Apa aplikasi edit foto terbaik untuk mengedit foto dalam format normal dan format RAW ?

Dilihat 340 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1



Foto yang gelap kadang membuat kesal, karena akan ada banyak detail yang akhirnya hilang, apalagi kalau bagian yang gelap adalah bagian di wajah sehingga mungkin membuat foto anda tidak akan dikenali, tetapi foto yang terlalu terang juga tidak enak untuk dipandang. Namun, sebaik apapun foto yang dihasilkan pasti akan mengalami proses editing untuk mempercantik hasil foto tersebut . Mengedit foto adalah salah satu cara untuk membiarkan daya imajinasi kita tertuang. Biasanya yang ada dikepala seorang ketika ingin mengedit foto adalah memperbaiki gambar dengan sebaik mungkin, memanipulasi foto menjadi aneh, menggabungkan photo, dan lain sebagainya.


Menjadi seorang fotografer bukanlah sebuah perkara yang mudah, perlu banyak hal yang harus diperhatikan agar foto yang dihasilkan menarik dan mendekati kata sempurna. Foto yang bagus adalah foto yang pas exposure nya, komposisi sedap dipandang dan fokus akurat, tajam (tidak blur), serta sudah sesuai keinginan dan imajinasi fotografernya dan lebih baik lagi jika foto tersebut bisa menginspirasi bagi yang melihatnya. Jika beberapa elemen diatas sudah ada dalam foto anda, bisa dipastikan foto tersebut sudah layak dikatakan bagus.


Untuk masalah objek foto, memang tergantung dari imajinasi dan ide sang fotografer. Namun untuk masalah ketajaman, noise, kontras dan warna, kita masih bisa mengatasinya dengan aplikasi edit photo. Nah jadi apa saja photo editor terbaik untuk anda yang hobi fotografer? Nah, dalam artikel ini saya akan berbagi cerita mengenai aplikasi edit photo yang menjadi favorit saya, sehingga bisa menghasilkan foto yang bagus. Bagi anda penggemar fotografer, wajib simak artikel berikut sampai selesai!

 

Aplikasi Edit Photo

Ada banyak aplikasi edit photo yang bagus sekarang ini, namun menurut saya pribadi, photo editor terbaik yaitu kombinasi dari Lightroom dan Photoshop. Lightroom sangat bagus untuk mengimpor  dan  mengedit foto secara massal serta untuk metadata/katalogisasi, sedangkan photoshop sangat bagus untuk mengedit foto secara lebih spesifik dan mendalam. Mari kita lihat lebih jauh:


Adobe Lightroom


Contoh hasil edit dengan Lightroom


Adobe Photoshop Lightroom, atau lebih dikenal dengan Lightroom adalah software pengolah foto yang berisi toolbox lengkap untuk fotografer digital profesional. Software ini terdiri dari beberapa modul yang terpisah dan masing-masing berfokus pada fase tertentu dari alur kerja fotografi. Lightroom bisa digunakan untuk mengolah foto dari mentah sampai matang, dari mulai foto pertama keluar dari kamera sampai dengan printing.


Lightroom memang dikhususkan bagi Fotografer baik yang sudah mahir mau pun yang pemula. Dengan Lightroom para fotografer bisa mengimpor gambar ke komputer, mengatur dan memilah gambar sesuai keinginannya sendiri. Yang lebih menyenangkan Lightroom juga terintegrasi dengan Photoshop.


Sisi lain dari pengolah foto ini adalah , disamping mendukung file normal (JPEG),  lightroom juga mendukung semua jenis file  RAW, serta tidak merusak gambar dan menyediakan cara untuk menjadi kreatif dan  kemampuan untuk membuat gambar yang indah. Lightroom terkenal sebagai salah satu program pengolah RAW dan manajemen katalog foto. Harga Lightroom relatif lebih murah dan tidak memerlukan kapasitas komputer yang besar. Program ini hanya dibanderol sekitar $105 saja. Lightroom dirancang menjawab segala kebutuhan fotografer dan termasuk para videografer. Adapun keunggulan dari Lightroom yaitu:

  • Dapat mengimpor foto secara masal - Biasanya anda mempunyai gambaran umum yang anda  sukai dalam jenis foto tertentu. Umpamanya, anda menyukai semua foto pemandangan lebih memiliki saturasi (kepekatan warna). Dan anda ingin semua foto satwa lebih tajam dan kontras. Nah, anda bisa setting editing –dari saturation, sharpener, contrast- yang direkam menjadi sebuah “preset”  dan kemudian menerapkan  ke setiap foto yang anda impor. Jadi ketika anda mau menghasilkan dengan tone yang mirip atau serupa tidak perlu mengubah dan memulai semua dari awal - menghemat waktu bukan?
  • Dapat mengedit foto secara masal - Misalnya anda  mengambil banyak foto di suatu pesta. Tetapi, semua foto itu kurang terang dan memiliki warna agak kuning karena pencahayaan. Anda dapat mencerahkan satu foto tersebut, dan memperbaiki keseimbangan putih (white balance) di foto pertama, kemudian langusung  bisa diterapkan ke 40 foto lainnya dengan 3 klik saja. Lagi, cara ini benar-benar menghemat waktu anda.
  • Fungsi Metadata/manajemen katalog foto - Fungsi dari katalog adalah untuk mengorganisir file-file kita agar nantinya kita bisa dengan mudah untuk melihat atau mengeditnya. Misalnya katalog saya beri nama ““Papan Seluncur”, lalu semua foto-foto yang berkaitan dengan “Papan Seluncur” saya impor ke dalam katalog “Papan Seluncur” tersebut, sehingga saya bisa dengan mudah mencarinya.

Adobe Photoshop


Contoh hasil edit dengan Photoshop


Siapa yang tidak kenal Photoshop?  Software keluaran Adobe ini merupakan software sejuta umat.  Software ini adalah software terakrab untuk editing foto. Software ini dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek.  Program ini mudah dikuasai asal tahu dasar-dasar tools acuannya. Referensi tentang photoshop juga banyak tersebar di internet, buku tutorialnya pun dengan mudah bisa didapatkan.


Photoshop sudah teruji dan diakui sebagai program editing foto terbaik karena memiliki banyak fitur, namun harga softwarenya cukup mahal, sekitar US $600 atau sekitar 7 juta-an. Pengguna Photoshop juga harus memiliki komputer yang canggih dan cepat. Selain berperforma baik, photoshop juga banyak digunakan desainer profesional lho. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar atau foto, Berikut keunggulan photoshop:

  • Membuat tulisan dengan efek tertentu - Photoshop dapat mengubah bentuk tulisan menjadi lebih kreatif dan inovatif dengan tool effect yang ada didalamnya.
  • Membuat tekstur dan material yang beragam - Dengan langkah-langkah tertentu, seorang desainer dapat membuat gambar misalnya daun, logam, air, dan bermacam gambar lainnya.
  • Mengedit foto dan gambar yang sudah ada - Dengan Photoshop kita dapat merubah foto/gambar yang jelek menjadi bagus ataupun sebaliknya. Selain itu juga Photoshop dapat merubah foto seseorang menjadi sebuah gambar kartun, atau dalam Design Grafis disebut vector and vexel.
  • Memproses materi Web - Photoshop juga digunakan untuk keperluan web, misalnya: kompresi file gambar agar ukurannya lebih kecil, memotong gambar kecil-kecil (slice), dan membuat web photo gallery.

Nah itulah aplikasi photo editor terbaik menurut pendapat saya.  Semoga bisa membantu anda dalam menemukan aplikasi edit foto yang tepat. Meskipun program tersebut terbilang mahal dan saat ini banyak sekali program alternatif edit foto yang gratis, penggunaan program berbayar bagi seorang fotografer tetap menjadi  pilihan. Hal ini juga dipengaruhi karena umumnya program berbayar memiliki fasilitas dan fitur yang lebih lengkap untuk keperluan kerja fotografer professional.


Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang