Kenapa Tinder bisa berkembang dengan sangat cepat?

Dilihat 10,3 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kunci utama dari perkembangan Tinder yang cepat adalah mereka memiliki produk yang luar biasa. Itulah jawaban terpenting dari fenomena Tinder yang berkembang pesat. 


Di samping itu, strategi marketing dan advertising yang dipakai oleh Tinder membuatnya mampu mencapai target customer dalam waktu yang relatif singkat. Menurut Sean Rad (sang pendiri) saat ini Tinder sudah dijangkau oleh jutaan orang lewat ponsel mereka. Ini tentu saja suatu perkembangan bisnis yang menyenangkan.


Tinder dibuat sebagai aplikasi pertemanan yang sangat mudah dan cepat untuk digunakan. Kebanyakan layanan kencan mewajibkan para penggunaya untuk mengisi berbagai macam survey dan pertanyaan pribadi untuk mengisi profilnya. Tinder menyadari bahwa sebagian besar orang bahkan tidak akan melewati tahap awal ini. 


Untuk memperbaiki hal ini, Tinder hanya meminta penggunanya untuk menekan tombol "daftar dengan facebook" dan kamu bisa langsung menggunakan aplikasi Tinder dengan berbagai fitur yang disediakan. 


tinder 1

Banyak orang yang tidak mau menghabiskan waktu 15 menit untuk menganalisa diri mereka dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dibutuhkan oleh aplikasi pertemanan dan kencan lainnya. 


Tapi, hampir semua orang mau mencoba aplikasi yang bisa diunduh dalam waktu 30 detik dan bisa langsung digunakan. Hal ini membuat mereka sangat mudah untuk berbagi aplikasi ini dengan teman-temannya. Strategi-strategi inilah yang membuat Tinder menjadi aplikasi yang keren dan luar biasa dan juga memberikan penggunanya kesempatan untuk bertemu dengan orang berpenampilan menarik yang mungkin tidak berani kamu sapa di tempat umum. 


Penyebaran Tinder dari mulut ke mulut ternyata lebih efektif. Orang cenderung memakai suatu aplikasi karena disarankan oleh temannya atau mendengar pembicaraan tentang aplikasi tersebut dari temannya. Sekarang tinggal Tinder menawarkan aplikasi yang berkualitas dan orang-orang akan menjadi pengguna setia dan terus menggunakannya dalam jangka panjang. Cara mencari jodoh via online lewat aplikasi ini sepertinya semakin digemari.


tinder 2



Mendapatkan Teman di Tinder atau Aplikasi Lainnya


Tinder merupakan aplikasi pertemanan berbasis lokasi yang memfasilitasi komunikasi antar pengguna yang saling tertarik satu sama lain dan memberi dukungan untuk obrolan lebih lanjut. Di Indonesia aplikasi ini lebih dikenal sebagai aplikasi untuk menemukan jodoh bagi para lajang. Tetapi tidak jarang pula para pengguna aplikasi ini menggunakan untuk kebutuhan-kebutuhan lain termasuk berbisnis.


Mendapatkan teman lewat aplikasi Tinder sangat mudah. Anda tinggal “menggesek aplikasi” sehingga dari sini terjadi pemilihan foto-foto dari pengguna lain dan jika ada kecocokan maka akan berlanjut ke tahap obrolan berikutnya. Cara mencari jodoh lewat Tinder begitu mudah dan berjalan secara alami.


Menurut The New York Times Tender mendapat keuntungan dari lemahnya model perangkat lunak kencan yang ada sebelumnya di mana hanya mengandalkan matematika alogaritma untuk memilih calon pasangan. Menurut para ahli yang diwawancarai Tinder merupakan aplikasi yang mudah dijalankan tetapi memberi efek kecanduan atau adiktif yang cukup tinggi. Namun demikian di sini ada kesulitan untuk fokus mengingat banyaknya foto yang dipajang dan diajak berinteraksi.


tinder 3



Fitur-fitur Menarik dalam Tinder


Bagi Anda yang mungkin masih penasaran berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa dijumpai dalam Tinder. Yang pertama adalah Gesek. Dari aplikasi yang kompatibel akan didukung suatu alogaritma yang cocok dengan tinggal menggesek ke kanan atau ke kiri untuk menemukan kecocokan pencarian. Selanjutnya ada integrasi dengan instagram sehingga pengguna bisa langsung mengakses profil instagram dan memungkinkan terhubung ke lebih banyak pengguna lain.


Adanya koneksi umum membantu para pengguna Tinder mengetahui apakah ada hubungan saling berbagi teman Facebook dan kecocokan lainnya. Dengan demikian seorang pengguna Tinder memiliki akses yang lebih luas untuk terhubung ke lebih banyak orang dan tentu saja membuatnya bisa berpeluang lebih besar menemukan kecocokan orang yang dicarinya.


Selanjutnya untuk mendukung pencarian dengan melihat semua profil Tinder dari lawan jenis setiap saat pada Maret 2015 Tinder merlilis layangan berbayar yaitu Tinder Plus yang memberi kemungkinan kecocokan tak berbatas. Ini tentu saja berbeda dari layanan gratis yang hanya membatasi jumlah gesekan tepat dalam 12 jam. Harga berlangganan ini berkisar antara $19,99 sampai $9,99 USD per bulan, atau sekitar Rp 130.000 hingga Rp 400.000.


tinder 4


Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Tinder 


Jika Anda berusia di bawah 18 tahun maka Anda tidak boleh melakukan apapun di Tinder karena ini memang menyangkut syarat pemakaian. Tinder telah dipakai dengan lebih dari 30 bahasa di dunia. Pada akhir 2014 diperkirakan ada sekitar 40 juta orang menggunakan aplikasi Tinder ini dan mencatat kecocokan 12 juta per hari. 


Yang menarik dari jumlah kecocokan tersebut, ternyata ada sekitar 1 miliar gesekan per hari. Pada April 2014, pengguna Tinder mencapai kecocokan lebih dari 25 juta per hari dan ini menunjukkan trend yang terus positif. Segala hal yang berbau kriminal dan menjurus ke arah penipuan atau eksploitasi menjadi hal yang sangat terlarang untuk dilakukan di Tinder.


Tinder menargetkan kepada orang-orang yang bisa memberi pengaruh. Ini adalah hal yang penting bagi Tinder, terutama karena aplikasi ini hanya bisa bekerja jika dalam suatu area ada cukup orang yang menggunakan Tinder. Tinder tidak mentargetkan semua orang yang mempunyai akses ke internet melainkan lebih fokus untuk menargetkan komunitas tertentu dan meluncurkan produknya dengan tujuan mencapai jumlah orang yang sangat banyak dalam komunitas tersebut. Jadi aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang butuh cara mencari jodoh


tinder 5

Untuk mencapat jumlah orang yang ditargetkan mereka membidik orang-orang yang berpengaruh atau orang-orang yang memiliki koneksi yang luas dan berpengaruh dalam komunitasnya. Dalam kasus Tinder, mereka awalnya mentargetkan para mahasiswa, terutama mahasiswa dalam sistem Yunani. Mereka memiliki pengaruh yang besar dalam komunitas mereka dan badan mahasiswa di kampusnya, jadi ketika mereka mulai menggunakan Tinder, akan banyak yang mengikuti mereka.


Ketika Tinder sudah memiliki daya tarik di kalangan tertentu, mereka mulai membidik orang-orang terkenal dan selebriti dalam upaya mengembangkan Tinder ke pasar yang lebih luas. Strategi yang mentargetkan kepada orang-orang yang berpengaruh inilah yang membuat Tinder berkembang dengan sangat cepat dan memungkinkan mereka menciptakan jaringan yang kuat sebelum akhirnya menyebar ke berbagai lokasi.


Demikian ulasan singkat mengenai Tinder, semoga bermanfaat dan mencerahkan.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang