Apakah yang spesial dari Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi?

Dilihat 667 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Masjid Agung Sheikh Zayed adalah tempat tujuan wisata yang paling populer di Abu Dhabi. Bahkan Perdana Menteri India Narendra Modi mengunjungi masjid tersebut ketika beliau datang ke Uni Emirat Arab pada Agustus lalu. Sejauh yang saya tahu, itu adalah pertama kalinya Narendra Modi mengunjungi sebuah masjid, baik di dalam maupun di luar India. Jadi, apa yang begitu spesial mengenai masjid tersebut?


  1. Masjid Agung Sheikh Zayed adalah masjid yan terbesar nomor tiga di dunia. Masjid yang terbesar di dunia adalah Masjidil Haram yang terletak di Mekah (di Arab Saudi). Jadi masjid tersebut adalah masjid yang terbesar pertama yang berada di luar Arab Saudi.
  2. Mampu menampung lebih dari 40.000 orang atau jamaah. Ketika salat Jum'at dan solat Idul Fitri, sebanyak 40.000 orang dapat shalat secara bersamaan dalam satu tempat. Kapasitas tersebut jauh lebih banyak dibandingkan dengan stadion kriket di manapun di seluruh dunia.
  3. Memilki karpet yang terbesar di dunia. Karpet tersebut disulam dan disimpul secara tradisional dengan menggunakan tangan oleh lebih dari 1200 orang penyulam karpet, langsung di dalam masjid tersebut, dan mereka menghabiskan waktu dua tahun untuk menyelesaikannya. 
  4. Memiliki chandelier atau tempat lilin yang terbesar ketiga di dunia, dan yang terbesar kedua untuk kategori chandelier yang terletak di dalam masjid. Benda ini diimpor dari Jerman, dan dibuat dengan jutaan kristal Swarovski. 
  5. Sistem pencahayaan yang unik dengan merefleksikan fase-fase bulan. Penchayaan dari sistem ini dapat menjadi lebih terang atau lebih gelap, tergantung dengan keadaan bulan.
  6. Lengkungan-lengkungannya terinsipirasi dari arsitektur Moor. Detail yang luar biasa pada desainnya menimbulkan kesan yang sangat luar biasa.
  7. Kubah dengan desain dan sentuhan Arab. Kaligrafi Arab dapat dilihat di lingkar dalam kubah. 
  8. Penggunaan bahan-bahan atau material alam yang bagus karena kualitasnya yang tahan lama. Bahan-bahan seperti emas, kristal, batu-batu mulia, keramik, marmer dan mutiara banyak digunakan. Marmer Makrana dari India juga digunakan. 
  9. Kolam-kolam di sepanjang koridor merefleksikan kecantikan pilar-pilarnya. Mereka kelihatan jauh lebih cantik saat malam hari.
  10. Ada ruang ibadah yang dikhususkan untuk perempuan dan berkapasitas lebih dari seribu orang.

Masjid ini adalah rancangan terakhir dari Sheikh Zayed bin Sultan Al-Nahyan. Beliau memerintahkan untuk membangunnya ditanah yang agak sedikit tinggi agar dapat terlihat dari jarak yang jauh. Sheikh Zayed meninggal saat masjid masih dalam pembangunan, namun anak-anaknya melanjutkan rancangan tersebut dan mewujudkan mimpi ayahnya. Masjid ini selesai dibangun pada tahun 2007 dan Sheikh Zayed dimakamkan di halaman masjid. 

Tanpa ada keraguan apapun, masjid ini adalah salah satu bangunan terhebat, tidak hanya di Uni Emirat Arab, tapi di seluruh dunia. 

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang