Bagaiman cara menghilangkan bekas luka bakar?

Dilihat 4,2 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Luka bakar adalah luka pada kulit yang menyebabkan rasa sakit dan kemerahan. Luka bakar dibagi menjadi luka bakar derajat satu, dua, tiga, dan empat. Selain luka bakar derajat satu dan dua, sisanya selalu membutuhkan pengobatan medis. Biasanya orang - orang mengalami luka bakar derajat satu di dapur. Hampir setiap luka bakar terjadi ketik seseorang menyentuh benda yang panas, kimia listrik, sinar matahari, radiasi, atau bahkan uap. Jika tidak ditangani, luka bakar kecil itu bisa berkembang menjadi lepuhan pada kulit yang menyiksa.


Dampak yang sering terjadi setelah luka bakar adalah kelit melepuh, lembab, bengkak, menghitam, gatal, dll. Berikut adalah cara - cara yang dapat digunakan untuk mengobati luka bakar:

  • Air. Kalau kamu kulitmu terbakar, segera tangani dengan memberikan air dingin pada area yang terkena. Hal tersebut mungkin akan memperburuk luka dengan membakar lebih banyak jaringan kulit jika kamu menggunakan air yang terlalu dingin. Fokuslah untuk mendinginkan area yang terbakar dengan air untuk menhindari kulit melepuh, bekas luka permanen dan tanda luka.
  • Losion anestesi. Ketika kulitmu terbakar, membiarkannya mengenai dapat menyebabkan bekas luka. Jadi gunakan losion anestesi yang bagus untuk are yang terbakar untuk mencegah kulit menjadi kering.
  • Balutan kain kasa. Bungkus area kulit yang terbakar dengan kain kasa secepatnya. Jangna ikat terlalu kencang karena dapat mencegah udah masuk ke kulit yang terbakar.
  • Yogurt. Untuk menghilangkan bekas luka yang disebabkan oleh panas dan terkabar, oleskan yogurt ke area kulit yang terbakar setiap hari sampai luka sembuh. Yogurt dapat mendinginkan kulit dengan lebih cepat, sehingga bekas luka tidak terlalu parah. Kamu juga bisa mencampur yogurt, kunyit dan biji jali dalam jumlah yang sama. Oleskan pada area luka bakar.
  • Cuka. Setelah luka bakarmu sembuh, oleskan cuka yang diencerkan ke area luka. Hal ini akan mencegah luka bakar berkembang dan membantu penyembuhannya lebih cepat.
  • Madu. Madu merupakan bahan yang dapat menghilangkan bekas luka di wajah dengan sangat baik. Oleskan madu segar ke area luka bakar setiap hari untuk membantu jaringan kulit pulih lebih cepat tanpa meninggalkan bekas luka.
  • Mentega kakao. Mentega kakao membantu menghilangkan bekas luka yang disebabkan oleh luka bakar. Ambil mentega kakao segar lalu oleskan pada kulit.. PIjat area luka bakar selama sekitar 15 menit lalu biarkan mengering. Bekas luka akan hilang secara perlahan.
  • Tomat. Tomat mengandung antioksidan yang dapat meremajakan kulit dan menyingkirkan sel kulit mati. Kamu bisa meletakkan potongan tomat pada bekas luka selama 20 menit atau kamu bisa menggunakan jus tomat dan mengoleskannya pada bekas luka secara rutin untuk menghilangkan bekas luka dengan cepat.
  • Minyak almond. Minyak almond memiliki vitamin penting yang membantu menutrisi perkembangan sel - sel baru di area luka bakar. Pijat kulitmu dua kali dengan minyak almond dan lihatlah bagaiman luka bakarmu hiang dengan cepat.
  • Biji fenugreek. Fenugreek sangat bagus untuk mendinginkan kulit. Untuk bekas luka karena terbakar, fenugreek sangat berkhasiat. Rendam rebugreek di dalam air semalaman lalu giling. Lalu oleskan pada bekas luka secara rutin.
  • Kult kentang. Kulit kentang mengobati selt kulit yang rusak dan mencerahkan bekas luka. Letakkan kulit kentang pada kulitmu untuk mencerahkan bekas luka.
  • Pepaya. Pepaya dapat memulihkan sel kulit yang rusak karena luka bakar serta menyamakan warna kulitmu. Blender pepaya menjadi jus dan oleskan pada bekas luka agar bekas luka hilang secara perlahan.
  • Es batu. Es batu dapat mendinginkan kulit yang terbakar untuk mencegah bekas luka yang permanen. Aplikasikan es batu pada bekas luka sembuh untuk membantu peremajaan kulit lebih cepat. Hal ini dapat terasa sakit dan kamu harus mengulanginya selama paling tidak 45 hari untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.
  • Kayu cendana. Kayu cendana menenangkan sel kulitnya dan juga meringakan rasa sakit yang diakibatkan oleh luka. Ambil bubuk cendana dan campur dengan air. Oleskan pada bekas luka setiap hari untuk membantu menghilangkan luka dengan cepat.
  • Jus lemon. Ambil satu sendok jus lemon dan gunakan kapas untuk menggosoknya pada bekas luka dengan lembut. Lalu cuci dengan air dingin. Ulangi perawatan ini dua kali sehari dan kamu akan melihat bekas luka hilang dengan cepat. Karena jus lemon membuat kulitmu sensitif terhadap matahari, gunakan tabir surya jika kamu keluar rumah setelah melakukan perawatan ini.
  • Bawang bombay. Ini merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan bekas luka dengan cepat. Biasanya, ketika kulitmu sakit, kulit cenderung berwarna kemerahan sebelum membentuk bekas luka. Mengoleskan bawang bombay segar pada luka untuk mengurangi kemerahan, sehingga kemungkinan bekas luka akan timbul juga lebih kecil. Kalau kamu merasakan iritasi setelah meletakkan bawang bombay pada are luka, hentikan perawatan, cuci luka dengan air dingin.
  • Susu. Setelah luka sembuh, bekas luka cenderung muncul. Kamu bisa mengoleskan susu pada bekas luka secara rutin di pagi hari agar bekas luka hilang dengan lebih cepat.
  • Timur. Hancurkan timur lalu oleskan pada bekas luka. Kamu juga dapat mengunakan potongan mentimun untuk menghilangkan bekas luka.
  • Zaitun. Minyak dan daun zaitun juga dapat menbuat bekas luka lebih cepat hilang. Buatlah jus dari daun zaitun atau minyak zaitun, oleskan pada bekas luka setiap hari. Kamu juga bisa memijat kulitmu dengan minyak zaitun dengan lembut selama sekitar 5 - 10 menit dua kali sehari.
  • Kapsul vitamin E. Belilah kapsul vitamin E dari toko obat dan larutkan ke adlam air. Lalu oleskan larutan tersebut pada bekas luka.
  • Minaya ikan. Minyak ikan mengandung vitamin penting yang dapat menutrisi kulit dan mempertahankan kilau alaminya. Selain itu minyak ikan juga mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mengobati gejala peradangan yang disebabkan oleh eksema. Jumlah konsumsi minyak ikan yang direkomendasikan untuk mengobati bekas luka eksema adalah sebanyak 1200 miligrams.


Yang harus dilakukan untuk membantu menghilangkan bekas luka

Makan makanan yang banyak mengandung vitamin A dan C. Kamu bisa mengkombinasikan lebih dari satu cara untuk menghilangkan bekas luka. Oleskan minyak ter untuk menjaga area luka tetap lembab ini akan meminimalkan pembentukan bekas luka. Pijat bekas luka dengan lembut setelah lukanya sembuh. Ini akan membantu mengurangi ukuran bekas luka dengan memisahkan kolagen.


Yang tidak boleh dilakukan
Ketikan kamu mendapatkan luka bakar, hindari menggunakan salep dengan secara. Salep akan membuat kulitmu menjadi panas dalam waktu yang lebih lama sehingga bekas luka dapat bertambah parah. Kalau luka bakarmu melepuh, jangan dikopek karena hal itu akan menimbulkan bekas luka permanen di kulit. Meskipun perawatan pengelupasan kulit secara kmiawi disarankan untuk mengobati bekas luka, hal tersebut tidak baik bagi kulit dalam jangka panjang, jadi hindari hal ini. Membiarkan kulitmu terpapar sinar matahari akan membuat bekas luka semakin parah, yang dapat meninggalkan tanda permanen pada kulitmu. Karena itu, lindungin kulit dari paparan sinar matahari secara langsung.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang