Apakah usus buntu bisa diketahui hanya dengan beberapa sentuhan di perut oleh dokter?

Dilihat 1,78 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Jawaban singkat: jika ada cairan dalam perutnya yang akan menghalangi pemeriksaan untuk menentukan itu usus buntu atau tudak, ada kemungkinan kalau usus buntunya robek, mengakibatkan radang selaput perut jika dia memiliki simptom lain. Tappi, cairan dalam perutnya bisa saja hal lain (seperti gagal hati).

Berikut detilnya: satu simptom saja bisa memberi petunjuk untuk beberapa penyakit. Kamu harus lihat kombinasi simptomnya. Petunjuk jika dia menderita usus buntu (atau robek usus) adalah:

1. Demam

Demam biasanya normal jika dia baru saja mengalami usus buntu. Tapi itu bisa berubah menjadi sedang jika ususnya robek. Kamu juga bisa mendapat usus buntu tanpa demam. Demam sedang berkisar antara 100.5 - 102.9  derajat Fahrenheit (38.05 derajat Celcius - dibawah 40 pokoknya). Diatas itu maka masuk kategori demam berat.

2. Mual dan atau muntah

Aku kenal ada orang yang menderita usus robek tanpa muntah/mual. Pada sisi sebaliknya, kebanyakan orang yang ku tahu menderita usus buntu atau usus robek setidaknya mengalami rasa mual.

3. Diare

Aku tak begitu yakin kalau simptom ini tidak umum. Diare sedikit tabu untuk dibahas.

4. Sembelit

Kadang usus buntu menyebabkan sembelit. Tapi sembelit bisa menyebabkan rasa sakit yang berbarengan dengan usus buntu.

5. Tidak bisa kentut

Ini juga unik karena kentut yang tertahan bisa menimbulkan rasa sakit.

Usus buntu sering bermula sebagai rasa sakit di bagian oerut. Tapi ini bisa juga dimulai dari sisi kanan bawah perut. Akan menjadi-jadi antara 6-12 jam kedepan. Aku dengr orang-orang bilang itu seperi sakit karena ditusuk. Yang lain bilang seperti seseorang mencubitmu dari dalam. Ada juga yang bilang susah dijelaskan.- rasa sakit yang tak pernah mereka rasakan sebelumnya.

Rasa sakitnya akan hilang ketika usus sudah robek tapi nanti akan datang kembali rasa sakitnya. Tapi rasa sakit tidak hanya di satu bagian, tapi sudah menyebar ke seluruh perut.

Ada yang bilang kalau sakitnya lebih parah ketika usus sudah robek. Beberapa tidak bisa berdiri atau berjalan. Jadi ingat usus untu tidak selalu sama tandanya dia bisa muncul dimana saja. Semoga Ibumu cepat sembuh ya.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang