Apakah sepatu Vans itu nyaman dipakai?

Dilihat 509 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Siapa yang tidak kenal dengan sepatu Vans? Sepatu yang sedang digandrungi oleh kawula muda ini tidak lekang dimakan zaman. Berbagai macam model sepatu yang beredar di pasaran tidak serta merta menjadikan eksistensi merk sepatu Vans menjadi tenggelam. Bahkan pada beberapa tahun ini beberapa model sepatu Vans semakin dicari di pasaran. Namun sebagai pecinta sepatu yang merknya terkenal di seluruh belahan dunia ini, ada baiknya kita memahami sekelumit sejarah menarik tentang merk sepatu ini.



Pendiri merk sepatu yang sedang hits ini adalah “Paul Van Doren" lahir pada tahun 1930, tinggal di Boston. Saat beliau baru naik ke kelas 3 sekolah menengah pertama. Akhirnya beliau memutuskan untuk serius dalam hobinya, yaitu berkuda. Pada umur 14 tahun, dia sudah memulai balapan kuda dalam beberapa race lokal dan mendapat julukan : ‘dutch the clutch’ karena stylenya yang aneh dalam berkuda. Pada lain waktu Ibunya merasa kesal melihat beliau kerjanya hanya bermain kuda, tidak menghasilkan uang, akhirnya beliau dipaksa untuk bekerja di suatu pabrik sepatu sebagai buruh pembuat sepatu dan penyapu lantai.


20 tahun berlalu bekerja di pabrik sepatu dengan merek Randy’s tersebut. Berkat keuletannya dalam bekerja, Paul Van Doren naik jabatan menjadi Vice president (wakil president) dari Randy’s. Namun seiring berjalannya waktu, beliau memutuskan untuk keluar dari perusahaan sepatu itu, lalu beliau pindah ke kota Southern California, dan membuat perusahaan baru bersama sahabat & adiknya pada tahun 1996.


Peristiwa pada tahun 1966 ini sekarang terkenal dengan istilah : The Birth of The California Style. Perusahaan sepatu ini berawal dari sebuah toko yang dibuka oleh Paul Van Doren pada tanggal 1 maret 1966. Pada hari pertama, terdapat 16 orang yg datang ke toko, dan melihat-lihat contoh sample sepatu yang disediakan dan akhirnya pada sore hari pembeli datang lagi ke toko dan membeli salah satu sample dengan harga $ 4.99. Setelah dapat pelanggan Paul Van Doren beserta adik dan teman-temanya langsung cepat-cepat masuk ke pabrik dan memproduksi sepatunya.


Awal mula kemunculan sepatu Vans, mereka telah memperkenalkan konsep ‘CUSTOM SHOES’. Sebuah terobosan terbaru pada zaman itu yang membuat model sepatu Vans semakin menjadi terkenal. Kemudian pada tahun 1975, dua orang skater dari Santa Monica yaitu "Tony Alva" dan "Stacey" ingin membuat sepatu custom yg lebih nyaman digunakan untuk olahraga dan lebih identik lagi dengan ciri khas mereka. Setelah berbicara dengan mereka, Vans akhirnya membuat tambahan panel suede di bagian tumit dan dikasih label ‘OFF THE WALL’, yang mulai hari itu menjadi nama dari skateboarding shoes line dari Vans. Setelah itu mereka juga mulai mensponsori Tony Alva dan Stacey Peralta. Mereka membayar kedua skateboarder tersebut sebesar $300 agar mau tour keliling dunia, untuk selalu memakai sepatu Vans dimana pun dia berada.


Pada akhir taun 70-an anak dari Paul Van Doren, yaitu Steve Van Doren melihat salah satu sepatu temannya dicoret-coret dengan motif kotak-kotak seperti papan catur. Dia langsung berbicara sama ayahnya, lalu beliau membuat design slip-on Checkerboard dengan warna putih bahan canvas dan warna hitam bahan karet di susun menjadi kotak-kotak, Lalu mereka mengeluarkan sepatu tersebut sebagai model sepatu Vans terbaru.


Pada waktu yg sama, orang dari ‘Universal Studios Hollywood’ meminta masukan sepatu untuk membuat film, lalu Vans akhirnya mengirimkan stock Checkerboard slip-ons dalam jumlah besar. Orang-orang pada film “Fast Times at Ridgemont High” itu langsung jatuh cinta & tergila-gila dengan sepatu itu mereka langsung menaruh sepatu itu di cover kaset/laser disc film itu dan juga mereka bikin scene di mana salah satu karakter film dipukul kepalanya pake sepatu tersebut.




Setelah film itu keluar, Vans langsung kebanjiran order. Mereka yang selama ini tidak pernah menjual sepatu ke luar kota California mendadak dapat pemesanan dari seluruh kota di Amerika. Ini menjadi kelahiran salah satu sepatu paling laku di dunia bahkan sampai sekarang yaitu “The Checkerboard Vans Slip-Ons”.


Dari situlah kemudian merk sepatu Vans berkembang bahkan ke mancanegara. Namun beberapa tahun kemudian manjemen Vans mengalami kebangkrutan karena kalah dalam persaingan bisnis di pasar global dan mengharuskan pemilik Vans “Paul Van Doren” harus menjual pabriknya kepada perusahaan “McConval-Deluit Corp” yang hingga kini berhak melakukakn produksi dan pemasaran sepatu dengan merk Vans tersebut.


Model Sepatu Vans Yang Paling Populer Dan Nyaman Dipakai


Gak akan ada habisnya kalo ngebahas sepatu yang satu ini, sepatu Vans menjadi salah satu merk sepatu yang paling banyak dicari oleh kawula muda kekinian. Saat ini sepatu Vans menjadi salah satu sepatu yang paling banyak diburu oleh para pecinta fashion shoes khususnya di indonesia, banyak sekali macam sepatu Vans terbaru yang menjadi incaran, dan seiring banyaknya sepatu Vans yang dicari, penjual Vans pun menjadi sangat banyak sekali. Jadi tidak heran meskipun di luar toko Vans, banyak sekali penjual sepatu Vans yang menjual, baik sepatu Vans original maupun versi KW nya, Vans memiliki banyak type dan series-series yang populer dan menarik, setiap minggunya pasti keluar series terbaru dari berbagai type Vans di pasaran.


Lalu model sepatu Vans apa saja yang sangat populer dan wajib kita miliki sebagai sebagai pecinta sepatu Vans? Meskipun banyak sekali model sepatu yang dirilis oleh Vans, berikut adalah 5 model sepatu Vans yang paling populer dan nyaman dipakai.


  • Di urutan teratas untuk sepatu Vans yang paling populer menurut kami adalah model Old Skool, walaupun oldskool bukan yang pertama dibuat oleh Vans, berawal pada tahun 1977 yang disebut Vans model #36, atau yang sekarang kita kenal Vans Old Skool. Sebelum Old Skool awalnya dirilis, pendiri Vans Paul Van Doren sedang mencari cara untuk membantu membedakan sepatu Vans dari merek lain seperti adidas dan Nike, yang sudah sangat dikenali. Van Doren dikenal sebagai seorang doodler, dan selalu membawa pensil dan kertas, ia menyusun gelombang sederhana sisi garis dan menyebutnya "stripe jazz." untuk ikonik pengenal identitas sepatu Vans. Kini old skool menjadi sepatu ikonik yang gak pernah ada matinya dan sangat populer bahkan selebritis dunia pun sangat menyukai model sepatu Vans yang satu ini, bisa kita lihat Paul walker di film fast and the furious 7 Alm. Paul gak pernah lepas dari old skool.



  • Di urutan ke 2 ada model Authentic, didesain di awal mula Vans berdiri pada tahun 1966, di Anaheim, California, Vans Authentic bisa dikatakan premier dari awal berdirinya Vans, yang pertama kali disebut Vans #44 deck shoes, yang sekarang dikenal sebagai Authentic, dan sampai saat ini Vans model authentic menjadi salah satu yang paling banyak diburu oleh penggemar Vans dan menjadi salah satu model yang paling produktif untuk mengeluarkan series series terbarunya.



  • Di urutan ke 3 ada model Sk8 Hi, Pada tahun 1978 Vans memperkenalkan model terbaru mereka, model #38 yang sekarang dikenal sebagai Sk8-Hi. Meskipun terlihat cukup sederhana, pada saat itu Vans Sk8 Hi cukup revolusioner, karena memperkenalkan sepatu skate dengan model Hi Top untuk pasar skate shoes. sepatu skate Hi-Top sangat diminati karena memberikan perlindungan maksimal pada pergelangan kaki untuk bermain skateboard. dan sampai saat ini model Sk8 Hi masih sangat populer dengan keluarnya series-series terbaik dari Vans sk8 Hi.



  • Slip-on berada di posisi ke 4, yang ceritanya bermula pada tahun 1979, Vans memperkenalkan sepatu model # 44 yang sekarang disebut Vans slip-on, dan dengan bantuan pemain skateboard dan BMX, Vans Slip-On menjadi salah satu yang populer di Southern California. Vans Slip-On mendapat perhatian internasional dan daya tarik ketika mereka dipakai oleh Sean Penn di tahun 1982, dalam film ikonik anak muda pada saat itu “Fast Times at Ridgemont High”.



  • Di posisi ke 5 untuk type Vans shoes populer ada Vans era, adalah salah satu model Vans klasik yang pertama dirancang oleh Vans Shoes setelah model Authentic, rilis dari Pertengahan tahun 1970-an yang fokus pada kultus skateboard meningkatkan popularitasnya. Selama waktu itu, merek skateboard sepatu Vans melayani sepatu slim mereka untuk orang-orang yang aktif dalam olahraga khususnya skateboard. Salah satu model khusus, yang asalnya disebut vans #95, dan sekarang dikenal sebagai Vans Era, di desain oleh  Tony Alva and Stacy Peralta dengan bantuan skateboard tim Z-Boys. Vans Era, dengan collar empuk sehingga nyaman digunakan dan memiliki berbagai kombinasi warna, menjadi sepatu pilihan yang sangat populer. 


Dari adanya fenomena di atas, dimana para artis papan atas bahkan skater kelas dunia berlomba-lomba mengenakan sepatu Vans. Dapat kita pastikan bahwa merk sepatu yang satu ini sangat menjaga kualitas di setiap produksinya. Proses quality control yang tepat di setiap produksinya membuat sepatu hits yang satu ini sangat nyaman dikenakan di saat santai maupun resmi. Meskipun di pasaran terdapat banyak barang tiruan yang serupa, namun kenyamanan, kualitas dan juga kebanggaan menggunakan sepatu Vans yang asli merupakan hal tersendiri yang menjadi nilai tambah di mata para pecintanya.


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang