Apakah tidak sehat menelan dahak selama pilek atau flu? Bagaimana cara mengatasinya?

Dilihat 1,45 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Batuk adalah penyakit yang umum menyerang baik anak-anak maupun orang dewasa. Penyakit ini sering dianggap penyakit ringan, meski pada faktanya bisa menjadi gejala dari penyakit-penyakit lain yang berat. Tapi satu hal yang pasti, mau itu batuk kering maupun batuk berdahak, penyakit ini sangatlah mengganggu kegiatan sehari-hari, terlebih bagi orang yang mungkin bekerja di bidang di mana ia harus banyak berbicara, seperti pembaca berita atau mungkn customer service.


Lebih dari batuk kering, batuk berdahak lebih mengganggu karena Anda mungkin harus bolak-balik ke kamar mandi untuk membuang dahak yang keluar. Cara menyembuhkan batuk berdahak yang paling umum adalah tentunya dengan meminum obat batuk.


Namun pada anak kecil yang belum bisa mengeluarkan dahaknnya sendiri, cara mengeluarkan dahak pada anak adalah dengan membantu anak Anda untuk menunduk atau tengkurap, lalu biarkan dahak tersebut keluar. 


Lalu apakah dahak harus dikeluarkan? Bolehkah dahak tersebut ditelan?


Dahak yang dalam bahasa medis disebut sputum adalah cairan lendir yang berada di saluran pernafasan ketika Anda terserang batuk berdahak, pilek, atau gangguan pernafasan lainnya. Karena dahak bisa mengandung virus dan juga mikroorganisme lainnya, dan bisa mengalami mutasi jika bercampur dengan air liur, sangat dianjurkan untuk mengeluarkan dahak.


Anda tentunya tidak ingin menelan kembali bakteri-bakteri tersebut bukan?


Selain itu, jika dahak sangat kental dan sulit untuk dikeluarkan, hal ini dapat berpotensi menyebabkan saluran pernafasan tersumbat dan biasanya akan diikuti tanda-tanda seperti suara mengorok saat tidur dan lebih parahnya sesak nafas. Oleh karena itu dahak, terutama pada anak-anak atau bayi HARUS dikeluarkan.


Masih bersangkutan dengan batuk berdahak, di bawah ini saya akan membahas mengenai batuk berdahak dan cara menyembuhkannya.



cara menyembuhkan batuk berdahak



Cara Mengeluarkan Dahak Pada Orang Dewasa dan Anak



Mengeluarkan batuk dari tenggorokan tidaklah sesederhana itu. Dahak dari orang yang mengalami infeksi saluran pernapasan dapat mengandung bakteri atau virus. Seperti yang sudah diketahui para praktisi medis, itulah adalah mengapa orang mengenakan masker ketika berada di sekitar orang yang sedang mengalami infeksi saluran pernapasan yang serius.


Jika kita membicarakan mengenai asam lambung, meskipun perut dapat membunuh sebagian besar bakteri patogen. tapi ada beberapa jenis bakteri yang tidak di bisa dibunuh oleh asam lambung (misalnya spesies Heliobacter). Selain itu, kondisi pasien bisa menetralkan asalam lambung yang ada di perut (misalnya mengkonsumsi antasida, atau kehadiran dari sindrom yang sangat sering terjadi yang dikenal dengan GERD = gastro-esophageal reflux disease).  


Dengan kata lain, menelan dahak Anda mungkin bisa mengurangi penularan infeksi ke orang-orang di sekitar Anda. Dalam prakteknya, menelain dahak tidak akan menyebabkan masalah jika dahak tersebut disebabkan oleh penyakit asma atau infeksi paru lainnya yang tidak berbahaya. Namun kalau dahak tersebut dikarenakan oleh BC atau infeksi lebih serius lainnya, beberapa bakteri mungkin bisa menjadi berbahaya karena virus tersebut masuk kembali ke dalam tubuh dan bisa menyebar ke organ lainnya.


Menghangatkan tubuh dapat membantu mengencerkan dahak, sehingga dahak tersebut lebih mudah untuk dikeluarkan. Hal ini tidak hanya berlaku pada anak-anak dan bayi, namun juga pada orang dewasa.


Untuk orang dewasa, salah satu solusi ampuhnya adalah teh jahe atau wedang jahe. Dengan mendengar namanya saja sudah bisa Anda bayangkan betapa nikmat dan hangatnya minuman yang satu ini. Mudah ditemukan dan baik untuk kesehatan, ditambah lagi harganya terjangkau, wedang jahe adalah solusi sempurna untuk batuk berdahak.


Jika Anda tidak begitu menyukai rasa jahe yang kuat seperti pada wedang jahe, Anda bisa membuat teh jahe dengan cara menyeduh teh hangat, lalu tambahkan irisan jahe tipis di dalamnya. Jika Anda menyukai teh Anda dengan rasa manis, Anda bisa menambahkan madu saat teh jahe Anda sudah tidak terlalu panas. Usahakan menghindari gula karena gula hanya akan memperparah batuk yang Anda derita.


cara mengeluarkan dahak pada anak


Untuk cara mengeluarkan dahak pada anak, seperti yang sudah saya sebutkan di awal, bisa dilakukan dengan memposisikan anak Anda secara tengkurap atau jika anak Anda sudah bisa berjalan dan berdiri, Anda bisa membuat anak menunduk di wastafel.


Selain itu, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini:


  1. Anda bisa mengencerkan dahak dengan menghangatkan tubuh anak. Anda bisa mengoleskan balsam khusus atau minyak kayu putih di daerah leher, dan pastikan anak banyak minum untuk membantu mengencerkan dahak tersebut.   
  2. Jika tubuh anak Anda sudah lebih hangat, dahak akan lebih mudah keluar. Anda bisa memposisikan anak Anda dengan tengkurap atau menyuruh anak Anda untuk menunduk di wastafel dan biasanya dahak akan keluar dengna sendirinya.  
  3. Jika masih ada dahak yang tersisa, terutama pada bayi, Anda bisa menggunakan alat suction berbahan karet untuk menyedot dahak yang tersisa tersebut.  


Cara Mudah Menyembuhkan Batuk Berdahak


Lalu bagaimana cara menyembuhkan batuk berdahak Anda jika penyebabnya bukan virus penyakit ganas dan berbahaya?


Memang banyak obat batuk berdahak yang mengandung ekspektoran dijual di pasaran, namun sebenarnya ada banyak cara alami untuk menyembuhkan batuk berdahak.



cara menyembuhkan batuk berdahak


Ada beberapa cara menyembuhkan batuk berdahak secara alami, salah satunya adalah dengan mengonsumsi jeruk nipis. Jeruk nipis secara cepat dan alami bekerja langsung untuk membersihkan dahak di tenggorokan. Selama ini, jeruk nipis memang sudah amat dikenal oleh masyarakat untuk mengobati batuk berdahak.


Cara paling umum untuk mengolahnya adalah dengan memeras jeruk nipis dan mencampurkan air perasan tersebut dengan air dan madu dengan rasio 1:3:5 Cara yang lebih mudah dan praktis lainnya adalah mencampurkan perasan jeruk nipis dengan kecap. Cara ini biasanya digunakan untuk anak-anak. Anda bisa meminumkan campuran ini pada anak Anda sebanyak dua kali sehari dengan takaran satu sendok teh.


cara menyembuhkan batuk berdahak

Selain itu, ada juga kunyit. Kunyit sedari dulu memang terkenal sebagai rempah yang baik bagi kesehatan dan mampu mengobati berbagai macam penyakit, termasuk batuk berdahak. Cara mengolahnya adalah dengan menumbuk kunyil hingga halus setelah mengupas kulitnya, lalu campurkan dengan madu dan segelas susu hangat. Ramuan ini dipercaya dapat menyembuhkan batuk berdahak secara efektif.


cara mengeluarkan dahak pada anak


Selain beberapa cara di atas, cara menyembuhkan batuk berdahak yang paling mudah dan tanpa repot adalah dengan banyak meminum air hangat. Jika Anda merasa ada dahak yang menyangkut di tenggorokan Anda, Anda bisa meminum air hangat atau berkumur dengan air hangat untuk membantu melancarkan proses keluarnya dahak tersebut dari tenggorokan.


-

Batuk berdahak yang berkepanjangan memang sangat menjengkelkan dan mengganggu keseharian Anda. Selain dengan mengobatinya, Anda juga bisa mencegah agar batuk berdahak tidak menghampiri Anda. 


Selalu jaga kebersihan gigi dan mulut Anda, pastikan Anda menyikat gigi Anda sesudah makan dan sebelum tidur, hal ini berguna untuk membantu melancarkan ekluarnya dahak dan juga membantu membersihkan virus-virus penyakit yang bersarang di dalam tenggorokan Anda.


Dan yang terpenting selalu jaga kondisi kesehatan Anda, jangan sampai kondisi Anda drop karena kelahan dan sejenisnya, karena ketika daya tahan tubuh melemah, penyakit mudah sekali menyerang Anda begitu juga dengan batuk berdahak. Semoga bermanfaat!


Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang