Apakah obat kanker mustahil untuk ditemukan?

Dilihat 3,85 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang menjadi lebih praktis dan canggih menimbulkan beberapa perubahan gaya hidup manusia yang disebut dengan gaya hidup modern. 


Banyaknya manusia yang beralih pada gaya hidup modern dan serba instan yang memang baik bagi kemajuan peradaban manusia, akan tetapi sebagian dari gaya hidup modern juga bisa berdampak negatif pada manusia itu sendiri. 


Untuk itu jangan heran kini penyakit mematikan seperti kanker mudah sekali menyerang masyarakat modern yang lebih menyukai sesuatu yang mudah dan praktis terutama dalam hal gaya hidup dan makanan. 


Dalam kesempatan ini, saya akan membahas beberapa hal mengenai kanker, makanan pencegah kanker, dan juga bagaimana cara mengobati kanker payudara yang menjadi salah satu kanker paling menakutkan bagi banyak orang.


Penyakit Kanker


Kasus Kanker di Indonesia


Kasus kanker di indonesia lebih banyak dibandingkan dengan negara-negara lainnya. 


Kanker tidak hanya menyerang orang dewasa dan orang tua, bahkan remaja dan anak-anak sekalipun. Saat ini penyakit kanker sudah menyebar ke semua lapisan masyarakat baik kalangan atas, menengah maupun masyarakat kalangan bawah. 


Walaupun kanker bukanlah penyakit menular, namun di zaman modern ini cukup banyak orang yang mengidap penyakit kanker. Oleh karena itu, kita harus waspada terhadap penyakit yang dapat menimbulkan kematian ini. 


Kanker yang masih menginjak stadium 1 dan 2 lebih mudah diobati daripada kanker yang sudah menginjak stadium 3 atau 4. Untuk itu, pemeriksaan kanker sejak dini juga akan berguna bagi para penderita kanker untuk mendapatkan pengobatan yang lebih cepat sehingga peluang untuk sembuh akan lebih besar. 


Apakah tidak akan ada yang bisa menyembuhkan penyakit kanker? 


Jika ada pertanyaan seperti ini, dengan berat hati saya mengungkapkan bahwa kanker memang belum bisa disembuhkan. Bahkan sampai saat ini belum ada obat penyembuh kanker, beberapa penyembuhan dan perawatan yang ada sekarang hanya membantu menjaga kondisi tubuh pasien agar tetap bertahan melawan kanker. 


Bertanya mengapa kita belum bisa menyembuhkan penyakit ini, sama saja anda bertanya tentang, mengapa kita belum bisa menghapus kejahatan di dunia ini? 


Menyembuhkan penyakit kanker adalah salah satu hal yang sulit untuk dilakukan jika kanker sudah mulai menyebar dan mengganggu bagian sistem tubuh lainnya. 


Kini penyembuhan penyakit kanker hanya memanfaatkan beberapa penyembuhan melalui perawatan medis seperti radiasi, operasi, kemoterapi, ataupun transplantasi. 


Makanan pencegah kanker


Beberapa penyebab kanker disebabkan oleh faktor lingkungan, gaya hidup dan juga faktor genetik. 


Gaya hidup yang tidak sehat saat ini diduga menjadi penyebab utama dari meningkatnya penderita kanker khususnya di Indonesia. Mencegah kanker sepertinya akan lebih mudah dibandingkan harus mengobati kanker. 


Bagi anda yang sehat dan tidak memiliki penyakit ini sebaiknya selalu waspada dengan melalukan beberapa pencegahan yang bisa menghindarkan anda dari penyakit kanker. Selain mencegahnya dengan beberapa perubahan pada gaya hidup kita menjadi lebih sehat, kita juga harus memperhatikan beberapa asupan makanan kita. 


Beberapa makanan pencegah kanker juga bisa menjadi cara anda untuk mencegah penyakit ini menyerang tubuh anda. Anda bisa mengkonsumsinya makanan tersebut dan memasukannya ke dalam menu anda sehari-hari agar resiko penyakit kanker bisa terhindari. 


Berikut adalah beberapa makanan pencegah kanker yang sudah terbukti berdasarkan penelitian dan juga bisa menjadi alternatif anda untuk terhindar dari penyakit mematikan ini, seperti: 


Brokoli sebagai salah satu makanan pencegah kanker

1. Kol, Brokoli, dan Kembang Kol


Brokoli, kol, dan kembang kol adalah sayuran yang mengandung senyawa kimia indole-3-carbinol (I3C) yang sangat bermanfaat untuk memerangi kanker payudara dengan cara mengubah hormon estrogen menjadi protektif terhadap sel-sel kanker. 


Selain itu brokoli juga mengandung phytochemical sulforaphane yang juga dipercaya untuk mencegah beberapa kanker yang menyerang sistem pencernaan.



2. Bawang Putih


Makanan pencegah kanker selanjutnya adalah bawang putih. Bumbu dapur ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa sebagai makanan pencegah kanker alami. 


Bawang putih mengandung senyawa allyl sulfur yang membantu memblokir zat-zat karsinogen yang berbahaya bagi tubuh yang biasanya menjadi cikal bakal sel kanker. 


Selain itu, bahan bumbu berbau menyengat ini mengandung zat besi, vitamin A, B, C, potassium, karoten, selenium, dan kalsium yang berfungsi mencegah mutasi gen pembentuk sel-sel kanker dalam tubuh. 


Cabai sebagai salah satu makanan pencegah kanker


3. Cabai


Bahan bumbu yang sering digunakan untuk menambahkan citarasa pedas pada makanan ini juga ternyata berkhasiat sebagai pencegah kanker yang ampuh. 


Cabai mengandung senyawa capsaicin yang berkhasiat untuk menetralisir sejumlah kanker apalagi yang berhubungan dengan kanker pada sistem pencernaan. 


Cabai juga dikenal sebagai bahan bumbu yang sangat ampuh membersihkan sistem pencernaan kita sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan kita tetap sehat.



4. Tomat


Buah yang juga termasuk pada jenis sayuran ini juga ternyata memiliki manfaat sebagai makanan anti kanker alami yang bisa menjadi alternatif anda untuk terhindar dari kanker. 


Seperti yang kita tahu bahwa tomat mengandung lycopene yang merupakan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu tomat juga mengandung vitamin C yang berfungsi untuk mencegah kerusakan sel dan mencegah pembentukan sel-sel abnormal penyebab kanker. 


Pengetahuan tentang kanker payudara


Kanker Payudara 


Salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum wanita adalah kanker payudara. 


Kanker payudara adalah suatu kondisi pertumbuhan sel yang bersifat abnormal di bagian payudara, sel-sel abnormal tersebut bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya melalui aliran darah. 


Kanker payudara sendiri di Indonesia telah banyak merenggut nyawa penderitanya karena sulit dideteksi oleh penderita pada awal gejala. Untuk itu, para wanita seharusnya memiliki pengetahuan dini mengenai ciri-ciri awal kanker payudara dan juga cara mencegah jenis kanker ini. 


Kaum wanita juga sebaiknya sering melakukan check kesehatan untuk mengetahui keadaan tubuhnya. Jika memang seseorang dinyatakan terinfeksi kanker payudara lebih awal akan lebih mudah untuk mengobatinya dan peluang untuk sembuh menjadi lebih besar. 


Ada beberapa cara mengobati kanker payudara di antaranya sebagai berikut:


Operasi pembedahan kanker payudara

1. Operasi Pembedahan


Operasi pembedahan biasanya dilakukan untuk mengangkat tumor yang terdapat di daerah payudara pasien. Dalam tindakan operasi ini ada dua prosedur yaitu hanya mengangkat tumor yang terdiagnosa kanker dan juga pengangkatan payudara secara keseluruhan. 


Hal ini akan dipertimbangkan pada bagaimana kondisi kanker yang diderita pasien.



2. Operasi Pengecilan Tumor


Selain operasi pembedahan terdapat juga operasi yang bertujuan untuk mengecilkan sel tumor di payudara yang biasanya dilakukan sebelum operasi pembedahan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan sel tumor terangkat dan menurunkan tingkat aktif sel tumor saat dilakukan operasi pembedahan. 


Kemoterapi pada penderita kanker payudara

3. Kemoterapi


Cara mengobati kanker payudara selanjutnya adalah dengan melakukan kemoterapi. Kemoterapi biasanya akan diberikan setelah pasien berhasil menjalani operasi pembedahan pengangkatan tumor yang terindikasi kanker. 


Kemoterapi bertujuan untuk menghancurkan sel-sel kanker yang masih tersisa dalam tubuh pasien agar tidak lagi berkembang.



4. Radioterapi 


Radioterapi atau sering juga disebut dengan terapi radiasi adalah salah satu pengobatan alternatif yang bertujuan untuk membunuh sel-sel kanker dalam tubuh. 


Radioterapi memanfaatkan sinar x-ray berenergi tinggi untuk menghancurkan dan juga menghambat pertumbuhan sel kanker. Radioterapi juga bisa dilakukan setelah pasien melakukan operasi pembedahan untuk membunuh sisa-sisa sel kanker dalam tubuh.


-


Itulah pembahasan tentang kanker yang menjadi salah satu penyakit menakutkan di Indonesia, terutama kanker payudara. 


Anda bisa melakukan upaya pencegahan pada penyakit kanker salah satunya adalah dengan mengkonsumsi beberapa makanan pencegah kanker yang alami. Selain itu anda juga harus mengubah beberapa gaya hidup modern yang tidak sehat. 


Jadilah manusia cerdas yang bisa memilih mana yang baik untuk kesehatan dan mana yang bisa berdampak buruk. Selain itu, dengan mengenal beberapa hal yang menyebabkan kanker, kita bisa lebih waspada dalam menjaga kesehatan kita dan tentunya bisa menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang