Apakah senam yoga lebih baik daripada senam aerobik untuk kesehatan jangka panjang?

Dilihat 2,26 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kesehatan merupakan kebutuhan manusia yang paling hakiki. Tidak ada kenikmatan lain yang dapat dinikmati saat kesehatan tubuh sedang terganggu. 


Tubuh yang sehat merupakan tubuh yang bebas dari segala macam penyakit. Dengan tubuh yang sehat, kita dapat menjalankan berbagai aktivitas dengan normal dan optimal. Oleh sebab itu, kesehatan merupakan harta yang paling mahal dan berharga. 


Terkadang pentingnya akan kesehatan tidak begitu disadari, padahal kesehatan yang terganggu bisa mempengaruhi produktivitas kita dalam berkarya. Untuk menjaga kesehatan tetap terjaga salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah berolahraga. 


Senam aerobik adalah salah satu olahraga yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan hidup sehat. Sebab bukan sekedar menjaga pola makan, olahraga pun menjadi salah satu faktor terpenting dalam menjaga kesehatan. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk membeli peralatan, senam aerobik pemula bahkan dapat dilakukan di rumah secara individu.


Olahraga seman



Pengertian Senam Aerobik



Siapa yang tidak tahu senam aerobik? Anak-anak yang masih duduk di bangku SD pun sudah biasa melakukannya setiap jumat pagi. Senam aerobik adalah jenis olahraga yang paling populer dan banyak diminati oleh berbagai tingkatan usia. Tidak aneh jika disetiap tingkatan sekolah selalu ada jadwal untuk melakukan senam aerobik. 


Selain itu, di alun-alun, di lapang, bahkan di tempat parkir perkantoran pun senam aerobik marak dilakukan. Disamping biayanya yang murah, manfaat yang diberikannya pun begitu besar. Perpaduan berbagai gerakan fisik yang begitu menggairahkan, ditambah dengan iringan musik yang dapat membantu dalam senam aerobik untuk mendatangkan semangat. 


Menendang, melompat, serta bergerak bergoyang-goyang menambah keasyikan tersendiri bagi para penikmatnya sehingga tidak merasa malas untuk berolahraga. Jantung dan paru-paru pun akan menjadi lebih sehat jika kita rajin melakukan senam aerobik.



Senam aerobik



Manfaat Senam Aerobik



Gerakan aerobik sangat beragam. Mulai dari yang ringan hingga yang keras pun ada, sehingga senam aerobik dapat disesuaikan dengan tingkatan usia dan kebutuhan. Dengan melakukan senam aerobik secara teratur, maka irama jantung yang kita miliki akan menjadi lebih stabil dan denyut jantung pun menjadi meningkat. 


Dengan demikian, senam aerobik adalah olahraga yang sangat ampuh untuk meningkatkan fungsi kerja jantung sehingga jantung bisa lebih sehat. Disaat jantung sehat, maka secara otomatis resiko terserangnya penyakit stroke pun menjadi lebih kecil. Bukan hanya jantung, senam aerobik juga dapat membentuk otot tubuh dan membuat otot menjadi lebih sehat. Melalui senam aerobik, otot akan memperoleh oksigen yang cukup sehingga mampu terhindar dari penyakit asam laktat alias asam urat. 


Dan yang pasti, senam aerobik dapat meningkatkan metabolisme basal dalam tubuh sehingga para pecintanya dapat melakukan aktivitas dengan penuh semangat dan memiliki stamina yang kuat.



gerakan senam aerobik pemula



Gerakan dasar Senam Aerobik pemula


Tak perlu khawatir bagi anda yang baru akan mencoba senam aerobik. Gerakan-gerakan pada senam aerobik umumnya sangat mudah untuk diikuti. Pada dasarnya, gerakan senam aerobik pemula dibagi menjadi 3 aturan penting, di antaranya:



1. Gerakan pemanasan


Untuk melakukan olahraga apapun tentu harus melakukan pemanasan terlebih dahulu, termasuk senam aerobik. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan otot-otot dan persendian agar tidak kaget akibat pergerakan yang tiba-tiba. Selain itu, dengan pemanasan suhu tubuh akan meningkat, denyut jantung akan naik secara berangsur, dan sirkulasi cairan di dalam tubuh pun ikut meningkat. Maka dengan melalui pemanasan tersebut, psikologis dan emosional diri menjadi lebih siap.



2. Gerakan inti


Gerakannya bisa bermacam-macam, tergantung jenis senam aerobik yang kita pilih. Bisa berupa gerakan ringan, gerakan yang keras, atau kombinasi antara gerakan keduanya. Dengan kata lain, gerakan inti ini dapat disesuaikan dengan tujuan yang hendak kita peroleh. Misalnya, untuk menghilangkan stres dan lelah setelah seharian bekerja, maka aerobic dance-lah yang dapat kita pilih. Aerobic dance merupakan jenis senam aerobik yang gerakannya berupa kombinasi tarian-tarian yang indah. Disamping menyehatkan, aerobic dance mampu mengaktifkan endrofin sehingga dapat memberikan rasa tenang dan bahagia.



3. Gerakan pendinginan


Pelaksanaan gerakan pendinginan dilakukan secara bertahap. Mulai dari intensitas yang tinggi, terus menuju intensitas yang lebih rendah. Pendinginan ini berfungsi untuk mengembalikan frekuensi denyut jantung hingga kembali pada keadaan normal.



senam yoga



Perbedaan Senam Aerobik dan Yoga


Senam aerobik dan senam yoga, namanya memang sama-sama senam. Tetapi tentu ada perbedaan diantara keduanya. Yoga berarti memusatkan pikiran agar bisa mengendalikan keseimbangan antara jiwa, pikiran, dan tubuh. 


Manfaat senam yoga lebih kepada melatih konsentrasi dan membuat pikiran menjadi lebih rileks, sehingga bukan hanya sehat fisik melainkan jiwa pun ikut sehat. Guna medapatkan manfaat tersebut, kita pun harus pandai memilih jenis yoga yang cocok dengan tujuan dan kepribadian kita.


 Adapun jenis senam yoga yang paling mudah diikuti beserta manfaatnya adalah sebagai berikut:


Macam-macam senam yoga


1. Yoga Tadasana


Gerakan yoga tadasana adalah gerakan yoga yang paling mudah untuk diikuti. Yakni menjinjitkan kaki selama 5 detik sambil mengangkat tangan ke arah atas dan menarik nafas. Tadasana berfungsi untuk memperlancar peredaran darah, menguatkan otot perut, dan membantu menyeimbangkan fungsi otot-otot tubuh.



2. Yoga Pavanamuktasana


Gerakan Pavanamuktasana sangat cocok dipraktekkan oleh anda yang sedang diet, sebab gerakan ini berfungsi untuk mengecilkan perut, menurunkan berat badan, serta membakar lemak. Cara melaksanakannya cukup mudah, pertama berbaring di atas matras dengan posisi kaki lurus ke depan, kemudian lambat laun angkat muka dan kaki kanan sambil menarik nafas pelan-pelan. Lalu cium lutut sambil menghembuskan nafas dan lakukan pengulangan untuk kaki yang kiri.



Selain gerakan-gerakan tersebut, masih ada banyak gerakan yoga lainnya. Diantaranya adalah Yoga Bhujangsana, Yoga Dhanurasana, Yoga Padahastasana, dan Yoga Naukasana. Semuanya memiliki gerakan yang berbeda serta manfaat yang berbeda pula.


Apakah senam yoga lebih baik dari senam aerobik? 


Yang pasti, keduanya sama-sama dapat menyehatkan. Namun lebih baik atau tidaknya, semuanya harus dikembalikan pada kebutuhan anda masing-masing. Senam yang baik merupakan senam yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga manfaat yang akan kita peroleh pun memang sesuai dengan apa yang kita harapkan. 


Namun pada tahun 1986, penelitian yang dilakukan Harvard University justru menyebutkan bahwa senam aerobik merupakan senam yang dapat membuat umur lebih panjang karena tubuh pesenam aerobik tersebut akan menjadi jauh lebih sehat dalam jangka panjang dan bonusnya bisa terhindar kita dari stres. 


So, dapat kita simpulkan bahwa senam aerobik adalah olahraga yang dapat memberikan manfaat yang lebih baik bagi kesehatan jangka panjang jika kita bandingkan dengan jenis senam lainnya, seperti yoga. Maka jangan ragu untuk segera mempraktekkannya. Salam hidup sehat dan selamat mencoba!

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang