Bagaiman cara terbaik untuk dapat melakukan pull up satu tangan?

Dilihat 253 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Mencoba untuk melakukan pull up satu tangan dapat menyebabkan cedera yang serius, yang bisa berlangsung seumur hidup. Kalau tujuan menantang ini adalah yang kamu inginkan, cara terbaik untuk memulaikan adalah dengan melakukan pull up normal dengan dua tangan. Kamu harus bisa melakukan 20 kali pull up normal. Kalau kamu tidak bisa melakukannya, lakukan seberapa banyak yang kamu bisa dalam beberapa set dan tingkatnya jumlahnya secara perlahan. Misalnya, 3 set dengan 4 kali pengulangan, lalu 3 set dengan 6 kali pengulangan dan seterusnya.


Ketika kamu sudah terbiasa, kamu bisa menambahkan beban. Satu teknik yang pernah saya lakukan adalah melakukan gerakan secara terbalik. Kamu juga bisa melakukan teknik ini untuk pull up satu tangan. Gerakan ini menggunakan kontraksi otot eksentric yang biasanya disebut "negatif pull up"


Untuk lebih spesifiknya, kamu melakukan pull up dua tangan untuk mengangkat dagumu melewati palang, lalu perlahan menjatuhkan badanmu dengan satu tangan. Kamu bisa cedera ketika melakukan gerakan ini, jadi pastikan kamu siap sebelum melakukannya. Kamu bisa melakukannya di mesin pembantu pull up kalau kamu bisa menemukannya di tempat gym mu. Hal penting yang harus kamu ketahui adalah kamu akan menggunakan lebih banyak dari otot bicepmu ketika melakukan pull up satu tangan.


Teknik lain yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan pull up dengan dua tangan dengan pegangan yang tidak sama. Kamu bisa melakukannya dengan mengikat handuk pada palang dan mencengkram handuk tersebut dengan satu tangan. Semakin rendah kamu memegang handuk, semakin sulit pull up yang harus kamu lakukan. Kamu juga bisa melakukan pull up dua tangan dimana kamu tidak menggunakan seluruh jari dari salah satu tanganmu. Kamu bisa menvariasikan teknik - teknik tersebut untuk membantumu dalam berlatih.

Terjawab 7 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang