Apakah soya makanan sehat atau tidak sehat ?

Dilihat 9,01 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Makanan Sehat tentunya adalah makanan yang setiap hari kita konsumsi untuk memenuhi asupan gizi dan energi kita sehari-hari akan sangat berpengaruh terhadap aktifitas dan rutinitas harian kita. Percaya atau tidak bahwa apabila kita setiap hari mengkonsumsi makanan sehat akan berdampak sangat baik terhadap mute kita karena energi yang kita dapat dari makanan sehat tersebut akan sangat membantu kita dalam beraktifitas.

Sekarang, kembali ke pertanyaan Anda, apakah soya / kedelai itu termasuk makanan yang sehat atau tidak?

Mau tahu jawabannya? Baca terus sampai akhir, ya!! :D


makanan sehat

Sering kali muncul pertanyaan-pertanyaan seperti: “Apakah [makanan ini] sehat?” atau “Seberapa sehatkah [makanan ini]?” atau bahkan, “Apakah [makanan ini] menggemukkan?”

Itu adalah pertanyaannya yang keliru.


Semua Makanan itu Sehat

Biarkan saya mengulangnya kembali. Semua makanan sehat. Karenanya dinamakan makanan. Makanan apapun bisa menjadi bagian dari diet yang sempurna.

Tidak semua diet menyehatkan. Apa yang Anda makan hari ini tidaklah penting. Apa yang Anda makan dalam sebulan lebih penting. Sebuah diet yang sehat memiliki beragam pilihan makanan, kebanyakan sayuran, tidak terlalu banyak, tidak terlalu sedikit. (Jelas jika Anda telah didiagnosa oleh seorang dokter medis dengan gejala alergi atau sensitif terhadap makanan tertentu atau bahan lain yang ingin Anda hindari. Yang saya bicarakan di sini adalah kasus umum.)

Mungkin ada gunanya menggarisbawahi bahwa, secara teknik, apa yang baru saja saya katakan tidak benar. Pada kenyataannya tidak ada makanan yang sehat. Dikarenakan manusia bisa menjadi sehat, tetapi hanya makanan yang mengandung gizi. Tetapi cukup sudah beberapa orang menyalahgunakan kata “sehat” di dalam konteks ini, sehingga saya hanya mengekor.


Berhati-hatilah terhadap klaim seperti: 

  • Inilah Diet Yang Sejati
  • Anda harus menghindari makanan ini
  • Anda harus memakan makanan super ini
  • Makanan ini membunuh diam-diam
  • Makanan ini akan menaikkan sistem imunitasmu
  • Makanan ini akan menjadikan otakmu bekerja lebih baik
  • Makanan ini menggemukkan
  • Makanan ini akan membantumu mengurangi berat badan
  • Inilah makanan sehat
  • Makanan ini sampah
  • Makanan yang diproses dapat membahayakan
  • Makanan organik lebih baik
  • Makanan yang organismenya telah dimodifikasi secara genetik (GMO) membahayakan

Semuanya keliru. Semuanya tidak benar. Tidak didukung oleh ilmu pengetahuan. Siapapun yang membuat pernyataan-pernyataan tersebut pastinya menjual sesuatu.


Anda perlu tahu ini:

Tidak ada gizi yang mutlak butuh Anda konsumsi tiap hari. Tubuhmu berevolusi dalam kelangkaan dan sangat mampu mengatasi datangnya gizi dalam beragam tingkat. Yang penting adalah diet secara keseluruhan, bukan pangan itu sendiri-sendiri, hidangan, atau bahkan makanan keseharian.


makanan gizi tinggi

Para aktivis anti GMO adalah bentuk keresahan atas anti ilmu pengetahuan, yang sebagian besar didanai oleh industry makanan organik (Lihat ‘Bagaimana Agrikultur Organik Berevolusi dari Alat Pemasaran Menjadi Kekaisaran yang Jahat’). Bandingkan dengan ‘Permufakatan Ilmiah Internasional Atas Keamanan Makanan yang Direkayasa Secara Genetik.’

Kiranya Anda menentang pangan organik, luangkan waktu sejenak untuk membaca Mengupas Mitos 101: Pertanian Organik > Agrikultur Konvensional. Juga, jika Anda waswas mengenai pestisida, lihatlah Jawaban Richard Muller mengenai Beberapa Fakta Mengejutkan Mengenai Makanan.


Ragam pangan hampir seluruhnya merupakan hasil dari kekeliruan, biasanya mengandung:

  • Ketakutan atas kecanggihan
  • Tertarik kepada keantikan
  • Kekeliruan atas paham naturalis (contoh: “Alami” lebih baik)
  • Tahayul keagamaan

Tertera di atas menjelaskan kekeliruan terhadap ketakutan atas MSG, bebas gluten, Paleo, ‘’organik’’, dan penghujatan terhadap garam. Jika Anda menginginkan informasi yang lebih rinci saya sangat, sangat rekomendasikan untuk membaca Kebohongan Mengenai Gluten : Dan Mitos Lainnya Tentang Apa Yang Anda Makan : Alan Levinovitz.

Dalam subyek tentang kesalahan bebas gluten, acara yang sangat mengagumkan dari CBC ini sungguh membidiknya dengan tepat :


   

Makanan super tidaklah ada. Tidak ada gizi tambahan dari makanan sehat ‘’organik’’ (walaupun, rata-rata, kira-kira dua kali lebih mahal.) Pangan GMO aman. Jika diet Anda memiliki nama kemungkinan besar tidaklah benar.

Itulah jawaban saya mengenai makanan sehat! Jadi, sekarang sudah tahu kan kalau semua makanan itu sehat? Karena itu, belajarlah mengatur pola makan Anda supaya lebih teratur!


Baca juga:
Motivasi untuk terus makan sehat - Galena

Makanan sehat dan tidak sehat - Galena

Perbedaan makanan sehat dan tidak - Galena

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang