Apakah tank Harimau secara realistik efektif dalam melawan tank Sherman seperti yang ditampilkan dalam Fury?

Dilihat 489 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Jawaban singkatnya: Ya...tetapi hal ini rumit dijelaskan. Tidak perlu ditanyakan kalau 8.8cm L/56 itu dapat dengan penuh membalikkan tank Allied dengan jarak jauh. Namun, di bagian sebaliknya...aku akan menggunakan kutipan dari mantan komandan tank Chieftain dan penggemar sejarah, Nicholas Moran. Karena ini merupakan tembok tulisan, aku telah mempertebal bagian-bagian penting yang tidak begitu dimengerti dalam sejarah yang popular. 

"...reputasi mempengaruhi semuanya". Kata "Harimau" memiliki cap tersendri. Campurkan dengan kesulitan demonstrasi dalam membunuh Panther, dan reputasi Sherman menjadi lebih buruk dalam mitos dan legenda pertarungan Harimau/Sherman yang agung. "Kenyataannya, rupanya, sangatlah berbeda. Kedatangan senjata 76mm memberikan keseimbangan yang sangat besar dalam peperangan, memberikan Sherman lebih dari kesempatan bertarung. Pada akhir perang, pada latar kejadian pada Fury, Sherman memiliki satu kartu AS dalam tangannya: Peluru HVAP (High Velocity Armor Piercing). Respon pertama untuk masalah Panther, kekuatan yang tadinya dimiliki Amerika Serikat secara resmi membuat peluru tank "panas"-pembunuh. Proyektil yang seharusnya memberikan Sherman (dan kebanyakan dari tank penghancur) kesempatan yang seimbang dengan Panther pada jarak menengah dapat, dan benar-benar dapat, membunuh Harimau dalam jarak lebih dari dua kilometer. Kedua tank dapat saling membunuh pada jarak yang jauh, kecuali salah satu tank lebih cepat, lebih gesit, lebih ringan, memiliki nilai tembakan yang lebih tinggi, lebih akurat, kemungkinan lebih dapat melihat musuh terlebih dahulu karena optiknya yang lebih cepat, memiliki lintasan yang lebih cepat, dan memiliki senjata yang lebih stabil. Oh, dan tank tersebut juga punya keunggulan pada pasukan artileri dan bantuan udara. Hal itu tidak lagi menjadi kontes dan peran mereka pun juga akan tertukar. Kru Harimau sekarang lebih takut terhadap Sherman jauh dari ketakutan kru Sherman kepada Harimau. Bahkan penggunaan tank 75mm terus-menerus waktu itu sedikit nyaman pada Jerman: Pada musim gugur 1944, dimanapun ada 75mm M4, ada kemungkinan ada 76mm M4 juga. "Tentu saja, waktu itu, peluru HVAP sangat terbatas ketersediaannya. Tipikal M4 hanya dapat membawa beberapa pada akhir perang. Dilain pihak, Harimau (dan kebanyakan kucing lainnya) memiliki persediaan tank yang sangat terbatas. Sebenarnya, memang tidak perlu banyak menembak peluru HVAP, jadi hal ini sebenarnya sudah seimbang. 

"Jadi, bagaimana semua ini berhubungan dengan Fury? Selagi aku melihat respon-respon yang bervariasi pada trailernya, aku menemukan sangat banyak orang yang mengatakan "Sherman vs Harimau? Satu-satunya cara mereka akan menang itu dikarenakan Murica dan Brad Pitt." Aku punya urusanku sendiri dengan adegan pertarungan itu, tetapi bukan karena hasil akhir kemenangan Amerika yang sudah terduga. Beberapa pengakuan tersebut tanpa diragukan dibuat sebagai efek dramatis, tetapi bagian bawah garis tidak perlu diragukan, kecuali tank Harimau itu dilengkapi dengan armor plot: Hal lainnya dibuat seimbang, M4 itu lebih dapat menang dengan karakteristik mesin yang seimbang, dan ketika kamu menambahkan pengalaman dari kru-krunya... Ya-, sebut saja akan ada perhatian khusus pada nilai penjualan kembali tank Jerman setelah pertempuran seperi itu." 

Adegan pada film itu sangatlah terlalu dramatis. Pada jarak yang diperlihatkan di film, secara virtual tidak akan ada kesempatan bagi kedua pihak untuk tidak mengenai sasaran pada tembakan pertama mereka (Harimau tidak akan, tetapi dia gagal mengenai sasaran beberapa kali lagi). Pada jarak dibawah 500 meter, dengan sasaran yang menyerang secara langsung kepadamu, senjata Harimau itu pada dasarnya tunjuk-dan-tembak. Dilain pihak, dengan jarak yang sama, tank 76mm Amerika itu efektif melawan armor Harimau dan pada dasarnya memiliki keuntungan yang sama, ditambah lagi dengan amunisi spesial; lebih jauhnya lagi, senjata Amerika akan distabilkan, dan ketika elemen kejutan hilang, kamu akan melihat tiga tank bertarung melawan 1 tank, dengan serangan pertama sebagai tembakan mati, tiga tank itu terlihat memiliki kemungkinan menyerang pertama. Pada perbandingan itu, tank Harimau akan hampir selalu kalah, dan diperpanjang dengan mengatakan Harimau akan menjatuhkan lebih dari satu Sherman.

Pada awal perang, ceritanya mungkin akan berbeda. Kru Jerman lebih berpengalaman, sedangkan Amerika kurang. Tank Sherman 76mm waktu itu tidak umum hingga tahun 1944. Angka keunggulan Amerika waktu itu tidak terlalu tinggi. Pergudangan-lembab yang layak untuk Sherman waktu itu tidak dibuat standar. Namun pada musim semi tahun 1945? Tidak mungkin. Satu-satunya cara kru Harimau tetap hidup adalah jika mereka melakukan penembakan pertama dari awalnya.

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang