Bagaimana aku memilih batu permata?

Dilihat 1,74 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Carilah satu yang menurutmu bagus.

Beneran, itu doang. Nilai dari permata yang kamu beli untuk disimpan sebenarnya sepadan dengan nilai yang kamu taruh ke keindahannya.

Jika kamu bertanya tentang bagaimana cari permata untuk investasi atau di harga yang bagus, maka berikut tips singkat:


Beli lup. Lup 10x milik perhiasan akan baik-baik saja untuk kebanyakan aplikasi. Lihat batu baik dari muka dan melalui dasarnya. Lihat melalui muka dengan cahaya atas, gerakkan untuk melihat bagaimana cahaya masuk melalui itu dan daerah gelap di batu di mana tidak ada cahaya yang dikembalikan.. Batu dengan daerah gelap yang sedikit dan sedikit cahaya yang melaluinya semakin bagus.


Lihat melalui dasarnya, lihat kalau ada inklusi - kesalahan, retakan, atau ketidaksempurnaan di batu. Idealnya batu harusnya ‘sebersih mata’, tapi kesalahan kecil, tidak berstruktur biasanya bisa diterima.

Dengan lup, lihat potongan seginya. Garis harusnya bergabung dengan rapih dan tanpa simpul yang tidak sejajar,

Harusnya tidak ada goresan di permukaan batu. Lihat bentuk keseluruhan, harusnya simteris sepanjang sumbu utama.


Inilah hal yang bisa kamu lakukan dengan gampang selama memeriksa batu dengan penjual. Jika penjual adalah pemilik toko dan dia bilang kalau batu itu tipe tertentu, bilanglah safir, hampir pastinya. Penjual permata jangka panjang tidak akan merusak reputasinya, atau reputasi industrinya, dengan cara memberikan batu yang palsu. Tapi kalau kamu tidak yakin, mereka harusnya bisa berikan sertifikat dari lab untuk tipe yang lebih barharga.


Jika batunya terlihat sempurna, dan harganya rendah, kemungkinan dibuat dengan mesin dan bukan alami. Berhati-hatilah jika terlaluu bersih dan terlalu murah dan kamu dibilang itu batu alami, khususnya safir dan ruby. Tidak ada yang salah dengan batu buatan, selama kamu tahu yang kamu beli.


Juga ada masalah warna - bagian utama dari nilai permata. Umumnya kamu mencari batu yang tidak begitu gelap dan tidak begitu terang, dengan warna yang ‘benar’ untuk tipe permata dan tidak ada warna yang tidak diinginkan - biru tanpa hijau untuk safir, merah tanpa coklat untuk ruby.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang