Apakah saya harus belajar teknik melukis sebelum melukis?

Dilihat 11,7 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda tentang seni. Beberapa seni yang sering membuat banyak orang berdecak kagum diantaranya seperti seni pahat, seni lukis, seni musik, seni tari, seni teater, dan lain sebagainya. 


Memang dalam menilai keindahan dari seni, seseorang akan memiliki pandangan berbeda dengan pandangan orang lainnya karena keindahan dalam sebuah seni biasanya bersifat relatif. Salah satu cabang seni rupa yang sering membuat orang terlena dengan hasil karyanya adalah seni lukis. 


Biasanya lukisan yang bisa menggambarkan sesuatu sesuai dengan bentuk aslinya bisa membuat banyak orang kagum. Tetapi ada juga beberapa lukisan abstrak yang juga dikagumi karena dinilai memiliki makna seni yang tinggi. 


Itulah yang membuat lukisan berharga terutama dari segi harga karena seorang pelukis mengeluarkan seluruh kreativitas dan bakatnya yang diwujudkan dalam bentuk lukisan. 


Lukisan Pemandangan


Makna Sebuah Lukisan 


Pengertian melukis itu sendiri adalah sebuah kegiatan mengolah objek dari tiga dimensi dan di salurkan ke dalam bentuk dua dimensi untuk mendapatkan kesan yang berbeda. 


Media lukisan bisa berbentuk apa saja seperti kanvas, papan, kertas, atau bahkan dinding. Bahan yang sering dalam pewarnaan biasanya menggunakan cat minyak untuk membuat lukisan tampak lebih hidup. Selain itu, cat minyak memiliki kelebihan saat digunakan melukis dari segi tekstur dan juga warna. 


Pandangan banyak orang terhadap lukisan memang berbeda-beda. Para penikmat lukisan bahkan mempunyai kriteria dan beberapa pertimbangan sebelum membeli sebuah lukisan. Perbedaan pendapat mengenai makna sebuah lukisan juga bisa datang dari penikmat lukisan dan juga sang pelukis sendiri. 


Hal ini terjadi karena karya seni melukis bisa menghasilkan perbedaan interpretasi atau pandangan pada setiap orang. Lalu bagaimana jika anda ingin melukis? Apakah anda harus belajar tentang teknik melukis terlebih dahulu? Jawabannya adalah itu tergantung pada apa yang ingin anda lukis. 


Jika anda ingin melukis seekor kuda ataupun wajah seseorang, anda harus mempelajari teknik melukis terlebih dahulu agar hasilnya lebih sempurna. Tetapi jika yang ingin anda gambar adalah awan, api, rerumputan, atau asap, saya kira anda tidak perlu mempelajari teknik melukis terlebih dahulu. 


Teknik melukis adalah langkah yang anda ambil untuk jenis lukisan tertentu namun tidak selalu dibutuhkan pada setiap jenis lukisan, jadi anda tidak perlu khawatir jika anda tidak mempunyai kemampuan dalam teknik melukis. 


Anda tetap bisa melukis meskipun anda tidak memiliki bakat melukis seperti halnya para seniman lukis.


Lukisan abstrak

Melukis adalah salah satu media ekspresi dan juga penemuan yang melibatkan warna dan juga tekstur. Beberapa orang yang menyukai lukisan menyerupai objek aslinya belum tentu mereka akan menyukai lukisan abstrak dan begitu juga sebaliknya. 


Seniman lukis sejati sekalipun belum tentu ingin menghasilkan karya yang selalu dipuja oleh banyak orang. Mereka lebih mengutamakan cara bagaimana mereka mengekspresikan apa yang ada dibenaknya melalui sebuah lukisan bahkan mereka bisa saja menggunakan cara unik untuk mewujudkannya. 


Kita ambil sebuah contoh lukisan karya Chuck Close, dia adalah salah satu seniman kreatif yang menggunakan teknik melukis yang berbeda. Chuck Close melukis dengan menggunakan pecahan kecil dari sebuah foto yang dipecahkan. Dia mampu mengubah gumpalan-gumpalan kecil dan menyesuaikan warna dengan objek yang akan dia buat. 


Contoh dari Chuck Close membuktikan bahwa melukis bukan hanya melibatkan keterampilan atau bakat dalam melukis tetapi juga melibatkan kreativitas dan juga pandangan setiap individu dalam menghasilkan sebuah karya imajinatif melalui media apapun. 


Jadi jangan sampai minimnya keterampilan teknik melukis yang anda miliki menghambat anda untuk menciptakan sebuah karya.


Lukisan wajah


Cara Melukis Wajah


Para penikmat lukisan di zaman modern ini menyenangi berbagai lukisan yang bisa menyerupai bentuk objek aslinya. Salah satu yang sedang populer adalah melukis sketsa wajah seseorang walaupun menggunakan media dan alat sederhana seperti pensil dan juga kertas. 


Bahkan anda juga bisa melukis wajah menggunakan kanvas untuk lebih menonjolkan kesan hidup dengan perpaduan warna dari cat air. Objek wajah merupakan objek yang khusus sehingga membutuhkan teknik untuk dapat menciptakan lukisan wajah sesuai dengan objek wajah yang menjadi target anda. 


Melukis wajah memang susah-susah gampang tetapi ada beberapa teknik sederhana yang bisa digunakan para pemula untuk dapat melukis wajah dengan sempurna. 


Anda juga bisa melakukan hal ini dengan mengikuti beberapa cara melukis wajah berikut ini: 



1. Melukis Bentuk Wajah


Hal yang harus anda lakukan pertama kali adalah melukis bentuk wajah. Ingat untuk tidak beranggapan bahwa wajah seseorang itu berbentuk bulat sempurna. Buatlah bentuk wajah berbentuk oval terlebih dahulu untuk memudahkan anda melukis. 


Jika memang objek yang anda lukis memiliki bentuk wajah yang bukan oval, anda bisa mengubahnya nanti. Anda bisa mulai membuatnya dengan guratan tipis menggunakan pensil anda. 



2. Buatlah Garis Tengah yang Saling Berpotongan


Langkah selanjutnya dalam cara melukis wajah adalah menggambar garis tengah yang saling berpotongan di tengah gambar oval tersebut. Garis tersebut membentang secara vertikal dan horizontal. Ingat untuk meletakkannya tepat ditengah gambar oval secara seimbang. Garis tengah yang berpotongan ini disebut dengan garis bantu yang akan membantu memudahkan anda dalam menggambar wajah.



3. Membuat Bagian Hidung dan Mulut


Setelah membuat dua garis lurus yang saling berpotongan, selanjutnya buatlah 2 buah garis lurus di bagian bawah garis horizontal pertama. Hal ini akan memudahkan anda untuk membuat objek gambar lain seperti gambar hidung dan juga mulut. Setelah garis horizotal kedua dan ketiga telah anda buat, anda bisa langsung menggambar bagian hidung dan mulut dengan bantuan garis tersebut.



4. Menggambar Rongga Mata


Setelah bagian hidung dan mulut telah tergambar, anda bisa menggunakan bantuan garis horizontal pertama untuk membentuk bagian mata. Buatlah 2 buah lingkaran dengan menggunakan garis horizontal pertama sebagai garis tengah kedua lingkaran tersebut. Untuk melukis bagian mata ini diperlukan perkiraan yang tepat untuk menempatkan beberapa objek di bagian wajah. 



5. Menggambar Bagian Mata


Setelah dua lingkaran telah tergambar, maka akan terlihat anda telah membentuk sebuah rongga mata yang sempurna. Pembuatan mata belum berakhir sampai disitu. Anda perlu menggambar kedua bola mata yang sebenarnya tepat ditengah lingkaran, anda bisa menggunakan garis horizontal agar mempermudah anda membuat bagian mata. 


Setelah terbentuk kedua mata ditengah lingkaran, anda bisa menggambarkan pupil mata yang berbentuk lingkaran dan juga dua buah lingkaran lagi di bagian dalam pupil.



6. Memberikan Efek Hidup pada Mata


Cara memberikan efek hidup pada bagian mata adalah dengan menggambar bagian dalam mata yaitu berupa garis oval yang lebih dekat dengan bagian pupil. Jadikan bagian garis luar mata sebagai garis putus-putus yang bisa memberikan kesan hidup pada mata sebagai kelopak mata yang indah. 



7. Melukis Telinga dan Juga Rambut


Langkah selanjutnya setelah menyelesaikan detail pada bagian mata seperti pembentukan efek kelopak mata dan juga arsiran alis mata. Anda bisa melanjutkan pembuatan telinga di samping kanan dan kiri dari bentuk wajah. 


Anda bisa menggunakan garis bantu horizontal pertama untuk membuat lekukan telinga agar terlihat lebih nyata. Setelah selesai dengan bagian kedua telinga, anda selanjutnya bisa membuat gambar rambut yang sesuai dengan objek wajah yang anda buat. Bagian ini termasuk bagian yang mudah dilakukan dalam melukis wajah seseorang.



8. Sentuhan Terakhir


Sentuhan terakhir adalah yang paling menentukan kesan hidup pada lukisan objek wajah yang anda buat. Anda bisa memberikan sentuhan detail pada bagian mata dengan menambahkan bulu mata dan menghapus semua garis bantu pada bagian mata secara perlahan. 


Anda juga bisa memberikan ketegasan pada gambar mata yang telah terbentuk sempurna. Untuk bagian oval wajah anda bisa mulai memperbaikinya dan menyesuaikannya dengan bentuk wajah objek yang anda gambar. Setelah selesai, hapuslah semua garis bantu yang pada lukisan wajah tersebut dengan perlahan. 


Hal terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan pemberian warna dan juga menggambar bagian leher dan juga pundak untuk memberikan kesan hidup pada lukisan.


-


Itulah beberapa tahapan cara melukis wajah seseorang yang bisa anda coba. Dalam melukis tidak dibutuhkan keterampilan khusus untuk melakukannya, walaupun anda adalah seorang pemula sekalipun. 


Yang terpenting dalam menggambar adalah mengetahui objek apa yang akan anda gambar dan menyesuaikan teknik yang bisa anda coba. Bagaimanapun hasilnya anda telah menghasilkan karya anda dan juga sudah berusaha menginterpretasikan pandangan anda dalam sebuah media dua dimensi.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang