Bagaimana aku memulai yoga?

Dilihat 2,59 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Yoga merupakan sebuah jalan hidup, bukan hanya sekedar olahraga. Yoga memiliki arti "Keseimbangan/Kesatuan/Integrasi".Ashtang (8 aturan) Yoga, terdiri dari 8 langkah. Pertama - tama mari kita lihat teorinya. Pahami lalu mulailah mempraktekkannya.. Ashtanga yoga terdiri dari 8 langkah. Langkah terakhir dari Yoga (atau tujuan dari Yoga) adalah pencerahan atau Samadhi.


  1. Yama: Ada serangkaian aturan dalam Yoga. Bagi seseorang yang mempelajari yoga, ini adalah langkah pertama. Ada lima prinsip dari yang merupakan bagian dari Yama; Kelembutan, Kebenaran, Kejujuran, Pengawasan diri, dan Keikhlasan.
  2. Niyam: Ada serangkaian aturan yang harus diikuti oleh orang yang mempelajari yoga. Ada lima prinsip yang membentuk Niyam: Kebersihan, Kepuasan, Pembelajaran diri, Pertapaan, berserah diri.
  3. Asana: Setelah seseorang mahir melakukan kedua aturan pertama, dia dapat mulai belajar mengenai Asana atau gerakan Yoga yang membantu dalam mendisiplinkan tubuhnya. Hanya tubuh yang sehat dapat memiliki pikiran yang sehat. Karena itu menjaga kesehatan tubuh membantu dalam mengikuti langkah - langkah yoga. Ada ratusan Asana dalam Yoga.
  4. Pranayama: Pranayama merupakan langkah keempat yang terkait dengan menguasai teknik pernapasan. Prana berarti energi vital dan Yama berarti kendali. Jadi, Pranyama adalah tentang mengendalikan energi vital. Pranayama terdiri dari 3 langkah utama. Pranayama terdiri dari 3 langkah utama : a) Poorak - Inspirasi atau mengambil nafas; b) Rechak - Penghembusan atau mengosongkan paru - paru; c) Kumbhak - Ini merupakan langkah yang paling penting. Kumbhak merupakan pemberhentian sementara di antara penarikan dan penghembusan nafas. Hal terpenting dari Pranayama adalah menguasai Kumbhaka dan meningkatkan waktu menahan nafas. Di India, kehidupan seseorang ditentukan dari jumlah nafas yang dia ambil. Karena itu, jika sseorang dapat menguasai Kumbhaka, hal tersebut akan meningkatkan harapan hidup orang tersebut. Ada 8 jenis Pranayama, yang terakhir adalah tidak bernafas dalam waktu yang cukup lama.
  5. Pratyahara - Pratyahara berarti menarik diri dari informasi eksternal. Hal ini juga berarti mengendalikan 5 panca indera. Kabarnya dengan menguasai langkah 3 dan 4, Pratyahara akan dikuasai dengan alami.
  6. Dharana. Dharana berarti konsentrasi. Kerika seseorang memintamu untuk bermeditasi pada seluruh jagat raya, dan menyadari mengenai segala sesuatu. kamu pada akhirnya akan menemukannya. Karena itulah sebelum mulai bermeditasi, kamu harus melatih konsentrasi. Kamu hanya bisa memiliki kesadar terhadap alam semestar jika kamu memiliki kemampuan untuk menyadari segala hal kecil.
  7. Dhyan: Ini merupakan langkah dari konsentrasi. Dhyan berarti meditasi. Mulai dari berfokus pada satu titik, kamu akan memiliki kesadaran terhadap alam semester. 
  8. Samadhi: Langkah in juga dikenal dengan langkah kebahagiaan abadi. Hal ini berarti integrasi. Dalam langkah terarkhi ini, seseorang akan menyadari mengenai kesatuan dari alam semesta. Segala hal menjadi satu.

Beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam Yoga:

  • Tujuan dari asana bukan hanya untuk mencapai postur tertentu. Misanya, kalau kamu berusaha untuk menyentuk ujung kakimu, tujuannya bukan hanya untuk menyentuk ujung kakimu, tapi untuk menyentuhnya dan menahan posisi tersebut selama yang kamu bisa.
  • Mulailah dengan 30 detik. Tahan posisimu selama 30 detik dan perlahan mulai tingkatkan waktunya.
  • Jangan terlalu cepat melakukan sesuatu. Yoga merupakan hal yang bersifat pertapaan dan harus dilakukan dengan perlahan. Nikmatilah perasaan terhubung dengan tubuhmu. Jangan terlalu sibuk berusaha untuk mencapai sesuatu.
  • Jangan melakukan perubahan gerakan dengan tergesa - gesa dan menyentak.
  • Nikmatilah regangan otomu. Setiap otot yang kamu regangkan mungkin menimbulkan rasa sakit. Belajarlah untuk menikmatinya. Kamu akan menyukainya karena hal tersebut akan membuat kamu relaks.
  • Seimbangkan segal sesuatunya. Kalau kamu membungkuk ke depan, bengkokan juga tubuhmu ke belakang. Kalau kamu meregangkan ke kiri, jangan lupa lakukan pada bagian kanan juga. Keseimbangan ada kunci dari yoga.
  • Lakukan dengan perlahan dan penuh kesadarah. Ini merupakan bagian yang paling penting.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang