Apakah suplemen penurun berat badan membantu anda menurunkan berat badan?

Dilihat 271 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Memiliki berat badan berlebih memang terkadang memberikan efek negatif untuk anda. Misalnya menjadi kurang percaya diri dengan penampilan anda atau seperti rahasia umum bahwa kegemukan mengakibatkan mudah sakit, yang benar adanya. Nah, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menjalankan program diet.

Program diet dalam menurunkan berat badan ini ada banyak macamnya, mulai dari olahraga atau yoga, mengganti pola makan, berjalan, dan memakan suplemen.

Biasanya, orang akan cenderung mencari cara menurunkan berat badan yang lebih mudah dan cepat, tanpa perlu berolahraga, tanpa menjaga pola makan, dan lainnya. Maka dari itu orang lebih memilih untuk memakan suplemen. Masalahnya, apakah suplemen itu dapat menurunkan berat badan kita secara efektif?

Penasaran? Lanjut baca artikel ini sampai selesai, ya! ^^


suplemen penurun berat badan

"L-Carnitine dan senyawa yang terkait Acetyl-L-Carnitine (ALCAR) merupakan senyawa yang mampu mengurangi efek penuaan dan penyakit pada mitokondria, sekaligus meningkatkan potensi mitokondria untuk membakar lemak." -- dari Examine.com. L-carnitine adalah suplemen populer yang dikonsumsi orang-orang saat memangkas (lemak/berat badan). Akan tetapi suplemen itu sendiri menurut saya hanya membantu 0,1% dari prosesnya. Proses sebenarnya untuk membakar lemak/menurunkan berat badan adalah defisit kalori.


Penjelasan Defisit Kalori

Sebuah defisit kalori adalah trik sulap yang dicari-cari semua orang. Ya mungkin tidak setiap orang, tapi semua orang yang mencari cara untuk menurunkan berat badan dan lemak tubuh. Ini yang membuat penurunan berat badan menjadi mungkin dilakukan. Mengalami defisit kalori membuat tubuh anda menggunakan lemak yang tersimpan sebagai energi sehingga membuat anda turun berat badan, dan lemak tubuh. Ya...saya berharap mereka memberitahu saya dulu saat pertama kali saya mulai. Semua suplemen ini, pil ajaib, dan sebagainya bukan jawabannya. Defisit kalori adalah ketika anda mengeluarkan energi lebih banyak daripada yang anda konsumsi. Sebagai contoh katakanlah saya makan 2500 kalori tapi membakar 3000 kalori di hari yang sama. Ini menyebabkan saya defisit kalori sebesar 500 kalori untuk hari itu. 

Catatan: satu pon lemak adalah 3500 kalori. Menjadi defisit kalori akan memaksa tubuh untuk menggunakan sumber selain makanan sebagai energi - yaitu lemak. Meskipun jaringan otot bisa digunakan juga sebagai energi. Anda tak bisa benar-benar menghalangi efek jaringan otot yang akan digunakan sebagai energi ketika mengalami defisit kalori. Sebagian jaringan otot akan hilang tak peduli apa yang kita lakukan, tapi anda bisa melakukan yang terbaik untuk menjaganya sebanyak mungkin dengan mengatur nutrisi dan berlatih dengan benar.


diet dengan suplemen


Menurunkan Berat Badan

Satu-satunya syarat untuk menurunkan berat badan adalah dengan defisit kalori. Langkah pertama dan yang terpenting yang ingin anda lakukan adalah mengetahui berapa banyak kalori yang anda bakar dalam sehari.

Berat badan (lbs) X 14 - 17 = perkiraan kalori yang dikeluarkan (ini adalah sebuah perkiraan)

Catatan: angka 14 - 17 sesuai dengan tingkat aktifitas. Yaitu; 14 = (sedikit atau tidak berolahraga sama sekali), 15 = (olahraga ringan/olahraga 1-3 hari per minggu), 16 = (olahraga moderat/olahraga 3-5 hari per minggu), 17 = (olahraga berat/olahraga 6-7 hari per minggu).

Saya akan gunakan diri saya sebagai contoh. 230lbs x 17 = 3910 kalori. Langkah berikutnya adalah mengurangi 500 - 1000 kalori dari angka yang dibakar tubuh anda tiap hari. Disinilah letak pentingnya mencatat seberapa banyak anda makan sehingga anda bisa bertahan pada batas kalori anda dan lihatlah penurunan berat badannya. Mengalami defisit akan menyebabkan anda mulai turun berat badan secara bertahap. 

Sebuah aplikasi yang sangat populer untuk mencatat kalori, dan makro adalah app MyFitnessPal. Dengan mengingat semua angka-angka ini merupakan perkiraan, ide yang bagus untuk mencatat berat badan tubuh anda dan asupan kalori yang bisa anda atur. Mengatur asupan kalori dengan menurunkannya sebanyak 200-300 jika anda tak melihat adanya penurunan berat badan atau tingkatkan sebesar 100-300 kalori jika anda turun berat badan terlalu cepat. Idealnya anda ingin turun antara 1-2 pon per minggu. 

Mengalami defisit kalori memaksa tubuh anda untuk menggunakan sumber energi non-makanan yakni lemak, yang mengakibatkan turunnya berat badan. Hal ini juga akan mengurangi persentase lemak tubuh, akibat turun berat badan. Surplus kalori (makan lebih banyak daripada yang dibakar) menyebabkan anda menyimpan lemak. Dimana tempat anda menyiman lemak sangat dipengaruhi oleh genetik anda. Selama kondisi defisit kalori, biasanya yang terjadi itu sebaliknya juga benar. Genetik seringkali akan menentukan dimana tubuh anda membakar lemaknya. Mungkin anda ingin menghilangkan lemak di sekitar bagian tengah. Mentarget bagian tubuh tersebut dengan olahraga tertentu tak akan membakar lemak dari area itu. Anda tak bisa menentuan titik penurunan lemak, karena anda tak bisa mempengaruhi dimana tubuh akan membakar lemaknya. Hanya dengan cara defisit kalori yang akan membuat lemak terbakar. Tubuh anda akan menentukan area mana yang akan dibakar.


Menciptakan Defisit Kalori

Ada beberapa cara untuk menciptakan kondisi defisit kalori. Dengan sedikit makan. Dengan mengeluarkan energi lebih banyak. Atau dengan mengkombinasikan keduanya. Sedikit makan, dan mengeluarkan lebih banyak energi. Artinya anda harus olahraga dan kontrol diet.


Diet

Untuk diet anda cukup makan dengan jumlah yang lebih sedikit. Hilangkan semua makanan yang tak ada kalorinya seperti kripik, kue, permen dan soda. Gantikan dengan sesuatu yang mengandung nutrisi makro dan mikro lebih banyak. Makanan-makanan yang tinggi akan vitamin, mineral, antioksidan, serat, protein, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat. Beberapa contohnya:

  • Protein
    Ayam, Bison, Kalkun, Ikan
  • Karbohidrat
    Kentang manis, Nasi, Kacang, Sayuran
  • Lemak
    Almond, Mentega, Minyak kelapa, Alpukat
diet alami

Olahraga

Menjadi aktif secara fisik meningkatkan ukuran defisit kalori anda dan mamangkas waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan. Dua olahraga terbaik untuk dimasukkan dalam rutinitas olahraga anda adalah HIIT kardio, dan latihan kekuatan. HIIT sebanyak 3-5 kali dalam seminggu, sekaligus latihan kekuatan sebanyak 3-4 kali per minggu.


Kesimpulan

Saat membahas penurunan berat badan, adalah langkah-langkah kecil yang anda lakukan hari ini yang akan mempengaruhi hari esok anda. Hindari untuk menjadi terlalu bersemangat dengan berharap perubahan akan terjadi dalam semalam. Ini perlu waktu, dan kesabaran yang begitu besar. Perlahan ciptakan defisit kalori anda dengan mengurangi jumlah yang anda makan secara moderat, dan tingkatkan aktifitas fisik anda. Perubahan perlahan namun presisi ini lebih bertahan lama. Jagalah berat badan anda!

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang