Apakah sebuah kedai kopi merupakan bisnis yang bagus di Indonesia?

Dilihat 895 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Memulai sebuah usaha adalah salah satu upaya kita untuk membangun jiwa entrepreneur. Hal itu adalah langkah yang bagus yang menjadi landasan awal untuk memulai bisnis dalam bidang manapun. 


Banyak orang kini merambah pada bisnis yang tidak pernah ada habisnya, mereka berpikir tentang sesuatu yang selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Peluang usaha makanan dan usaha kedai kopi adalah salah satunya, manusia mana yang tidak memerlukan makanan? Bukankah mereka selalu makan setiap harinya? Bahkan sekarang makanan adalah bagian dari gaya hidup manusia yang tidak bisa dipisahkan. 


Ya, membuka usaha makanan adalah pilihan yang tepat untuk digeluti dan bahkan berpeluang lebih besar untuk membawa seseorang menuju kesuksesannya. 


Peluang usaha kedai kopi di Indonesia


Bisnis Peluang Usaha Makanan dan Minuman 


Bisnis peluang usaha makanan dan minuman di Indonesia adalah hal yang bisa kamu coba jika kamu mempunyai bakat atau bahkan faktor mendukung lainnya untuk membuka usaha ini. 


Banyak orang Indonesia yang menyukai kuliner. Kamu bisa memulainya dengan kuliner yang kamu sukai atau bahkan kuliner tradisional ataupun kuliner ala barat yang sekarang sedang menjadi trend di kalangan masyarakat. 


Hal yang harus diutamakan adalah cita rasa dan kreativitas atas menu yang kamu sajikan. Ingat kamu bisa mendapatkan pelanggan jika kamu bisa memuaskan apa yang mereka inginkan, bukan hanya dari segi cita rasa saja, segi pelayanan juga patut kamu utamakan untuk memuaskan pelanggan. 


Peluang usaha makanan dan minuman juga cukup menjanjikan bagi kamu untuk mendulang kesuksesan besar, asalkan kamu pintar dalam mengatur strategi berbisnis dan mendalami bisnis apa yang sedang kamu jalani. 


Walaupun di Indonesia sendiri sudah banyak sekali usaha makanan seperti kedai ataupun restoran yang berdiri, kamu tidak perlu khawatir jika kamu bisa menunjukkan apa yang menjadi ciri khas dari usaha milikmu. Usaha ini bisa bertahan cukup lama jika kamu mampu mempertahankan keistimewaan kedai yang kamu dirikan. 


Buktinya banyak sekali kedai dan restoran di Indonesia yang masih berdiri sejak puluhan tahun yang lalu dan mampu bersaing dengan perkembangan zaman saat ini. 


Bisnis kedai kopi di Indonesia


Bisnis Kedai Kopi


Usaha kedai kopi adalah salah satu peluang usaha minuman yang sedang menjadi trend di zaman modern ini. Kopi adalah salah satu minuman klasik yang memiliki banyak sekali penggemar di seluruh dunia. 


Minuman yang bisa meningkatkan konsentrasi ini memiliki daftar manfaat yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh, untuk itu mengapa bisnis kedai kopi merupakan bisnis berpeluang besar yang bisa kamu coba. 


Di Indonesia kopi adalah minuman primadona yang disukai sejak zaman dulu. Masyarakat Indonesia sudah mengenal minuman ini sejak lama maka dari itu minuman ini selalu hadir dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Penikmat kopi sendiri kini sudah merambah pada semua kalangan mulai dari anak muda hingga para orang tua dan dari kalangan pria sampai wanita. 


Negara kita sendiri adalah salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Pada tahun 2016 Indonesia menduduki peringkat ke 3 setelah Vietnam dengan memproduksi kopi sekitar 65.000 ton. 


Wah, menakjubkan bukan? 

Hal ini dikarenakan tanaman kopi dari berbagai macam jenis tumbuh di negara tropis kita dengan mudah sehingga banyak sekali kebun kopi dan para petani kopi yang berkontribusi menghasilkan biji kopi berkualitas di Indonesia. 


Bisnis kedai kopi


Walaupun kini banyak sekali produsen kopi yang menciptakan kopi dalam bentuk sachet sehingga semua orang bisa membuat kopi sendiri di rumah, tapi tetap saja kedai kopi masih menjadi tempat favorit para penggemar kopi untuk menikmati keaslian dari cita rasa kopi. 


Penikmat kopi sejati akan mengetahui mana kopi yang memiliki kualitas terbaik yaitu yang tidak mengandung banyak campuran gula di dalamnya. 


Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dari membuka kedai kopi di Indonesia adalah banyak sekali orang yang sering melakukan perkumpulan komunitas, acara reuni sekolah atau keluarga, atau sekedar perkumpulan untuk tempat nongkrong yang bisa menjadi peluang besar untuk mengembangkan bisnismu. 


Inilah yang menjadi alasan mengapa bisnis usaha kedai kopi di Indonesia adalah sebuah peluang bisnis yang bagus. Namun, lagi-lagi yang perlu diutamakan adalah kepuasan pelanggan dalam hal kualitas cita rasa, inovasi, dan pelayanan yang baik. 


Sebenarnya usaha apapun yang kamu pilih bisa menjadi jalan menuju pintu sukses, asalkan kamu mengetahui strategi khusus untuk memulai bisnis dan tidak hanya bermodal nekad saja. Untuk memulai usaha ini kamu juga harus memiliki pengetahuan lebih dalam tentang kopi, usaha kedai kopi, dan juga apa yang diinginkan pelanggan. 


Jangan pernah memulai usaha kedai kopi jika kamu belum mengetahui apa-apa tentang kopi, itu sama saja dengan menghancurkan usahamu sejak awal.

 Faktor-faktor yang perlu diperhatikan sebelum membuka kedai kopi


Faktor yang Menentukan Keberhasilan Usaha Kedai Kopi 


Berani memulai bisnis itu adalah hal yang bagus, tetapi akan lebih baik jika kamu memulai bisnis di saat kamu sudah memiliki landasan pengetahuan dan juga strategi bisnisnya. 


Sebelum kamu memulai usaha kedai kopi sebaiknya kamu mempelajari hal yang berhubungan dengan kopi seperti cara membuat, target pasar, atau bahkan semua jenis-jenis minuman kopi dan beberapa manfaatnya. 


Selain itu kamu juga harus mempelajari cara membuka usaha kedai kopi pada orang-orang yang sudah berpengalaman dalam menggeluti usaha ini. Dalam membuka usaha ini ada beberapa faktor yang menentukan keberhasilan usaha kedai kopi milikmu. 


Beberapa faktor berikut ini harus menjadi pertimbangan kamu saat membuka kedai kopi: 


Faktor harga kopi


1. Mempertimbangkan Harga 


Sebagai bisnis pemula yang masih merintis kamu harus menyesuaikan harga dengan kedai-kedai kopi ternama di Indonesia yang sudah lebih dulu sukses berdiri. 


Sebaiknya untuk awal memulai bisnis, kamu tidak perlu memikirkan keuntungan tetapi lebih kepada menarik perhatian para calon pelangganmu. Untuk itu penentuan harga kopi yang ada di kedaimu harus disesuaikan dengan harga pasaran kopi itu sendiri, jangan mematok harga terlalu tinggi. Atau bahkan untuk memulai bisnis kamu bisa memberikan harga miring sebagai peluncuran kedai kopi pertamamu. 



2. Tempat dan Dekorasi


Ini adalah yang paling menentukan berkembangnya sebuah bisnis terutama di bidang kuliner. 


Pelanggan pertama kali akan melihat tempat dan juga keunikan dekorasi sebelum mereka mencicipi kopi di kedaimu. Tempat strategis membuka peluang besar kesuksesan sebuah kedai, untuk itu pilihlah tempat yang strategis untuk memulainya. 


Kamu bisa mendirikan kedai kopimu di kawasan yang ramai dengan berbagai tempat umum seperti di dekat mall, kampus, bank, kawasan pertokoan, dan tempat umum lainnya. Dekorasi yang unik bisa kamu terapkan pada kedai kopi milikmu untuk menarik perhatian pelanggan. 


Dekorasi yang unik bukan berarti dekorasi yang mahal, kamu tetap bisa mengubah barang bekas sekalipun untuk dijadikan dekorasi dengan mengandalkan kreativitas.


Faktor cita rasa


3. Cita Rasa


Faktor cita rasa adalah faktor yang penting untuk menarik pelanggan pertama berkunjung lagi ke kedai kopi milikmu. 


Untuk itu, selalu usahakan hidangan kopimu memiliki cita rasa yang pas dan enak bagi para pelanggan. Kamu juga harus memperhatikan bagaimana cara mempertahankan cita rasa kopi buatanmu agar tetap sama sehingga itu akan menjadi salah satu daya tarik. 


Ada baiknya kamu memulai usaha dengan ikut terjun langsung menghidangkan kopi ataupun jika perlu kamu memakai jasa barista yang sudah berpengalaman.



4. Inovasi


Kamu mungkin membuka usaha kedai kopi diantara banyaknya kedai kopi yang sudah berdiri, hal itu tidak masalah jika kamu memiliki inovasi untuk membuat kedai kopi milikmu menjadi berbeda. 


Kamu bisa membangun inovasi yang menjadi keunikan dari kedai kopimu, misalnya kamu tidak hanya menyajikan hidangan kopi tapi kamu juga menyediakan beberapa menu pendamping kopi seperti berbagai jenis kue, roti, ataupun pastry yang lezat lainnya. 


Atau kamu bisa menamai hidangan kopi dengan nama-nama yang unik atau hal kreatif lainnya yang bisa menjadikan kedai kopimu berbeda dengan yang lain.


Pelayanan adalah hal utama


5. Pelayanan


Pelayanan berhubungan dengan kepuasan batin yang dirasakan oleh pelanggan. 


Faktor ini juga sangat menentukan dalam membentuk sebuah bisnis di bidang kuliner yang pasti melibatkan jasa pelayanan juga. Kamu harus membangun pelayanan yang efektif, cepat, baik, dan ramah. Hal inilah yang akan menarik hati para pelanggan. 


Bisnis kedaimu tidak akan berkembang walaupun cita rasa kopi buatanmu begitu nikmat tetapi bisnis kamu memiliki pelayanan yang buruk. Jika kamu mengandalkan karyawan untuk melayani pelanggan terapkan etika-etika melayani pelanggan pada mereka dan menerapkan budaya 'pelanggan adalah raja'. 


-


Itulah beberapa faktor yang bisa menentukan keberhasilan usaha kedai kopi milikmu. Usaha kedai kopi adalah salah satu bisnis yang menjanjikan di Indonesia asalkan kamu memulainya dengan strategi bisnis yang kamu harus siapkan. 


Selain itu, pengetahuan tentang kopi juga harus diutamakan agar bisnis kamu bisa berkembang. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk memperdalam pengetahuanmu tentang rahasia sukses usaha kedai kopi kepada orang yang sudah berpengalaman dan sukses menggeluti bidang ini. 


Kamu bisa menanyakan beberapa hal seperti apa tantangan terbesar dan apa yang bisa membuat mereka sukses. Semangat dan jangan pernah menyerah!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang