Apakah yang dimaksud dengan pubertas?

Dilihat 7,41 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pubertas adalah periode kematangan seksual: Seorang anak berubah menjadi dewasa; ia menjadi fungsional secara seksual. Tubuh mulai berkembang dan berubah sebagai salah satu perpindahan dari seorang anak menjadi dewasa. Semua anak laki-laki dan perempuan melalui masa pubertas,  tetapi perubahan dalam tubuh dari keduanya bervariasi secara signifikan. Pubertas biasanya dimulai antara usia 8 sampai 12 tahun pada perempuan dan usia 9 sampai 14 tahun pada anak laki-laki. Usia di mana anak-anak menunjukkan tanda-tanda pubertas sangat bervariasi,  untuk beberapa pubertas dapat ditetapkan dalam usia yang sangat muda,  sedangkan bagi yang lain,  mereka dapat memiliki sedikit waktu lebih lama sebelum mereka mulai panik. 


Pubertas dimulai ketika hipotalamus (kelenjar yang terletak pada otak) melepaskan hormon yang disebut dengan pelepasan hormon gonadotropin (GnRH),  yang memmberitahu kelenjar hipofisis (kelenjar lain: terletak dekat hipotalamus) untuk melepaskan dua hormon lebih yaitu follicle stimulating hormone (FSH) dan luteinizing hormone (LH). Kedua hormon berpastisipasi dalam sekresi beberapa hormon lainnya,  yaitu testoteron pada laki-laki dan estrogen serta progesteron pada anak perempuan. Hormon-hormon ini menghasilkan tanda-tanda perubahan dalam tubuh. 


Pada anak laki-laki,  FSH dan LH menargetkan testis dan sinyal mereka untuk mulai memproduksi testoteron dan sperma. Tanda pubertas pertama pada anak laki-laki biasanya adalah peningkatan ukuran testis dan pengembangan rugae pada skrotum. Secara bertahap,  saat anak laki-laki melalui proses masa pubertas,  mereka mulai tumbuh rambut: rambut pada wajah,   tubuh,  kemaluan,  ketiak,  semua adalah tanda-tanda dari kemajuan masa pubertas. Ukuran penis tumbuh dan menjadi lebih sensitif terhadap rasa sakit dan sentuhan. Ada lonjakan pertumbuhan: peningkatan pesat dalam ketinggian berlansung selama tahap awal pubertas,  maka melambat dan lagi pada usia 18 sampai 21 tahun,  ada percepatan pertumbuhan kedua. Anak-anak mulai mengembangkan daya tarik pada perempuan.


Anak laki-laki akan mulai mendapatkan ereksi (ini adalah ketika penis mengisi dengan darah dan menjadi keras). Kadang-kadang ereksi terjadi ketika anak laki-laki berpikir tentang hal-hal seksual atau dapat terjadi tanpa alasan sama sekali. Anak laki-laki juga bisa mengalami sesuatu yang disebut nocturnal emisi (mimpi basah). Ini adalah ketika penis menjadi ereksi ketika anak laki-laki sedang tidur dan ia mengalami ejakulasi. Ketika anak laki-laki mengalami ejakulasi,  air mani,  cairan yang mengandung sperma keluar dari penis. Mimpi basah kurang sering terjadi pada anak laki-laki berpindah melalui masa pubertas dan mereka akhirnya berhenti. Saat masa pubertas reda pada usia 19,  kadar FSH dan LH dapat turun,  namun tidak untuk tingkat testoteron yang mempertahankan nilai yang cukup sekali saat masa pubertas mereda. 


Pada anak perempuan,  FSH dan LH memicu ovarium untuk melepaskan dua hormon: estrogen dan progesteron. Tanda pertama masa pubertas pada perempuan adalam pembesaran payudara. Segera setelah anak perempuan merasakan menstruasi pertama. Setiap bulan,  di bawah pengaruh FSH,  sebuah telur dilepaskan sari salah satu ovarium. Masing-masing dua ovarium seorang anak perempuan memegang ribuan telur. Selama siklus menstruasi,  sebuah telur dilepaskan dari salah satu ovarium dan mulai berjalan menyusuri tabung tuba ke uterus,  yang juga disebut rahim. Seorang anak perempuan memiliki dua tabung tuba,  satu yang menghubungkan setiap ovarium ke rahim. Sebelum telur meninggalkan ovarium,  hormon meransang rahim untuk membangun lapisan bagian dalam dengan ekstra darah dan jaringan. Jika telur sampai ke rahim dan dibuahi oleh sel sperma,  telur akan tertanam sendiri di lapisan itu dan tumbuh menjadi bayi. Ekstra darah dan jaringan memelihara dan melindungi bayi saat berkembang. 


Tapi sebagian besar waktu telur hanya lewat. Ketika telur tidak mendapatkan pembuahan,  atau jika telur yang dibuahi tidak tertanam pada lapisan,  sehingga darah meninggalkan tubuh melalui vagina. Darah ini dikenal sebagai menstruasi seorang anak perempuan. Waktu menstruasi biasanya berlansung selama 2-7 hari. Sekitar 2 minggu setelah periode terakhir,  telur baru akan dirilis sebagai siklus yang berulang. Kadang-kadang,  gadis lebih muda yang tidak seperti pada umumnya,  sehingga mereka dapat melewati satu bulan. Siklus menstruasi berlansung sekitar 28 hari,  tetapi sangat bervariasi pada anak perempuan yang masih dalam proses pematangan seksual. Anak perempuan kadang-kadang dapat terlihat dan merasa sesuatu putih atau yang jelas berasal dari vagina. Ini tidak berarti ada yang salah,  itu disebut keputihan dan hanyalah hormon tanda perubahan dalam tubuh anda. Banyak anak perempuan mengalami kram sebelum atau selama masa menstruasi mereka. Kram disebabkan byprostaglandins,  bahan kimia pada tubuh seorang anak perempuan menghasilkan untuk membuat otot-otot rahim berkontraksi. Otot-otot yang berkontraksi membentuk mendorong darah keluar melalui vagina anak perempuan selama masa menstruasi. 


Pada akhir masa pubertas (sekitar 18 sampai 19 tahun),  tubuh sepenuhnya mampu menghasilkan kehidupan manusia baru. Sperma seorang pria dapat membuahi sel telur wanita ,  sehingga menimbulkan zigot yang setelah lama mengalami perkembangan,  lalu melahirkan seorang anak. Selama masa menstruasi ini dapat disertakan perubahan yang nyata dalam sikap dan perilaku anak anda: ia mungkin menjadi kasar dan tidak masuk akal dan terkadang marah,  ia mungkin mulai berpikir bahwa ia cukup dewasa untuk membuat keputusan untuk dirinya,  ia mungkin menantang anda: segala macam perilaku dapat diperkirakan. Dia mungkin akan lembut dan mudah terluka,  ia dapat dikenakan intimidasi dan tekanan dari temannya,  dan selama masa krusial ini,  ia membutuhkan orangtuanya untuk mendukungnya,  yang paling penting. Pada saat yang sama,  adalah sangat penting untuk belajar tentang orientasi seksual dan partiknya. Sebagai orang tua,  adalah dasar berbicara dengan anak anda tentang seks dan kontrasepsi dan anda harus memastikan bahwa anak anda mengerti sentuhan yang tidak pantas,  tidak ragu melaporkannya ke pada yang lebih tua yang dia percaya.





Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang