Apakah yang menyebabkan timbulnya komedo?

Dilihat 848 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Komedo terbentuk ketika kotoran-kotoran menyumbat folikel-folikel rambutmu. Setiap folikel memilki satu helai rambut dan kelenjar sebaceous yang memproduksi minyak atau dapat disebut juga dengan sebum. Sebum berguna untuk menjaga kulitmu agar tetap halus. Sel kulit mati dan minyak terkumpul di bukaan atau lubang folikel kulit, memproduksi tumpukan atau tonjolan yang disebut dengan komedo  Jika kulit di atas komedo ini tetap tertutup, maka warnanya pun akan putih dan kotoran ini disebut komedo putih. Namun jika kulit di atas komedo ini terbuka, udara akan membuat warnanya berubah menjadi hitam dan disebut dengan komedo hitam.

Beberapa faktor bisa meningkatkan kemungkinan timbulnya jerawat dan komedo, termasuk : tubuhmu memproduksi terlalu banyak minyak yang merangsang pertumbuhan bakteri p. acnes (propiqanumbacterium acnes) pada kulit folikel yang teriritasi ketika sel kulit mati tidak terkelupas secara reguler dikarenakan perubahan hormon. Biasanya terjadi ketika remaja, saat menstruasi, atau ketika dalam masa konsumsi pil KB. 

Beberapa orang percaya bahwa apa yang kau makan atau minum dapat mempengaruh persoalan timbulnya jerawat dan komedo. Produk-produk olahan susu dan makanan berkarbohidrat yang meningkatkan kadar gula darah mungkin bisa merangsang munculnya jerawat dan komedo, namun hingga kini, para peneliti masih belum menemukan hubungan yang kuat antara keduanya.

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang