Apakah resep makan dilindungi hak cipta?

Dilihat 1,82 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Seringkali kita menjumpai kasus yang menyangkut pelanggaran hak cipta, meski tidak terlalu dijadikan sorotan utama oleh media. 


Hak cipta adalah hak eksklusif pencipta atau pemegang hak cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu yang berlaku pada berbagai jenis karya seni atau karya cipta. Kegunaan hak cipta adalah untuk mencegah seseorang meniru suatu karya tanpa izin dari pemilik karya tersebut. 


Biasanya pelanggaran yang dilakukan mengenai hak cipta tidak terlalu dipusingkan oleh banyak orang. Jika suatu karya dijiplak, maka penjiplak melanggar undang-undang hak cipta sesuai dengan UU nomor 28 tahun 2014. Bisa juga pencipta hanya akan memaafkan penjiplak tanpa mengusut kasus di kepolisian.


aturan hak cipta


Resep Masakan dan Hak Cipta



Hak cipta tidak datang begitu saja, anda harus mendaftarkan karya tersebut untuk mendapatkannya. Cara mendapatkan hak cipta terhitung cukup sulit. 


Namun, ada beberapa cara yang saya ketahui untuk melindungi hak milik intelektual seperti resep makan. Semua hal tersebut termasuk dalam batasan yang mahal untuk melindungi hak milik intelektual. 


Tidak mudah untuk melindungi dari salinan buku secara terang-terangan, misalnya hak paten dan rahasia dagang bahkan lebih sulit lagi untuk dilindungi.


  • Hak cipta

Mungkin anda adalah orang yang ahli dalam membuat masakan rumahan dan mampu berkreasi denan resep-resep makanan yang baru. Anda ingin mengklaim resep tersebut sebagai penemuan anda. Hak cipta melindungi kata-kata yang digunakan untuk menjelaskan resep makanan. 


Seperti yang sudah dikatakan banyak orang, daftar bahan makanan tidak dilindungi, tapi kata-kata yang digunakan untuk menjelaskan resep makanannya dilindungi. Kalau anda menyusun ulang kata-katanya hak cipta tersebut tidak berlaku.


undang-undang hak cipta

  • Hak paten 

Melindungi proses cerita atau alat-alat yang digunakan (selain itu juga ada hak paten rancangan yang melindungi bentuk produk serta tampilannya, tapi ini merupakan hal yang berbeda). Di sini, anda harus memikirkan cara baru dari memasak sebagai sebuah cerita yang bermanfaat, lalu melalui upaya yang membutuhkan biaya besar untuk mendapatkan hak paten. Kemudian anda harus melindungi hak paten tersebut dari para peniru, yang bukan merupakan pekerjaan mudah bagi industri yang bernilai tinggi. 


Misalnya, apabila anda menemukan bahwa menyemprotkan bahan kimia tertentu ke pai apel akan membuat rasanya menjadi enak dan tampilannya menjadi menarik, anda bisa mematenkan prosesnya dan anda bisa melarang orang lain menggunakan cara tersebut untuk membuat pai selama 20 tahun. 


Dalam prakteknya, kecuali anda punya suatu konsep yang benar-benar baru dalam memasak, hak paten tidak ada gunanya. Hak paten yang berkaitan dengan makan biasanya digunakan untuk melindungi peralatan yang digunakan untuk membuat jutaan permen atau keripik kentang (misalnya Pringle yang menggunakan beberapa peralatan yang dipatenkan).


peraturan mengenai hak cipta


  • Merk dagang

Digunakan untuk menyebut sesuatu. Anda tidak bisa menggunakan merk dagang "pai apel", tapi anda bisa melindungi merk "Applipys" dari pai apelmu. Tentunya ini hanya berhubuangan dengan sesuatu yang anda jual. Jika anda menyebut burger rumahan yang anda jual sebagai "Big Mack" dan menaruhnya dalam menu restoran, siap-siap saja menerima surat dari pengacara McDonald's.


  • Rahasia dagang

Anda punya sebuah metode atau formula dan tidak mengatakannya kepada orang lain, kecuali mereka yang sudah menandatangani perjanjian untuk menyimpan rahasia itu. Atau jangan bilang ke siapapun sama sekali. 


Kebutuhan untuk menjaga rahasia tersebut merupakan batasan yang signifikan, sama seperti ketidakmampuan untuk melindungi penciptaan ulang secara bebas. Coca-cola tidak bisa menghentikan bisnis lain yang menemukan formula sirup yang memiliki rasa sama seperti produknya. Kalau mereka bisa, tidak akan ada yang namanya RC Cola.


hak cipta

Batasan-batasan yang saya sebutkan di atas adalah yang paling umum. Melindungi hak milik intelektual melalui hak cipta ataupun cara lainnya bukan hal mudah. Membutuhkan biaya yang besar untuk melakukan hal itu. Namun, jika anda mengurus kepemilikan tersebut, karya anda akan dilindungi oleh undang-undang hak cipta


Saya bukan seorang pengacara, tapi saya pernah membantu pengurusan dua hak paten dan bekerja pada beberapa lab yang mendapatkan penghasilan berdasarkan hak milik intelektual. Kiranya jawaban saya dapat memberikan solusi untuk anda. :)



Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang