Apakah saya boleh minum kopi kalau saya punya tekanan darah tinggi?

Dilihat 229 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Satu hal yang selalu saya sarankan kepada para pasien yang menyukai kopi adalah untuk melakukan sebuah tes kecil. Karena kebanyakan orang suka minum kopi di pagi hari, periksalah tekanan darahmu sebelum kamu minum kopi. Pastikan kamu tidak melakukan olahraga atau aktifitas lain yang dapat meningkatkan tekanan darahmu. Idealnya, lakukan pengecekan 30 menit sebelum kamu minum kopi.


Lalu minum kopi dan lakukan pemeriksaan kembali, 30, 60, dan 120 menit setelah kamu selesai minum kopi. Kalau kamu melihat kenaikan pada tekanan sistolik sebesar lebih dari 10 atau 15 mm/Hg, sebaiknya kamu berhenti minum kopi. Saat melakukn tes ini, sebaiknya kamu juga menghindari mengkonsumsi garam. Selain itu, hindari juga mengkonsumsi daging asap karena hal itu bisa mengubah hasil tesmu. Tes ini bertujuan untuk melihat bagaimana kafein mempengaruhi pembuluh darah dan detak jantungmu,


Obat yang kamu sebutkan sebelumnya adalah beta blocker yang dirancang untuk mengurangi detak jantung sehingga akan menurunkan tekanan darah. Sedangkan kafein memiliki dampak sebaliknya, yaitu meningkatkan detak jantung. 


Kafein akan langsung bereaksi terhadap sirkulasi darah dengan nmeningkatkan tekanan jantung dan mempersempit pembuluh darah. Kedua hal tersebut dapat menyebabkan tekanan darah tinggi secara tiba - tiba. Sampai saat ini para peneliti masih belum menemukan alasan yang menyebabkan hal tersebut terjadi. 



Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang