Apakah yang dipikirkan oleh tentara Rusia terhadap pasukan militer Amerika Serikat?

Dilihat 308 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Amerika adalah negara adidaya yang memiliki kekuatan militer besar, fakta akan kekuatan militer Amerika semakin diperkuat dengan adanya alutsista mereka yang diklaim tercanggih di dunia. Banyak sejarah peperangan dunia telah dimenangkan oleh mereka. Hal itu dikarenakan Amerika memiliki pasukan tentara terkuat di dunia, dengan melakukan berbagai macam riset biologis dan juga teknologi untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kekuatan militer mereka. Selain itu, militer Amerika masih punya berbagai macam senjata rahasia dan salah satu di antaranya adalah teknologi nuklir. Ditambah lagi mereka didaulat menjadi pasukan keamanan dunia oleh PBB untuk menjaga stabilitas keamanan dunia.




Meskipun demikian, militer Amerika tetap memiliki pesaing berat semenjak zaman perang dunia kedua dulu. Bahkan saking besarnya kekuatan mereka, dunia menyebutnya dengan kubu beruang merah dan beruang putih. Kekuatan militer tersebut adalah milik negara Rusia. Persaingan kedua negara besar ini seringkali mengakibatkan ketegangan politik dunia, terutama negara-negara sekutu mereka. Pasalnya, selain memiliki pasukan tentara terkuat di dunia, perseteruan antara dua kubu ini mampu menjadikan ketidak stabilan kondisi ekonomi, sosial dan politik di dunia.


Data Kekuatan Militer Amerika Dan Rusia


Amerika memiliki personel militer aktif sebanyak 1,4 juta dan masih memiliki 145 juta warganya yang memenuhi syarat untuk mengikuti dinas militer. Sedangkan, pasukan cadangan berjumlah 1,1 juta orang. Di darat, militer Amerika memiliki 8.848 unit tank, 41.062 unit kendaraan tempur lapis baja, 1.934 tank artileri bergerak dan 1.331 unit Sistem Peluncur Roket. Angka itu belum termasuk 1.299 artileri medan yang dimiliki setiap divisi.

Sementara, Rusia memiliki 766.055 tentara aktif dan menyimpan 2,48 juta kekuatan cadangan. Dari jumlah itu, 47 juta warganya juga dinilai memenuhi syarat untuk mengikuti dinas militer. Sejauh ini, Rusia telah mengoperasikan 15.398 unit tank, 31.298 unit kendaraan tempur lapis baja, 5.972 unit artileri bergerak, dan 3.793 unit sistem peluncur roket. Rusia juga diketahui memiliki 4.625 artileri berbagai jenis.

Di udara, militer Amerika memiliki 13.444 pesawat di seluruh cabang kemiliteran. Jumlah itu terdiri dari 2.308 unit pesawat tempur, dan 2.785 unit pesawat serbu. Sedangkan jumlah helikopter tempur mencapai 957 unit. Sedangkan Rusia memiliki 3.547 pesawat, yang terdiri atas 751 pesawat tempur, dan 1.438 unit pesawat serbu. Tak hanya itu, Rusia juga mengoperasikan 478 unit helikopter tempur.

Di laut, Amerika diperkuat 415 kapal, yang terdiri atas 19 kapal induk, 6 kapal frigat, 62 kapal perusak dan 75 kapal selam. Sebaliknya, kekuatan yang dimiliki Rusia hanya 352 kapal perang, yang hanya diperkuat 1 kapal induk. Selain itu, Rusia juga memiliki 4 kapal frigat, 15 unit kapal perusak, 81 unit kapal korvet dan 60 unit kapal selam.


Meskipun secara statistik kekuatan militer Amerika lebih unggul, pihak militer Rusia tidak pernah gentar untuk melakukan peperangan melawan Amerika. Hal tersebut diperkuat dengan gertakan presiden Rusia pada tahun 2016 yang telah melaporkan kepada dunia mengenai persiapan perang nuklir melawan Amerika.

Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang