Apakah yang harus diketahui setiap orang mengenai HIV/AIDS?

Dilihat 686 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

HIV merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. HIV merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh - sistem pertahanan tubuh dalam melawan penyakit. Ketika seseorang dikatakan hidup dengan HIV, berarti mereka memiliki virus HIV di dalam tubuh mereka. 


AID merupakan singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome. Seseorang yang terkena HIV biasanya juga terkena AIDS dimana sistem kekebalan tubuh menjadi begitu lemahnya sampai tidak bisa melawan sekumpulan jenis penyakit yang biasanya bisa diatasi.


HIV dapat ditularkan melalui darah, sperma, cairan vagina, cairan dubur, dan air susu ibu. Cara paling umum dari penularan HIV adalah: melalui hubungan seksula tanpa menggunakan kondom, berbagi jarum suntik atau alat suntik lainnya. 


Apakah ada obat untuk HIV? Tidak ada. Tapi virus dapat dikendalikan dengan melakukan perawatan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat. - walaupun perawatan tersebut mungkin memiliki efek samping bagi beberap orang. Jika HIV terlambat didiagnosa, perawatan akan menjadi kurang efektif.


Bagaimana cara melindungi diri dari infeksi HIV? Jauhi pergaulan bebas, jangan berbagi jarum, jarum suntik atau peralatan suntik lainnya dengan orang lain.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang