Kenapa berkumur dengan air garam hangat bisa membantu meringankan radang tenggorokan?

Dilihat 349 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1



Menderita radang tenggorokan tentunya sangat menyiksa dan dapat mengganggu aktifitas sehari-hari. Radang tenggorokan akan menyebabkan rasa sakit di tenggorokan, rasa sakit menelan, baik menelan ludah maupun makanan dan minuman. Penyakit ini merupakan penyakit yang sangat sering ditemukan di masyarakat dan dapat dialami oleh siapa saja dari bayi sampai orang lanjut usia. Namun, beberapa orang seperti perokok, anak-anak, mereka yang menderita alergi dan mereka dengan sistem kekebalan yang lemah lebih beresiko untuk terkena radang tenggorokan.


Dalam istilah kedokteran, radang tenggorokan disebut faringitis, yaitu diartikan sebagai peradangan yang terjadi pada bagian faring. Faring merupakan daerah yang terletak pada bagian belakang tenggorokan, meliputi sepertiga belakang lidah, langit-langit mulut bagian belakang, tonsil/ amandel. Ada berbagai faktor yang menyebabkan seseorang mudah terkena radang tenggorokan, namun penyebab yang paling umum ditemukan adalah virus atau bakteri. Penyebab radang tenggorokan lainnya antara lain, alergi, iritasi dan kekeringan pada tenggorokan. Pada banyak kasus, radang tenggorokan yang disebabkan virus akan hilang dengan sendirinya, namun radang tenggorokan yang disebabkan infeksi bakteri biasanya membutuhkan perawatan medis atau dengan antibiotik. 


Sebenarnya ada cara mengobati radang tenggorokan yang dapat anda lakukan dirumah tanpa harus pergi ke dokter, yaitu dengan mengunakan obat alami radang tenggorokan. Namun perlu dicatat bahwa penggunaannya ditujukan untuk radang tenggorokan ringan yang disebabkan oleh virus dan lainnya, bukan radang yang disebabkan oleh bakteri, karena mau tidak mau harus menggunakan antibiotik yang diresepkan oleh dokter, mengingat bahaya komplikasinya. 

Nah, jadi bagaimana cara mengobati radang tenggorokan secara alami tanpa harus ke dokter? Penasaran kan? Kalau begitu, baca terus artikel ini sampai habis ya.  


Mengobati Radang Tenggorokan dengan Air Garam Hangat




Berkumur dengan air garam hangat adalah pengobatan alami cara lama untuk meringankan radang tenggorokan. Meskipun cara mengobati radang tenggorokan ini tidak langsung menyembuhkan tetapi bisa mengurangi iritasi dengan cara mengembalikan kadar pH di tenggorokan. 


Air garam hangat meringankan radang tenggorokan karena garam berperan sebagai pembersih yang menghilangkan lendir yang berlebihan. Sedangkan air hangat meningkatkan aliran darah ke bagian tenggorokan yang teriritasi dan dapat mempercepat proses pemulihan. 

Cara membuatnya :

  • Sediakan air hangat satu gelas ( 240 ml )
  • Tambahkan ¼ sampai ½ sendok teh garam, campur keduanya lalu aduk sampai rata.
  • Berkumurlah sekitar 30-60 detik, dengan kepala menengadah ke atas agar mengenai tenggorokan (hati-hati melakukannya jangan sampai masuk ke saluran nafas).
  • Disarankan melakukannya tiga kali dalam sehari.

Ketika air garam masuk di tenggorokan, larutan tersebut membantu menetralisir asam di tenggorokan dan memulihkan keseimbangan pH alami yang telah rusak akibat radang tenggorokan. Dengan melakukan ini, sensasi terbakar hilang dan iritasi di membran mukosa berkurang, yang dapat mempercepat penyembuhan. Selain menetralkan asam, berkumur dengan air garam membantu membersihkan lendir yang berlebih dan tidak diinginkan serta meningkatkan aliran darah ke tenggorokan. Pembuluh kapiler menjadi besar, yang membuat sel-sel yang melawan infeksi bersikulasi lebih cepat.  


Obat Alami Radang Tenggorokan




Selain bekumur dengan air garam hangat, ada juga beberapa obat alami radang tenggorokan lainnya yang bisa dengan mudah didapat di sekitar kita, yaitu:

  • Perbanyak Asupan Cairan 

Hal yang sangat penting adalah memastikan agar tubuh Anda tidak kekurangan cairan. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik sangatlah penting, apalagi sedang sakit, khususnya radang tenggorokan. Minumlah dengan cukup sehingga air kencing anda berwarna kuning jernih atau bening 

Minum air yang cukup akan membuat mukosa atau dinding tenggorokan Anda selalu lembap, mengencerkan dahak bila terdapat dahak yang kental dan membantu tubuh melawan infeksi kuman. Untuk menjaga agar tidak jatuh ke dalam keadaan dehidrasi, Anda tidak melulu harus minum air putih, namun juga boleh minum air teh, air dari makanan seperti sup atau juga susu.


  • Madu dan Lemon

Madu terbukti memiliki sifat anti bakteri, anti virus, dan anti jamur sedangkan kandungan astringen di dalam buah lemon dapat meredakan dan mengobati sakit tenggorokan, Cara menggunakannya mudah, yaitu minumlah secangkir air hangat yang dicampur dengan satu sendok makan lemon dan satu sendok makan madu. Campuran ini dikenal sebagai obat ampuh untuk atasi sakit tenggorokan. Jika tidak ada lemon, satu sdm madu tanpa tambahan air juga bisa mengurangi sakit tenggorokan karena madu adalah antibiotik alami. Tapi sebaiknya madu tidak diberikan pada anak-anak di bawah usia dua tahun.


  • Membuat Minuman Jahe (Wedang Jahe)

Jahe memiliki sifat ekspektoran, yang berarti membantu melonggarkan dan mengeluarkan lendir dari sistem pernapasan Anda (termasuk lendir ekstra di tenggorokan). Jahe meningkatkan oksigen ke sel-sel, membilas racun, dan mempercepat proses penyembuhan. Caranya, siapkan jahe segar seperlunya saja, tumbuk , kemudian seduh dengan air panas. Agar rasanya semakin nikmat, tambahkan beberapa sendok madu alami. 


  • Cengkeh

Cengkeh juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal sakit tenggorokan. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya membutuhkan 1-3 sendok teh cengkeh bubuk (Jika tidak tersedia dalam bentuk bubuk maka yang masih utuh pun bisa dimanfaatkan, namun perlu ditumbuk dahulu supaya nutrisinya dapat larut ke dalam air) dan segelas air matang. Campurkan cengkeh kedalam air, lalu gunakanlah untuk berkumur. Cengkeh mempunyai sifat antibakteri dan anti radang yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.


  • Menghirup uap panas

Obat kuno lain untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah menghirup uap. Taruh air panas dalam panci lalu letakkan di depan Anda. Pakailah handuk di kepala untuk mencegah uap menyebar. Hirup uap dari panci tak hanya melalui hidung tapi sesekali juga melalui mulut.


  • Teh Hangat

Segelas teh hangat dapat dengan cepat meredakan rasa tak nyaman karena radang tenggorokan. Teh dipercaya mengandung banyak antioksidan yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membantu melawan infeksi. Teh tersebut boleh dicampur dengan lemon dan madu, karena kesemuanya juga bagus untuk mengobati radang tenggorokan.Usahakan untuk tidak menambahkan gula.


  • Sup Ayam

Makanan sederhana yang biasa kita temukan ini ternyata dapat menjadi obat alami sakit tenggorokan. Selain rasanya yang enak, ternyata kaldu sup ayam yang mengandung natrium dapat membantu meredakan nyeri tenggorokan. Hal ini disebabkan karena kaldu tersebut mempunyai efek anti radang. Sup ayam juga dapat menjadi alternatif menu makanan Anda, karena biasanya nafsu makan penderita sakit tenggorokan akan berkurang. Dengan menjaga asupan nutrisi yang dibantu dengan sup ayam, tubuh tidak akan kekurangan energi untuk melawan proses infeksi yang terjadi di dalam tubuh. 




Nah itulah artikel mengenai cara mengobati radang tenggorokan secara alami. Hal yang perlu anda ingat, selain melakukan hal tersebut di atas, anda juga harus istirahat yang cukup. Pada dasarnya radang tenggorokan akan sembuh dengan sendirinya seiring membaiknya sistem kekebalan tubuh. Namun sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut apabila radang tenggorokan tersebut tidak membaik selama lebih dari 2 minggu atau sudah beberapa kali mengalami radang tenggorokan namun tidak bisa diredakan dengan obat-obatan tanpa resep atau pun dengan cara yang alami. 

Terjawab 12 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang