Apakah saya harus melakukan latihan abdomen untuk mengurangi perut buncit, atau apakah berlari dan latihan kardio lainnya sudah cukup?

Dilihat 1,29 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Dalam usaha untuk mengurangi perut buncit, sebagian orang percaya bahwa cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan aktivitas yang terkonsentrasi pada perut seperti, crunches dan gerakan sepeda. Latihan otot perut tidak memiliki dampak yang besar dalam mengurangi perut buncit. 


Untuk mengurangi perut buncit, kamu harus melakukan perubahan pola makan dan aktivitas yang membakar kalori. Salah satu alasan kenapa sulit untuk mengurangi perut buncit adalah karena lemak perut terdiri dari dua jenis lemak yang berbeda. Lemak subkuntan merupakan lapisan lemak yang berada di bawah kulit, menyembunyikan otot perut yang berada di bawahnya. Lemak naluriah berada dalam lubang perut itu sendiri, meliputi organ - organ. Meskipun keberadaan kedua jenis lemak tersebut dalam jumlah besar merupakan hal yang buruk, hormon yang dilepaskan oleh lemak naluriah menurunkan resiko diabetes tipe dua serta masalah kesehatan lainnya.


Alasan banyak orang melakukan latihan perut untuk mengurangi perut buncit adalah adanya kepercayaan bahwa kita bisa mengurangi lemak pada bagian tubuh tertentu. Kepercayaan ini didasari pada pemikiran bahwa kamu membakar lemak pada bagian yang kamu latih, jadi kalau kamu ingin mengurangi lemak perut, makan kamu perlu melatih otot perut.


Sayangnya, menghilangkan lemak hanya pada suatu area tidak akan berhasil. Olahraga membakar kalori yang dapat membakar lemak tubuh, tapi lemak tubuh yang dibakar bisa berasal dari mana saja terlepas dari otot mana yang kamu latih. Pengurangan lemak biasanya terlihat lebih jelas dibagian - bagian yang banyak terdapat timbunan lemak.


Salah satu pendekatan terbaik untuk mengurangi perut buncit adalah dengan mengurangi asupan kalori yang kamu konsumsi sehari - hari. Monitor apa yang kamu makan serta jumlahnya agar kamu bisa mengetahui penyesuaian seperti apa yang kamu butuhkan. Mengurangi porsi makananmu merupakan salah satu pendekatan yang dapat dilakukan untuk mengurangi asupan kalori.


Setelah kamu melakukan hal itu, berolahraga merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan untuk mengurangi perut buncit dan menjaga kebugaran tubuh. Latihan yang menstimulasi detak jantung serta aktifitas - aktifitas kardio lainnya juga dapat membantu membakar kalori ketika dilakukan selama 30 - 60 menit sehari. 


Kurangi stress. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Yale pada tahun 2000 menemukan hubungan antara lemak perut dengan hormon stress, kortisol. Orang - orang yang memiliki kecemasan berlebihan memiliki ukuran perut yang leih besar dibanding mereka yang tidak memiliki kecemasan berlebih. Menurunkan kecemasanmu mungkin dapat menurunkan hormon kortisol yang memungkinkan tubuhmu menyimpan lemak secara merata di seluruh tubuhmu dan tidak menumpuk semuanya di perut.


Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang