Bagaimana aku bisa menghilangkan gangguan obsesif kompulsif?

Dilihat 1,82 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Setiap metode dapat memberikan hasil yang berbeda bagi masing - masing orang. Kamu harus mencoba berbagai macam metode untuk menemukan metode yang paling cocok untukmu. Tapi biasanya kombinasi dari CBT dan ERP paling cocok untuk orang yang menderita OCD. 


Saya menderita OCD selama sekitar satu tahun. Itu merupakan saat - saat yang paling traumatis dalam hidup saya. Sebelum saya mengalaminya, saya tidak tahu bahwa hal tersebut nyata. Dalam keputusasaan, saya mencoba hampir seluruh metode yang direkomendasikan kepada saya untuk mengatasi gangguan mental.


Metode - metode yang bekerja dengan baik bagi saya adalah alur kesadaran dan meditasi. Saya tidak bisa menjelaskan kepadamu kelegaan yang saya rasakan setelah bermeditasi. Setelah bermeditasi untuk pertama kalinya, pikiran saya terasa tenang. Saya tidak memiliki pemikiran obsesif yang biasanya memenuhi otak saya, tapi saya merasakan kedamaian mental. Tapi meditasi dan alur kesadaran hanya solusi sementara. Kamu harus masuk lebih dalam, mengatasi ketakutan mendalam yang menyebabkan gangguan tersebut. 


Saya sepenuhnya yakin bahwa untuk mengetasi OCD, kamu harus menghadapi ketakutanmu, dan hal tersebtu berarti menghadapkan dirimu kepada hal yang paling kamu takutkan. Alasan kamu menderita OCD adalah karena kamu takut bahwa suatu hal yang buruk akan terjadi, jadi kamu melakukan perilaku kompulsif agar kamu dapat mencegah hal tersebut terjadi. Ini merupakan gangguan yang berakar dari ketakutan. Metode paling efektif untuk mengatasi OCD adalah dengan menyingkirkan ketakutan dan kecemasan yang kamu rasakan.


Untuk menyingkirkan obesesifmu, kamu haru menghadapkan dirimu terhadap apapun yang membuatmu merasa cemas. Jika pikiran tentang kuman yang menyebabkan tingkat laku kompulsifmu, buatlah dirimu terpapar sesuatu yang kotor. Perlahan - lahan dekatkanlah dirimu sampai kamu menyadari bahwa hal tersebut tidak akan menyakitimu. 


Setelah kamu melakukannya, OCD akan hilang. Kenapa? Karena kamu menghilangkan rasa cemasmu dan tidak menyerang tekanan. Kamu menyingkirkan akar permasalahannya, bukan hanya gejala gangguan yang muncul di permukaan. Perilaku kompulsifmu hanya merupakan gejala dari masalah yang lebih dalam yang berasal dari rasa takut.

Dengan menyingkirkan rasa takutmu, kamu menyingkirkan perilaku kompulsif. Karena itulah metode ERP sangat efektif. Metode ini memaksamu untuk menghadapi rasa takutmu dan menantang keyakinan yang keliru yang kamu miliki. Ingatlah bahwa kamu dapat pulih dari OCD. OCD bukan sesuatu yang harus kamu hadapi seumur hidupmu. Saya hampir pulih 100% sekarang.

Otak kita sangat fleksible dan dapat berubah - ubah, yang merupakan berita baik baik orang - orang yang mengalami gangguan mental. Kamu dapat mengubah cara otakmu bekerja melalui terapi dan introspeksi. Jangan menyerah terhadap pemikiran, "saya memang seperti ini", karena hal tersebut tidak akan membuatmu menjadi lebih baik. Kalau kamu memiliki pemikiran semacam itu, kamu tidak akan pulih dari gangguan apapun. Untuk dapat mengatasi sebuah penyakit mental, kamu harus percaya bahwa hal tersebut dapat dilakukan.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang