Apakah saya perlu melakukan pemanasan sebelum melakukan satu set push-up sebanyak 50 kali?

Dilihat 306 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Melakukan push up itu baik untuk dada dan lengan anda. Tapi sebelum berolahraga anda biasanya di anjurkan untuk melakukan pemanasan. Memang pemanasan itu telah terbukti memberikan efek positif terhadap hasil olahraga, tapi apakah anda perlu melakukan pemanasan sebelum berolahraga? Berikut adalah penjelasan mengenai pemanasan dan mengapa anda memerlukan pemanasan.


Pentingnya Pemanasan sebelum Push-up


Itu tergantung. Jika anda adalah seorang yang terlatih dalam melakukan latihan kekuatan yang menggabungkan gerakan mendorong atau menekan semacam bench press dan anda memiliki bahu yang sehat dan bagian tubuh atas yang baik sehingga mungkin anda tak perlu pemanasan.


pemanasan sebelum push up

50 kali push-up bisa menjadi bagian dari pemanasan anda. Akan tetapi, jika anda memiliki tingkat kebugaran dimana 50 kali push-up itu adalah tantangan yang signifikan dan anda belum pernah melakukannya baru-baru ini maka anda harus menyiapkan bahu anda. Contohnya, anda bisa mengawalinya dengan plank atau gerakan-gerakan kecil mendorong. Dan juga itu tergantung dengan apa yang anda sebut push-up


Ada perbedaan yang begitu besar dalam seberapa rendah anda melakukan pengulangan gerakannya. Jika anda melakukan jenis push-up "lepas tangan" dimana seluruh tubuh anda menyentuh lantai sebelum anda mendorong ke atas, anda akan mengalami tekanan yang lebih besar pada persendian bahu dan otot-otot pektoral. Ini mungkin sebuah versi dimana pemanasan itu dibutuhkan.


Apapun kasusnya, jika anda mengalami cidera pada tubuh bagian atas dan/atau ketidakseimbangan struktural, mungkin anda perlu bertanya kepada ahli terlebih dahulu sebelum melakukan push-up.


Banyak klien saya telah memiliki postur kepala ke depan dan bahu melengkung (terutama akibat gaya hidup duduk) yang di kombinasikan dengan masalah persendian bahu tertentu. Bagi mereka saya tak menyarankan push-up sampai masalah itu diperbaiki dan fokus pada latihan-latihan menarik. Semoga ini masuk akal.

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang