Apakah sinusitis kronis biasa didiagnosa dengan menggunakan MRI?

Dilihat 242 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Saya mengerti alsan kamu meminta doktermu yang kemungkinan kelihatannya adalah otorhinolaryngologist adalah karena adanya kekhawatiran terpapar radiasi ion ketika kamu melakukan CT scan. Coba jawab dua pertanyaan ini dulu; Sudah berapa kali kamu melakukan CT scan sampai dengan saat ini? Berapa umurmu?


Kedua pertanyaan di atas dirancang untuk menentukan secara kasar jumlah paparan yang sudah dialami oleh tubuhmu. Secara keseluruhan resiko kamu melakukan 1 kali CR scan cukup rendah (jangan tanya saya berap persentasenya, kamu bisa menggunakan Google untuk mencarinya), kecuali sebelumnya kamu sudah pernah beberapa kali melakukan CT scan (di kepala, bukan di tempat lain).


Ada beberapa orang yang merasa bahwa resiko yang harus dihadapi ketika melakukan prosedur MRI atau pemeriksaan lainnya tidak dapat diterima. Saya tidak akan membicarakan mengenai resiko vs manfaat dari pengobatan di sini, tapi saya tahu setiap tes pasti ada manfaatnya. Dengan kata lain,apakah ada alternatif yang dapat dilakukan untuk mendiagnosa pasien kalau pemeriksaan dengan pencitraan tidak dapat dilakukan? Pada banyak kasus mungkin yang dapat dilakukan hanya menunggu dan mengamati, melakukan perawatan secara empiris dan melihat melakukan operasi. Apakah menurt kamu hal tersebut dilakukan hanya untuk mendapatkan diagnosa? Ya, kalau dulu memang seperti itu kalau uji pencitraan hanya terdiri dari x-rays.


Jadi, kenapa seorang otorhinolaryngologist meminta anda melakukan CT scan dibanding MRI?

  • Biaya CT scan lebih mudah. Tentunya kalau kamu harus menanggung semua biayanya, hal ini tidak akan terlalu membebanimu kan? Tapi kalau kamu tidak akan membayar semua biayanya, siapa yang akan melakukannya? Perusahaan asuransi?
  • Apakah ada hal lain yang diharapkan dari otorhinolaryngologist selain biayanya yang lebih mudah dan resiko radiasi? Saya rasa ada dua hal dan keduanya berkaitan dengan prinsip fisika! Apa yang ada di dalam rongga hidung? Gas (biasanya udara) dan lendir, lapiran tipis dari jaringan yang lunak yang berada di batas tulang hidung! Apa yang ada di dalam tulang? Bagian luarnya terdiri dari tulang kortikal, yang biasanya kaya akan kalsium. Bagian dalam dari tulang terdiri dari lebih sedikit kalsium dalam bentuk trabekula serta elemen sumsum tulang yang memproduksi sel - sel darah di suatu tempat.

Kenapa kedua hal tersebut penting? Karena ada hubungannya dengan kelebihan dan kekurangan dari CT scan jika dibandingkan dengan MRI. 


CT scan dapat menggambarkan kalsium dengan akurat dan memberikan sesuatu yang dalam pemeriksaan MRI dianggap sebagai sinyal yang akan terlihat lebih jelas pada CT scan terkait dengan jaringan tubuh tertentu. Meskipun demikian, dengan pengecualian yang sangat jarang, kalsium tidak memberikan sinyal pada MRI! Yang berarti gambar terlihat lebih gelap, tapi... bagaimana kalau ternyata terdapat jaringan lain di Voxel bersama dengan kalsium?


Kalau jaringan lain tersebut memberikan sinyal pada MRI, sinyal yang minim dari kalsium akan sangat sulit untuk dideteksi. Apa artinya? Artinya sejumlah kalsium akan tidak terlihat sama sekali pada MRI! Kenapa hal ini penting? Hal tersebut tergantung bagaimana ahli radiologi membuat diagnosa, misalnya patah tulang, pengikisan tulang, penebalan tulang yang tidak normal. Jawabannya juga bergantung pada apa yang menjadi fokus bagi dokter bedah,


Apa yang ingin diketahui oleh otorhinolaryngologist  terkait sinus paranasal selain diagnosa? Sederhana saja, dia ingin mengetahui struktur anatomi perorangan dari si pasien. Sinus paranasal sebagian besar terdiri dari Anatomi tulang. Hal tersebut akan membantunya menentukan apakah masalah yang dihadapi pasien dapat diselesaikan dengan pengobatan konservatif atau harus dilakukan operasi. Saat ini, operasi tidak berarti ada penggunaan pisau bedah, bisa saja yang dilakukan adalah otorhinolaryngologist memasukkan endoskopi berdiameter kecil pada bagian tertentu.


Sekarang, mudah - mudahan kamu mengerti bahwa ada banyak hal yang terjadi (lebih dari hanya satu masalah) yang menyebabkan dokter meminta uji pencitraan tertentu. Ya, MRI bisa digunakan untuk mendiagnosa sinusitis kronis. Tapi sekarang kamu tahu bahwa adalah lebih dari satu alasan kenapa otorhinolaryngologist  memintamu melakukan CT scan.


Di Amerika, tidak ada dokter yang akan tersinggung kalau kamu bertanya kenapa mereka memintamu untuk melakukan pemeriksaan tertentu. Kalau kamu menghadapi hal ini lagi nantinya, ingatlah bahwa seringkali ada beberapa pertimbangan yang menentukan teknik pencitraan ternteu, dan selalu ada resiko maupun manfaat untuk setiap tindakan medis.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang