Bagaimana biokimia berhubungan dengan farmasi?

Dilihat 493 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Biokimia adalah ilmu yang mempelajari kimia yang mendasari fenomena makhluk hidup. Biokimia berasal bahasa Yunani, yaitu kata 'bios' yang berarti kehidupan dan 'chemis' yang berarti kimia. Dengan kata lain biokimia merupakan ilmu yang mempelajari reaksi-reaksi kimia atau interaksi molekul dalam sel hidup. Dalam perkembangannya, biokimia sangat erat hubungannya dengan kehidupan sehari-hari terutama dalam hal kesehatan tubuh. Bidang yang sangat berhubungan dengan biokimia adalah kedokteran, farmasi, pertanian, dan ilmu biologi. Kesehatan merupakan bagian dari biokimia karena di dalamnya terdapat reaksi terjadinya penyakit, sehingga kamu bisa mengetahui cara pencegahan suatu penyakit yang akan menyerang tubuh. Biokimia adalah kimia makhluk hidup dimana mempelajari molekul dan reaksi kimia terkatalisis oleh enzim yang berlangsung dalam semua organisme. Pengertian kimia itu sendiri adalah merupakan cabang dari ilmu fisika yang mempelajari susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi. Dengan mempelajari biokimia maka kamu akan lebih mudah untuk menjaga kesehatan tubuh dan melakukan pemeliharaan kesehatan tubuh agar dapat mempertahankan kehidupan selanjutnya. Demikian juga dengan cara pengobatan yang tepat dimana ada kaitannya dengan farmasi yang bisa membuat obat untuk menyembuhkan penyakit di dalam tubuh sehingga dapat sembuh dengan baik.

Reaksi-reaksi yang dapat ditimbulkan tentang makhluk hidup akan kamu pelajari pada biokimia tidak hanya pada manusia tapi juga pada semua makhluk hidup. Bagaimana biokimia berhubungan dengan farmasi? Tentunya kamu ingin mengtahui secara rinci kaitannya dengan farmasi. 


biokimia

Penerapan Biokimia Dalam Kehidupan Manusia


Ternyata, biokimia adalah ilmu yang mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Adapun dampak yang bermanfaat untuk kehidupan manusia adalah: 

  • Dalam bidang kesehatan dan farmasi, kamu dapat memelihara kesehatan dengan adanya biokimia kamu dapat mencegah terjadinya penyakit dan mengobatannya dengan tepat. Selain itu biokimia dapat menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan farmakologi dan toksikologi karena keduanya berhubungan dengan pengaruh bahan kimia terhadap metabolisme. Biokimia tidak hanya mengungkapkan reaksi yang terjadi dalam tubuh kita tetapi memberitahu kita fungsi yang mendasari mekanisme obat yang diperlukan.
  • Dalam bidang gizi dan makanan biokimia mempunyai peranan dalam bidang gizi terutama makanan yang kamu makan sehari-hari apabila tidak memenuhi gizi yang diperlukan oleh tubuh maka tubuh akan kekurangan asupan gizi sehingga mudah terserang penyakit terutama pada anak-anak. penyakit yang sering ditimbulkan akibat dari kekurangan gizi adalah infeksi. Untuk itu jaga pola makanan dengan baik dengan gizi yang cukup sehingga daya tahan tubuh akan terjaga dengan baik. 
biokimia


  • Dalam bidang pertanian, biokimia ternyata berperan dalam penanganan masalah tanah, pupuk dan pembasmi hama pestisida dimana pestisida bekerja dalam menghambat enzim sehingga tanaman akan terhindar dari hama yang menyerang tanaman. Dalam kasus ini, biokimia berperan meneliti mekanisme kerja pestisida sehingga dapat mencegah dampak negatif yang dapat merusak lingkungan hidup. Dalam bidang pertanian biokimia dapat berperan meningkatkan produksi pertanian dengan memberikan pupuk yang tepat untuk tanaman sehingga tanaman menjadi subur dan hasil yang berlimpah dan sekaligus dapat mencegah terjadinya kerusakan lingkungan akbat dari penggunaan bahan kimia yang digunakan untuk membunuh hama tanaman.
  • Penerapan pada bidang peternakan dan perikanan biokimia adalah suatu bidang yang berkaitan dengan ilmu peternakan dan perikanan dimana dilihat dari proses pemeliharaan fungsi produktifitas ternak dan perikanan agar dapat  meningkat hasil secara maksimum. Hal ini bisa dilihat dari proses pencernaan berlangsung secara optimal jika enzim-enzim yang dibutuhkan tersedia dalam jenis dan jumlah yang tepat. Dengan demikian perlu pemahaman reaksi-reaksi enzimatis yang terjadi dalam saluran pencernaan. Dan dapat meningkatkan efisiensi reaksi. Misal dengan memberi makan ayam broiler yang mengandung zat yang dibutuhkan oleh ternak ayam sehingga meningkatkan produksi telurnya.

biokimia


Biokimia adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan makhluk hidup yang dilihat dari unsur kimianya.Tidak banyak yang menyadari bahwa biokimia dapat bermanfaat pada kehidupan manusia sehari-hari dan selalu berhubungan dengan lingkungan disekitar kita. Dengan mempelajari biokimia diharapkan dapat mencegah reaksi kimia dan meningkatkan kewaspadaan pada reaksi yang ditimbulkannya. dalam ilmu farmasi biokimia berhubungan dengan pencegahan terhadapat suatu penyakit dengan racikan obat yang tepat maka penyakit dapat disembuhkan.


Hubungan Biokimia Terhadap Farmasi 

Dalam kehidupan sehari-hari manusia membutuhkan unsur- unsur molekul dalam biokimia yang dibutuhkan oleh tubuh antara lain:

  • Karbohidrat, dalam karbohidrat terdapat monosakarida yang terdiri dari beberapa jenis diantaranya glukosa, flukosa, dan deoksiribosa. Dalam karbohidrat terdapat unsur yang menyusun yaitu karbon, hidrogen dan oksigen. Karbohidrat diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan energi dengan kata lain karbohidrat sebagai sumber energi bagi makhluk hidup.
  • Asam Nukleat dimana asam ini yang menyusun DNA sebagai zat yang sangat penting karena fungsinya untuk menyimpan informasi genetik. Ada dua asam nukleat yang umum ,yaitu deoksiribonukleat (DNA) dan ribonukleat (RNA).
biokimia


  • Protein molekul yang sangat besar yang terdiri dari monomer yang disebut asam amino. Ketika asam amino bersatu maka akan membentuk ikatan khusus yang disebut ikatan peptida dan menjadi polipeptida atau protein.
  • Lipid adalah lemak yang terdiri dari satu gliserol dan trigliserida. Trigliserida terdiri dari satu molekul gliserol dan tiga asam lemak. Unsur yang menyusun lipid di antaranya karbon, hidrogen, dan oksigen. Lipid, terutama fosfolipid banyak digunakan sebagai produk farmasi.
  • Vitamin, vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap suatu penyakit. Vitamin sangat berperan penting dalam pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan dan meningkatkan fungsi-fungsi metabolisme tubuh agar berjalan normal.

Dengan melihat penjelasan di atas maka diketahui bahwa biokimia mempunyai hubungan yang erat dengan farmasi. Dilihat dari pengertian kimia biokimia tidak hanya mengungkapkan reaksi dan perubahan materi yang terjadi dalam tubuh kita, tetapi memberitahu kita fungsi yang mendasari mekanisme obat dan menunjukkan cetak biru untuk desain obat di masa depan. Sebagai contoh kamu belajar enzim yang meliputi nomenklatur tentang sifat mekanisme, aksi, dan faktor yang mempengaruhi kegiatannya. Kemudian ketika kita mengalami beberapa tindakan yang tidak diinginkan yang menyebabkan panyakit dikatalisasi oleh enzim spesifik, sehingga dapat merancang inhibitor untuk menahan kegiatan contohnya statin digunakan dalam menghambat biosintesis kolesterol sehingga orang bisa menaggulangi kelebihan kolesterol dengan meminum obat tersebut. Dengan demikian biokima sangat erat hubungannya dengan farmasi untuk bisa mencegah terjadinya suatu penyakit dengan memberikan pengobatan secara tepat dan obat yang sesuai dengan reaksi yang ditimbulkannya pada suatu penyakit dalam tubuh.



Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang