih dahulu agar tubuh tidak kaget dan cedera. 

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang