Apakah tanda-tanda pertama yang umum dari kehamilan? Bagaimana saya tahu bahwa saya sedang hamil? Apa saja gejalanya?

Dilihat 6,47 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Wanita mempunyai puncak masa subur yaitu pada  13 + hari pertama menstruasi dan mempunyai waktu sekitar enam hari itu dinamakan masa subur normal misal anda menstruasi tanggal 5 berarti masa suburnya diperkirakan tanggal 18 sedangkan rentang masa subur anda tanggal 16 sampai 21. Masa subur biasanya terjadi di 10 hari setelah menstruasi   sampai hari ke 16 menstruasi.

Apabila pada masa subur tersebut dibuahi oleh sperma maka akan terjadi pembuahan atau yang disebut hamil. Tanda-tanda kehamilan setiap wanita   berbeda, tetapi ada banyak tanda-tanda awal yang umum dari kehamilan. Kebanyakan wanita akan melihat gejala kehamilan hingga 2 minggu setelah pembuahan atau nanti (setelah mereka telat datang bulan), tetapi beberapa wanita mengalami gejala kehamilan sedini mungkin yaitu sekitar 6 - 10 hari setelah pembuahan. Telat menstruasi 10 hari apa bisa dikatakan hamil?  hal ini mungkin bisa terjadi apabila pembuahan pada masa subur perlu adanya test untuk memastikannya atau hubungi dokter kandungan.


tanda kehamilan

Hal ini masuk akal, karena adanya  hormon Human Chorionic Gonadotropin (HGC), yaitu hormon yang diproduksi dimasa kehamilan oleh sel-sel pembentuk plasenta, dan tingkatan hormon HGC tersebut  dapat dideteksi melalui tes darah sekitar 7-12 hari setelah pembuahan dan juga dapat dideteksi melalui tes urin sekitar 12-14 hari setelah pembuahan. Secara umum kadar HGC akan meningkat 2 kali lipat setiap 72 jam pada awal kehamilan. 


Beberapa hari setelah pembuahan, sel telur yang telah dibuahi akan "tertanam" (implantasi) pada dinding rahim. Pada saat implantasi beberapa wanita dapat mengalami pendarahan. Seorang  wanita mungkin juga mengalami bercak darah dan kram perut yang dapat terjadi selama 6-12 hari setelah sel telur dibuahi. Biasanya hanya kram perut dan pendarahan ringan. Tanda-tanda kehamilan akan terlihat biasanya 1 minggu setelah telat datang bulan atau 2 minggu biar lebih pasti, biasanya ditandai dengan perubahan pada bagian badan misalnya pinggang, buah dada, dan bokong yang mengalami pembengkakan.


Berikut ini mari kita simak lebih lanjut mengenai tanda dan ciri-ciri kehamilan.


tes kehamilan



Beberapa Tanda dan Ciri Kehamilan


Tanda-tanda kehamilan adalah biasanya terjadinya keputihan. Hal ini bisa terjadi karena segera setelah proses pembuahan disebabkan meningkatnya pertumbuhan sel-sel yang melapisi vagina. 


Tanda-tanda kehamilan lainnya akibat perubahan hormon adalah:


  • Perubahan payudara, payudara akan membengkak atau menjadi lebih lembut.
  • Sering buang air kecil (tetapi biasanya hal ini dimulai 6-8 minggu setelah terjadinya pembuahan).
  • Konstipasi/sembelit (hal ini terjadi karena akibat penigkatan hormon progesterone).
  • Perubahan mood
  • Mual/muntah-muntah
  • Sakit punggung
  • Sakit kepala/pusing
  • Naiknya temperatur/suhu basal tubuh (suhu basal tubuh biasanya naik 1-2 hari setelah terjadinya ovulasi dan terus meningkat sampai periode menstruasi tiba). Suhu basah tubuh terus meningkat setelah terjadinya pembuahan dan beberapa wanita mungkin dapat mendeteksi peningkatan ringan dari suhu tubuh tersebut. 

Rasa mual dan muntah, kepala terasa pening, badan merasa meriang dan rasa malas melakukan aktivitas sehari-hari juga merupakan ciri-ciri orang hamil. Hal itu disebabkan karena perubahan hormon di dalam tubuh dan tak jarang terjadi flek dan pendarahan, itu disebabkan karena menempelnya sel telur pada dinding rahim.


cara mengetahui kehamilan

Ciri-ciri orang hamil lainnya adalah terjadi perubahan emosi, biasanya suka marah-marah, jengkel yang tidak diketahui sebabnya dan suka makan yang asam-asam. Perasaan ingin diperhatikan oleh suami kadang membuat suatu permintaan yang aneh ini dikenal dengan ngidam (ngidam dalam bahasa jawa berarti keinginan).


Pengalaman pribadi saya dari 3 kehamilan, gejala awal yang saya rasakan adalah perubahan mood/emosi menjadi labil, ini terjadi sekitar satu minggu setelah pembuahan. Pada kehamilan kedua saya dapat langsung mengenali gejala ini dan memiliki kecurigaan yang kuat bahwa saya hamil seminggu sebelum saya mengalami tidak datang bulan. Saya juga mengalami mual dan muntah-muntah yang terjadi sekitar 11-12 hari setelah proses pembuahan beberapa hari sebelum saya mengetahi bahwa saya hamil.

Saya percaya para wanita mengalami gejala kehamilan segera setelah terjadi pembuahan dan akan mengalami  perubahan hormon selama awal kehamilan. 

Yang  perlu diperhatikan setelah mengenali tanda-tanda tersebut di atas segera mungkin untuk menghubungi dokter kandungan untuk memastikannya. Menjaga pola makan dengan mengonsumsi banyak vitamin yang diperlukan oleh ibu hamil, membatasi aktivitas yang terlalu berat dan hindari stress.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang