Apa saja aplikasi dan software edit foto terbaik yang bisa digunakan online maupun offline?

Dilihat 452 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Fotografi adalah seni atau proses penghasilan gambar dan cahaya pada film. Fotografi meruakan sebuah kegiatan atau proses menghasilkan suatu seni gambar atau foto melalui media cahaya dengan alat yang disebut kamera dengan maksud dan tujuan tertentu. Dalam sebuah seni dibutuhkan suatu ketelitian untuk melihat adanya estetika yang ada pada suatu objek. Pada dunia fotografi seni merupakan hasil olah gambar yang diambil melalui kamera dengan menggunakan tehnik tertentu atau bahkan perangkat khusus. Suatu hal yang umum dalam upaya meningkatkan nilai estetika seni fotografi adalah menggunakan aplikasi edit foto terbaik yang sering kita jumpai di era moderen seperti saat ini.



Penggunaan kamera digital yang saat ini mendominasi dunia fotografi sangat berpengaruh besar pada dampak seni fotografi itu sendiri. Kemudahan dalam mengoperasikan dalam proses produksi foto menjadikan era fotografi digital semakin diminati oleh banyak kalangan. Bahkan saat ini entah itu orang awam ataupun fotografer profesional kini sudah tidak lagi canggung dengan alat fotografi digital. Hal itu dikarenakan hampir disetiap lini kehidupan pasti bisa dengan mudah menemukan perangkat kamera foto baik dalam bentuk gadget (hp), pocket, mirrorless ataupun DSLR.


Akan tetapi dalam kenyataannya seni fotografi itu sendiri tidak semudah menekan tombol shutter untuk menangkap gambar. Diperlukan sebuah kejelian mengenai pemahaman makna suatu gambar dan juga perasaan yang peka terhadap komposisi rasa dari gambar yang akan diambil. Selain itu pengaturan operasional kamera juga harus dipahami secara benar sebelum seorang fotografer benar-benar bisa mengambil gambar yang bagus. Namun pada era seni fotografi digital saat ini ada sebuah langkah yang bisa digunakan untuk menghasilkan gambar yang optimal tanpa harus menjadi fotografer profesional. Langkah tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi edit foto terbaik yang saat ini banyak tersedia bak online maupun offline.



Semenjak era media sosial berkembang, fotografi tidak hanya dijadikan suatu wadah seni yang kontemporer. Fotografi yang dulunya sebuah wadah seni dua dimensi kini berkembang menjadi suatu kebutuhan pokok untuk menunjukkan eksistensi diri dalam media sosial. Alhasil foto yang dihasilkan oleh pengguna media sosial tersebut kebanyakan dibuat dengan alakadarnya, menggunakan alat seadanya dan tanpa mempertimbangkan kualitas dari komposisi gambar, pencahayaan dan juga pengaturan warna.


Namun di era sosial media yang berkembang pesat ini, kekurangan dalam olah fotografi digital bukanlah suatu perkara yang sulit untuk diatasi. Pada saat ini telah banyak beredar aplikasi edit foto online maupun offline yang sangat memudahkan pengguna media sosial untuk tetap tampil eksis dan menarik. Aplikasi edit foto tersebut dibuat dalam bentuk software yang tentunya bisa digunakan untuk mengolah foto baik menggunakan handphone ataupun unit komputer (laptop). 


Sekarang ini banyak aplikasi edit foto yang bisa diunduh secara gratis tersebar di internet. Aplikasi yang tersebar tersebut sangat beragam, ada aplikasi yang berbentuk software offline dan ada pula aplikasi edit foto online. Bahkan sekarang, kita tidak perlu lagi khawatir ketika berfoto selfie atau berfoto model apapun. Dengan software edit foto terbaik saat ini, kini hasil foto bisa kita tambahkan beragam filter edit foto dan tentu bisa menghasilkan output foto menjadi lebih kekinian. Berikut ini terdapat 5 aplikasi edit foto online dan offline gratis yang bisa kita pakai untuk membuat foto-foto kita menjadi lebih kekinian.


5 Aplikasi Edit Foto Online dan Offline Terbaik Saat ini


  • Prisma (Android, iOS)


Sempat lama menjadi aplikasi edit foto terbaik yang spesial bagi pengguna iOS, aplikasi edit foto Prisma akhirnya resmi menyambangi perangkat Android. Berbeda dengan aplikasi lain yang menerapkan filter secara offline di perangkat smartphone, Prisma menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk mengubah foto biasa menjadi karya seni lukisan yang memukau. Tersedia lebih dari 30 filter menarik yang siap mengubah foto kamu menjadi lebih menarik di aplikasi Prisma.


Prisma sebagai Aplikasi edit foto gratis dan sangat mudah digunakan, ada banyak jenis filter yang bisa kita pilih pada Aplikasi Prisma. Saat ini Prisma telah menjadi salah satu aplikasi edit foto online dan offline gratis yang sedang populer. Filter-filter yang tersedia di Prisma bisa dibilang melebihi filter yang ada pada Instagram.


Akan tetapi pada aplikasi edit foto Prisma, filter yang dipilih untuk mengubah foto membutuhkan waktu 10-20 detik, bahkan hingga 1 menit lamanya. Hal ini dikarenakan Aplikasi Prisma ini melakukan edit foto melalui internet atau secara online. Dengan demikian lamanya loading server ke internet mengakibatkan lamanya hasil atau output yang dihasilkan oleh Aplikasi Prisma. Namun setelah itu kemudian kita juga masih bisa mengatur tingkat kedetailan mulai dari 0-100.

  • Pikazo (iOS)


Aplikasi ini merupakan aplikasi edit foto terbaik kedua setelah Prisma. Waktu yang dibutuhkan untuk mengubah foto di software edit foto terbaik Pikazo memang sedikit lama dibandingkan Prisma. Selain itu tidak semua filter yang ada di Pikazo ini gratis. Namun dengan menggunakan aplikasi edit foto Pikazo, kita bisa membuat efek filter sendiri yang bisa disesuaikan dengan selera seni masing-masing.


Cara menggunakan aplikasi edit foto gratis Pikazo yaitu, memilih foto yang akan ditambahkan filter melalui mode galeri foto atau mode take photo. Kemudian kita bisa memilih gaya filter yang kita suka, atau yang paling menarik adalah kita bisa menambah gaya foto yang kita suka melalui galeri kita atau melalui foto-foto yang sudah disediakan secara online. Jika sudah maka upload ke dalam server Pikazo. Hal ini akan memakan waktu yang lumayan lama, sekitar 5-10 menit. Setelah selesai, hasil foto online tersebut bisa kita share ke sosial media atau kita download ke dalam perangkat memori.

  • DreamScope (Web)


Dengan website edit foto online terbaik yaitu DreamScope, kita gak perlu edit foto melalui smartphone. Faktanya DreamScope adalah sarana edit foto PC, memiliki jumlah filter yang bisa dipakai lebih banyak daripada milik Prisma. Salah satu kelebihannya adalah DreamScope tidak mengompres hasil edit foto yang kita produksi nanti, kita bisa upload foto beresolusi tinggi dan hasilnya pun akan memiliki resolusi yang sama.


Dalam penggunaannya DreamScope ini berbasis Web yang artinya meng-edit foto secara online, dan dapat diakses kapan saja asal ada koneksi internet. Yang pasti kita bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengedit foto tanpa harus mengistal aplikasi terlebih dahulu. Asalkan ada koneksi internet semua fot bisa diedit menggunakan aplikasi ini.

  • DeepArt (Web)


DeepArt merupakan sarana edit foto online yang paling ringkas jika dilihat dari metoe pnggunaannya. Mirip dengan aplikasi edit foto gratis Pikazo, DeepArt bisa melakukan editing foto dengan menambahkan gaya foto yang kita inginkan. Misalnya, kita tertarik dengan efek foto yang kita lihat di Instagram, maka kita bisa menirunya dengan DeepArt, cukup dengan download foto tersebut dari Instagram kemudian tambahkan filter fotomu dengan foto dari Instagram tersebut. Kita bisa upload hasil kreasimu sendiri barusan di sosial media atau bisa kita download sendiri.

  • r/deepstyle (Web)


Kalau yang satu ini sebenarnya bukan menekankan kepada aplikasi edit foto gratis. Namun di dalam r/deepstyle sendiri kita akan menemukan banyak informasi tentang seluk beluk aplikasi editor foto paling popular seperti yang telah disebutkan di atas. Website r/deepstyle merupakan forum internet yang membahas mengenai seni fotografi digital. Di dalam forum tersebut kita bisa memberikan kritik dan saran, bahkan bisa belajar banyak tentang algoritma yang dipakai pada aplikasi seperti Prisma dan sejenisnya. Menarik sekali ya.

Di era digital sekarang ini menjadi seorang seniman tidaklah sesulit zaman dahulu. Kreatifitas seni saat ini tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu, semua orang bisa membuat dan semua orang juga bisa mengakses dengan mudah. Sekarang sudah ada banyak aplikasi edit foto online terbaik yang bisa kita akses secara online maupun offline. Tinggal tergantung bagaimana tingkat kreatif kita dalam menciptakan sebuah foto yang menarik untuk dilihat.



Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang