Bagaimana cara menghilangkan ketergantungan obat tidur dan menyembuhkan insomnia?

Dilihat 7,21 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Tidur merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia karena di saat tidur semua sel tubuh termasuk sel otot, hati, ginjal, tulang sumsum, sistem pencernaan dan sel otak mengalami pemulihan. 


Tetapi adakalanya seseorang mengalami masalah susah untuk tidur karena beberapa alasan dan penyebab, dan penyakit susah tidur ini bisa menyerang siapa saja, tidak memandang usia ataupun jenis kelamin. 


Kebutuhan tidur yang tidak terpenuhi dengan baik akan berpengaruh terhadap kualitas kesehatan seseorang sehingga menyebabkan munculnya berbagai penyakit dan mengganggu aktifitas sehari-hari. Nah, ketika ini terjadi, rata-rata orang akan menggunakan obat sebagai cara mengatasi susah tidur mereka.


Sayangnya, obat tidur akan menyebabkan ketergantungan dan tentu saja hal ini tidak baik, karena pada dasarnya obat tidur adalah obat keras yang akan berdampak buruk juga pada kesehatan tubuh kita.


Di bawah ini, mari kita lihat bagaimana mengatasi ketergantungan obat tidur dan cara mengatasi insomnia secara aman.



Insomnia



Insomnia dan Penyebabnya



Penyakit susah tidur atau insomnia adalah gejala kelainan tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti dengan gangguan fungsional saat bangun. Penderita penyakit insomnia biasanya mengalami susah tidur di waktu malam hari, kadang sering terbangun di antara tidurnya pada malam hari atau terbangun terlalu awal di pagi hari. 


Insomnia dibedakan menjadi dua, yaitu: 

 

  • Insomnia primer, biasanya terjadi bukan karena adanya gangguan pada kesehatan, bisa juga karena suasana lingkungan yang ramai, cahaya yang berlebih pada ruangan, ataupun karena cuaca yang panas. 
  • Insomnia sekunder, biasanya terjadi karena adanya gangguan kesehatan, seperti penyakit kanker atau gangguan pernapasan. 


Secara umum, penyakit insomnia ditandai dengan ciri-ciri mudah marah, kelelahan yang berlebih, tangan berkeringat, kembung, nyeri pada perut, sulit berkonsentrasi, nyeri pada leher, mengantuk di siang hari, mengalami hipertensi, sakit kepala, napas tersengal-sengal, dan detak jantung tidak stabil. 


Banyak orang yang menyerah, namun separah apapun penyakit ini, sebenarnya dapat disembuhkan apabila kita mengetahui gejala-gejala dan penyebab insomnia secara mendalam. 

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara menghilangkan insomnia, kita akan membahas terlebih dahulu tentang penyebab seseorang terkena insomnia secara umum. 


Ada banyak penyebab seseorang mengalami penyakit susah tidur di antaranya yaitu:


Penyebab insomnia

1. Depresi


Seseorang yang menderita depresi akan menjadi mudah lelah, tidak bergairah, dan suka melamun. Kondisi semacam ini membuat penderitanya tidak bisa tidur atau sering terbangun di malam hari sehingga tidak bisa tidur lagi. Hal ini sebabkan oleh rasa gelisah dalam hatinya yang akan berpengaruh pada kenyamanannya untuk mendapatkan titik tidur yang nyaman.



2. Tidur Siang Berlebihan


Terlalu banyak tidur pada siang harinya bisa juga menyebabkan anda sulit untuk tidur pada malam harinya. Hal ini karena tubuh merasa cukup beristirahat sehingga anda akan merasakan kesulitan tidur di malam harinya. Jika memang anda ingin melakukan tidur siang, anda bisa tidur siang yang cukup sekitar 1 hingga 2 jam saja.



3. Lingkungan yang Tidak Nyaman 


Lingkungan juga bisa menyebabkan insomnia pada seseorang, seperti lingkungan yang kurang bersih, bau, panas serta lingkungan yang ramai seperti dekat stasiun kereta, terminal, atau bandara juga dapat mengganggu kenyamanan tidur seseorang. Untuk itu, bagi anda yang ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik sebaiknya anda mencari lingkungan untuk anda tidur seperti tempat sunyi dan nyaman yang jauh dari keramaian.



4. Karena Beberapa Penyakit


Munculnya beberapa gejala penyakit juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu kualitas tidur seseorang. Penyakit yang dapat menyebabkan seseorang sulit untuk tidur nyenyak seperti sakit badan, sesak nafas, ataupun sering buang air kecil pada penderita penyakit saluran kandung kemih.



5. Pekerjaan yang Terlalu Diforsir


Membawa pekerjaan ke tempat tidur dapat menyebabkan tidur jadi kurang nyenyak karena kita terus fokus pada pekerjaan sehingga mengabaikan waktu tidur. Jika ini terus belanjut dalam waktu yang lama anda akan terbiasa dengan menahan rasa kantuk anda dan bisa mengalami insomnia yang parah.



6. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Tertentu


Hindari mengkonsumsi makanan yang dapat memicu insomnia seperti alkohol, kopi, makanan pedas, makanan gula, dan makanan kemasan. Cobalah untuk membatasi diri anda untuk mengkonsumsi jenis-jenis makanan dan minuman yang  akan membuat anda sulit untuk tidur.



7. Faktor Umur


Faktor umur juga bisa mempengaruhi seseorang terkena insomnia. Orang yang sudah berusia lanjut biasanya tidak terlalu banyak beraktivitas yang membuatnya sulit untuk tidur di malam hari harinya. Untuk itu, meskipun sudah berusia lanjut seseorang harus melakukan suatu aktivitas ringan untuk sekedar menggerakan tubuhnya sehingga di malam hari akan lebih mudah untuk terlelap.


Cara mengatasi susah tidur




Mengatasi Insomnia Tanpa Obat Tidur


Karena insomnia membuat kelelahan penderitanya, sehingga banyak orang saat mengalami insomnia memilih untuk mengkonsumsi obat penenang atau obat tidur yang bisa didapatkan di apotek. Obat tidur memang bisa membantu orang tertidur dengan lelap, namun demikian obat tidur hanya mempunyai efek sementara dan tidak bagus untuk digunakan untuk jangka panjang. 


Bila obat tidur ini dikonsumsi secara terus-menerus akan menimbulkan ketergantungan dan akan juga menimbulkan beberapa efek samping seperti: 

  • diare
  • Nafsu makan berubah
  • Mulut terasa kering
  • Bengkak pada wajah
  • pusing
  • Sakit pada perut
  • Detak jantung tidak teratur
  • lemas
  • Mengantuk di siang hari 
  • Membuat anggota tubuh bergetar. 


Setelah mengetahui banyak efek samping yang ditimbulkan dari mengonsumsi obat tidur, alangkah bijaknya bila kita mencari cara mengatasi susah tidur tanpa mengonsumsi obat. 


Cara-cara di bawah ini dapat membantu menghilangkan ketergantungan anda akan obat tidur sekaligus membantu anda menghilangkan penyakit susah tidur secara perlahan-lahan.


Menghindari stres

Cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Jangan Stres


Stres atau terlalu banyak pikiran dan cemas tanpa disadari dapat menyebabkan penyakit susah tidur. Stres dapat diatasi dengan melakukan kegiatan yang mampu membantu menenangkan dan membuat saraf otak lebih rileks, misalnya dengan pergi jalan-jalan, berlibur, atau mengerjakan kegiatan yang sesuai dengan hobi anda. Sebainya anda menyelesaikan masalah yang menjadi beban pikiran, saat hati dan pikiran tenang maka tidurpun akan lebih nyenyak.



2. Olahraga Secara Rutin 


Olahraga atau latihan fisik secara rutin selain dapat menyehatkan jantung dan tubuh, dapat pula menghilangkan ketergantungan anda akan obat tidur karena tubuh secara otomatis akan membutuhkan istirahat. Lakukanlah olahraga yang disukai seperti berenang, berlari, atau bersepeda. Sebaiknya olahraga dilakukan minimal 5 jam sebelum tidur. Jika melakukan olahraga mendekati waktu tidur, justru akan membuat kita susah tidur. 



3. Relaksasi


Relaksasi bisa digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Selain itu, relaksasi juga bisa menyeimbangkan antara tubuh dan pikiran manusia sehingga bisa membantu anda dari stres yang berlebihan. Relaksasi bisa dilakukan di kamar satu jam sebelum tidur karena dengan mengendorkan otot secara sengaja tubuh akan membentuk suasana tenang dan damai dalam hati kita.


Menghindari konsumsi alkohol


4. Hindari Konsumsi Alkohol


Menghindari alkohol adalah salah satu cara yang efektif untuk menyelamatkan anda dari insomnia akut dan ketergantungan obat tidur. Alkohol tidak akan membantu anda untuk terlelap malah akan berdampak sebaliknya. Selain itu, alkohol juga tidak baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi berlebihan dan dalam jangka panjang.



5. Hindari Minuman dan Makanan yang Mengandung Kafein


Makanan dan minuman seperti kopi, teh, coklat yang mengandung kafein bisa menyebabkan insomnia dan membuat anda terjaga sepanjang malam. Kafein dapat memberikan dorongan energi dan kewaspadaan yang sering digunakan agar membuat kita terjaga lebih lama. Oleh karena itu hindarilah mengonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman berkafein sebelum tidur.



6. Gunakanlah Tempat Tidur Hanya untuk Tidur


Jangan mengerjakan aktivitas atau pekerjaan di tempat tidur, apalagi aktivitas tersebut memeras pikiran juga emosi karena hal tersebut bisa menyebabkan seseorang terkena insomnia. Anda bisa aktivitas tidak dengan posisi tiduran di atas tempat tidur karena itu bisa membuat anda cepat bosan dengan suasana tempat tidur anda sendiri dan akan berujung pada insomnia.


Memadamkan lampu saat tidur

7. Padamkan Lampu


Menurut penelitian bahwa tidur yang sehat adalah tidur dalam kondisi yang gelap. Lampu yang padam bukan hanya berguna bagi kesehatan namun lampu yang dipadamkan juga bisa mengobati insomnia pada seseorang. Ketika tidur dengan kondisi lampu yang menyala dan terang bisa membuat pusing juga membuat mata menjadi silau sehingga akan membuat anda sulit untuk terlelap.



8. Jangan Menaruh TV di Dalam Kamar


Berbagai acara televisi yang menarik tentunya sulit untuk dilewatkan sehingga membuat seseorang mudah terserang insomnia. Maka agar insomnia dapat segera menghilang, letakanlah televisi di luar kamar tidur, tindakan tersebut lebih baik daripada menaruh televisi di dalam kamar tidur anda.



9. Makan Malam Sebelum Tidur


Agar perut tidak kosong, saat hendak tidur anda perlu makan malam terlebih dahulu. Namun hendaknya makan malam ini dilakukan kurang lebih dua jam sebelum tidur, supaya makanan dapat dicerna terlebih dahulu ketika tubuh masih terbangun.


Berdoa sebelum tidur


10. Berdo’a lah Sebelum Tidur


Berdo'a adalah salah satu cara untuk tidur saat menderita insomnia. Karena dengan berdo’a hati dan pikiran kita akan menjadi lebih tenang, sehingga akan cepat menimbulkan rasa kantuk karena bedo'a menimbulkan rasa nyaman. 


-


Itulah beberapa tips cara mengatasi susah tidur dan menghilangkan ketergantungan anda akan obat tidur. Gaya hidup yang sedang trend di zaman modern ini juga ikut andil sebagai penyebab insomnia yang banyak dialami orang. 


Namun jika insomnia yang anda alami tetap saja terjadi segeralah hubungi dokter untuk melakukan konsultasi dan juga mendapatkan jalan keluar yang terbaik untuk anda. 

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang