Bagaimana anda mengatasi radang tenggorokan?

Dilihat 239 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Radang tenggorokan biasanya bertahan 1 hingga 3 hari. Anda tak bisa mengatasi lapisan tenggorokan yang bengkak berwarna merah secara permanen, tapi anda bisa membuatnya terasa lebih baik untuk saat ini, esok hari, hingga hilang. Banyak hal kelihatannya dapat membuat tenggorokan anda terasa lebih baik dalam jangka waktu pendek (contoh cokelat panas, sup, teh, jus jeruk, es loli, dll...) yang sebenarnya berujung memperburuk rasa sakitnya karena mereka mengiritasi lapisannya, anda hanya tidak bisa mengatakannya saat mereka meredakan sakitnya sedikit.


Sebagai contoh, dulu seorang dokter memberitahu saya untuk berkumur dengan air dan sedikit hidrogen peroksida di dalamnya, berasumsi bahwa itu akan membunuh virus/bakteri dan menyebabkan rasa yang lebih baik di tenggorokan. Memang itu membunuh sesuatu, yang mungkin menyebabkan radangnya tidak bertahan begitu lama, tapi tidak membantu banyak untuk rasa sakitnya. Jadi, saran nomer #1 adalah biasanya berkumur beberapa kali dengan air (yang sedikit lebih hangat daripada suhu ruang) dengan sedikit garam di dalamnya (layaknya dokter gigi yang menyuruh anda seperti itu terhadap gusi yang terluka) dan itu juga bertujuan untuk menenangkan lapisan yang radang. (Saya tak yakin berapa lama rasa sakitnya akan bertahan, tapi anda bisa melakukan ini sesering mungkin sesuka anda).


Sains di balik mengapa air garam bisa bekerja: Saat bagian tubuh terluka, bahan-bahan kimia dilepaskan untuk melebarkan pembuluh darah yang terkecil di area itu. Pelebaran ini berfungsi untuk meningkatkan aliran darah yang juga mengandung sel untuk melawan infeksi agar tak bocor ke area yang terluka (kita mengenal ini sebagai pembengkakan). Air garam membersihkan, mengurangi pembengkakan melalui osmosis. Karena air garam membilas lapisan yang bengkak, ada konsentrasi garam yang lebih tinggi ketimbang yang dikandung lapisan itu sendiri, inilah saatnya osmosis melakukan apa yang terbaik (memulihkan keseimbangan). Osmosis berfungsi untuk menyeimbangkan konsentrasi garam pada kedua sisi lapisan membran sel. Karena molekul garam terlalu besar untuk melewati membran berporinya, tak ada pilihan lain selain mengijinkan kelebihan cairannya keluar. Dengan cairan yang lebih sedikit pada lapisan itu artinya lebih sedikit juga tekanan. Lebih sedikit tekanan artinya lebih sedikit rasa sakit.


Hal-hal lain yang biasanya adalah obat-obatan anti inflamasi (Advil, Aleve, dll....) dan vitamin C mungkin membantu radang tenggorokan tapi tidak bertahan lama, tapi mereka tidak akan membuat lebih baik dengan cepat. Dan tentu saja semakin banyak air yang anda minum dan lebih banyak anda tidur, anda akan lebih sedikit menderita terhadap radang tenggorokannya dan permasalahan hidung/dada yang biasanya mengiringinya.

Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang