Apakah sakit pinggang itu sebuah kasus yang permanen?

Dilihat 686 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Sakit pinggang atau nyeri punggung atau lumbago merupakan rasa nyeri yang menyerang di area sekitar tulang lumbar, antara cakram, jaringan, otot dan saraf tulang punggung sampai daerah tubuh di sekitar panggul dan perut. Sekitar delapan puluh persen orang dewasa berusia antara tiga puluh hingga lima puluh tahun mengalami penyakit ini dengan intensitas nyeri yang beragam mulai ringan hingga berat. Penyebab sakit pinggang yang paling umum adalah permasalahan mekanis seperti aktivitas yang menuntut seseorang untuk duduk dalam jangka waktu yang panjang tanpa diseimbangi dengan gerakan lain dan olahraga yang cukup. Kegiatan mengangkat barang-barang berat juga memiliki resiko mengalami sakit pinggang terutama pada orang yang berusia lebih lanjut. Kecelakaan yang menyebabkan cedera di daerah pinggang dan seklilingnya juga mampu menyebabkan timbulnya sakit pinggang.


Berdasarkan penyebab dan intensitasnya, sakit pinggang memiiki tiga tahap yakni sakit pinggang akut yang biasanya terjadi selama beberapa hari, sakit pinggang sub-akut yang rasa sakitnya berlangsung selama empat hingga dua belas minggu, dan terakhir adalah sakit pinggang kronis yang lamanya bisa melebihi dua belas minggu. Umumnya, orang yang menderita sakit pinggang akan mengalami nyeri, sakit yang menusuk, hingga mati rasa secara mendadak atau sesudah melakukan aktivitas tertentu seperti mengangkat beban berat atau bangkit setelah berada dalam posisi jongkok dalam waktu yang tidak sebentar. Ketika rasa sakit berlangsung lebih dari tiga hari, amat disarankan untuk melakukan konsultasi pada dokter, terlebih jika gejala disertai gejala-gejala khusus seperti diare, tidak dapat menahan pipis, demam, kaki lemas, atau adanya rasa nyeri saat batuk atau buang air kecil. Namun, jika tidak separah itu, sakit pinggang dapat sembuh dengan perawatan di rumah. Di bawah ini saya akan membahas mengenai bermacam-macam cara mengobati sakit pinggang.


Cara Mengobati Sakit Pinggang


Jika sakit pinggang yang Anda alami terjadi dalam jangka waktu yang relatif pendek atau tidak lebih dari enam minggu, biasanya dapat diobati dengan mengkonsumsi obat sakit pinggang yang biasa dijual bebas atau dengan melakukan cara mengobati sakit pinggang sederhana yang dapat dilakukan di rumah. Setaminofen dan parasetamol adalah obat sakit pinggang yang dapat meredakan sakit pinggang ringan dan mudah dibeli karena dijual bebas di berbagai apotik. Obat-obat lainnya yang termasuk kelompok non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAID) seperti ibuprofen juga mampu mengobati nyeri pinggang, bahkan lebih efektif. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah aturan pemakaiannya. Konsumsi obat tersebut dengan cara bijak. Terkadang parsetamol juga diminum bersama obat penghilang rasa sakit yang lebih kuat namun dengan resep dokter. Biasanya dokter akan menganjurkan konsumsi diazepam dalam jangka waktu pendek apabila nyeri pinggang Anda terjadi karena kejang otot atau spasme.




Cara mengobati sakit pinggang yang berikutnya adalah dengan terapi panas dan dingin. Anda cukup mandi dengan air panas atau mengisi sebuah botol dengan air panas dan gunakan untuk mengompres daerah pinggang yang nyeri, hal ini dapat meredakan rasa nyeri yang Anda alami. Kompres dingin seperti kompres es atau mengisi sebuah kantong tebal dengan es batu juga memiliki fungsi yang sama. Namun yang perlu Anda benar-benar perhatikan adalah jangan sampai meletakkan es langsung kepada kulit karena bisa menyebabkan luka bakar dingin pada kulit Anda, jadi lebih baik Anda membungkus es tersebut dengan handuk sebelum penggunaan. Terkadang, sakit pinggang bisa terjadi karena salah posisi tidur. Karena itu dengan mengatur posisi tidur Anda, rasa sakit dapat diredakan. Kalau Anda terbiasa tidur dengan posisi miring, tekuk kaki sedikit ke arah dada dan tempatkan bantal di antara kaki Anda. Jika Anda tertidur dengan posisi terlentang, cukup letakkan bantal di bawah lutut Anda. Hal ini dapat mempertahankan kurva normal punggung bagian bawah dan dapat meredakan nyeri pinggang yang Anda alami.




Cara lainnya untuk meredakan sakit pinggang Anda adalah dengan melakukan relaksasi atau bersantai. Kegiatan relakasaksi penting dilakukan untuk mengurangi dan mengatasi sakit pinggang karena ketegangan otot yang disebabkan oleh faktor psikis atau pikiran stres. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang selalu berprasangka atau berfikir positif meskipun sakit cenderung akan pulih lebih cepat dan terhindar dari resiko sakit pinggang jangka panjang. Selain itu, para ahli juga menyetujui bahwa sering bermalas-malasan di tempat tidur, berbaring atau tidak aktif dalam waktu yang lama memiliki pengaruh tidak baik untuk kesehatan pinggang. Orang-orang yang tetap aktif bergerak cenderung pulih lebih cepat. Ini mungkin sulit pada awalnya jika sakit parah, tetapi cobalah untuk bergerak secepat yang Anda bisa, namun lakukan sedikit-sedikit secara bertahap. Untuk mengalihkan rasa sakit, cobalah untuk berjalan-jalan santai di sekitaran komplek rumah anda, taman terdekat, atau pusat perbelanjaan.

 



Anda juga bisa melakukan olahraga ringan. Latihan atau olahraga peregangan yang dilakukan bertujuan untuk memperkuat otot dan memperbaiki postur tubuh, serta latihan aerobik dan peregangan. Jika dilakukan secara rutin, sakit pinggang yang Anda alami bisa sembuh dan menghindarkannya untuk datang kembali. Mengingat obesitas atau kelebihan berat badan juga merupakan salah satu pennyebab sakit pinggang, olahraga dan gaya hidup perlu untuk diperhatikan. Selain itu postur tubuh yang buruk seperti bungkuk juga meningkatkan resiko tersergang sakit pinggang dan dengan olahraga teratur Anda dapat memperbaiki postur tubuh Anda dan juga membantu menjaga tulang punggung dan pinggang Anda tetap sehat dan kuat. Biasanya pilihan yang populer adalah berjalan kaki, berenang, dan yoga, namun Anda bisa memilih olahraga apa pun yang menyenangkan untuk Anda agar Anda melakukannya tidak dengan perasaan terpaksa dan dapat menikmatinya.


Banyak perawatan yang bisa di lakukan untuk mengobati sakit pinggang seperti pijat, penggunaan penyokong, akupuntur, terapi manual, suntikan pada sendi, dan konsumsi antidepresan. Sayangnya semua perawatan ini hanya bisa membuat rasa sakit hilang sementara. Walaupun beberapa akan bertahan untuk jangka waktu yang lebih lama, seperti perawatan kairopraktor bisa menahan rasa sakit sampai 6 bulan. Tapi semua bisa lakukan untuk menghilangkan rasa sakit. Ada juga metode operasi jika rasa sakit berlangsung dalam jangka waktu yang lama atau kondisi pinggang Anda sudah parah. Jika sudah seperti itu, Anda lebih baik segera menghubungi dokter dan melakukan konsultasi.




Biasanya cek MRI atau rongent akan dilakukan untuk melihat seberapa parahkah kerusakan atau gangguan pinggang yang Anda alami. juga untuk melihat bentuk tulang pungung Anda. Dari sini, Anda bisa melihat perawatan apa yang harus Anda lakukan. Bisa saja Anda harus melakukan praktek penarikan tulang atau terapi mengangkat kaki. Walaupun tidak ada bukti secara ilmiah, metode non-operasi dianggap lebih efektif untuk mengobati sakit pinggang. Jadi dari pada mengnggap sakit pinggang adalah kesulitan dalam hidup Anda, sebelum terjadi, Anda harus melakukan pencegahan. Olahraga teratur, makan makanan yang sehat, dan lakukan peregangan setiap hari untuk menghindari sakit pinggang. Juga lakukan check up ke dokter atau spesialis secara teratur untuk mengetahui kondisi tubuh Anda. Karena bagimana pun, mencegah tetaplah lebih baik daripada mengobati.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang