Apakah terdapat korelasi yang dapat dibuktikan antara tingkat kecerdasa dengan penyakit Alzheimer?

Dilihat 663 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ini merupakan pertanyaan yang rumit. Jawabannya adalah ya dan tidak. Yang jelas ada orang yang sangat cerdas yang mengidap penyakit Alzheimer. Jadi tidak ada hubungannya. Namun pada tingkat sel otak, apa yang membuat seseorang cerdas? Kita asumsikan saja bahwa orang yang cerdas memiliki otak yang lebih aktif. Otak yang lebih aktif akan memiliki lebih banyak sel - sel dan lebih banyak sinapsi antar sel, mungkin juga ada lebih banyak koneksi otak.


Kalau secara umum kamu memiliki lebih sedikit sel- sel yang aktif, maka kamu akan mulai kehilangan sel - sel otak ketika penyakit Alzheimer berkembang dan karenanya efeknya akan menjadi lebih cepat. Seseorang yang memiliki lebih banyak sel - sel otak dan sinapsis memiliki kemungkinan untuk mengatasi perkembangan penyakit Alzheimer dan dapat menyembunyikannya lebih lama karena ada lebih banyak bagian di otak yang tidak tersentuk. Masih banyak terdapat sel - sel otak yang tidak terpengaruh.


Saya tidak tahu mengenai penelitian - penelitian terkait penyakit Alzheimer pada topik ini tapi pada penelitian PTSD (Post Traumatic Stress Disorder) ada beberapa hal terkait penyakit Alzheimer. Mereka menyimpulkan bahwa orang - orang yang memiliki bagian abu - abu yang lebih sedikit (neuron dan sinapsi yang lebih sedikit) di dalam otak lebih rentan terkena PTSD. PTSD juga menyebabkan matinya sel - sel pada area tertentu di dalam otak karena tingkat hormon kortisol yang berlebihan.


Kesimpulan: Kecerdasan berhubuangn dengan lebih banyak bagian otak atau bagian abu - abu yang terdiri dari sel - sel dan sinapsi - sinapsi, kalau kamu memiliki lebih sedikit maka asumsinya hal tersebut berhubungan dengan IQ yang lebih rendah. Karena itu, secara teori, orang dengan IQ yang rendah lebih rendah terkena penyakit Alzheimer. Meski begitu, mungkin seorang yang lebih dini atau perkembangan yang lebih cepat mungkin berhubungan dengan tingkat kecerdasan.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang