Bagaimana bisa gel rambut, krim dan minyak rambut itu berbeda?

Dilihat 628 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Seiring perkembangan tren, banyak para pria yang menjadikan rambutnya terlihat lebih klimis dan rapi.  Minyak rambut adalah properti wajib bagi pria untuk menata rambut mereka agar tampak bergaya dan menarik namun tetap terkesan natural. Banyaknya jenis minyak rambut tersebut mungkin akan membuat anda bingung produk apa yang terbaik, paling cocok untuk penampilan, dan yang lebih sehat untuk rambut anda. Jangan sampai asal pilih dalam penggunaannya.

Untuk dapat membentuk gaya rambut, berbagai jenis minyak rambut tersedia di pasaran.  Ada beberapa perawatan khusus yang dapat menjadikan penampilan pria menjadi semakin menarik, misalnya dengan menggunakan minyak rambut. Karena pria pada umumnya hanya mengenal wax, pomade, dan gel, kebanyakan tidak mengetahui bahwa ada berbagai jenis minyak rambut yang dapat digunakan untuk menunjang penampilan mereka sehari-hari. Apakah anda tahu perbedaannya? Untuk lebih mengenal jenis minyak rambut pria, baca terus artikel di bawah ini, kami telah merangkumnya untuk anda.


Berbagai Jenis Minyak Rambut Pria

Berikut adalah berbagai jenis minyak rambut  pria yang dapat dipakai sehari-hari.

  • Wax


Wax adalah minyak rambut yang terbuat dari bahan minyak wax atau lilin. Wax bentuknya kental, cocok jika Anda ingin mempertajam rambut Anda. Minyak rambut satu ini sempurna untuk membuat style rambut keren yang agak berantakan. Teksturnya seperti gel, namun hindari pemakaiannya jika jenis rambut anda lemas dan panjang karena wax ini dinilai terlalu berat untuk rambut jenis ini. Wax juga agak sulit dibersihkan dari rambut meskipun sudah pakai shampoo. Di era modern sekarang ini, wax lebih banyak digemari karena lebih cepat kering dan tidak mengandung alkohol. Selain itu, wax juga dianggap sebagai minyak rambut ajaib karena dapat menghasilkan tatanan rambut yang bermacam-macam dan bisa memberikan efek pada rambut yang tipis agar tampak lebih lebat. Produk ini mampu membuat rambut lebih kaku sekaligus terlihat basah, namun rambut masih bisa ditata ulang tanpa meninggalkan rasa lengket. Terdapat beberapa jenis wax yang dijual secara umum seperti Solid Wax, Gel Wax, dan Cream Wax


  • Pomade


Produk satu ini membuat rambut Anda berkilau, rapi, dan lembut. Jenis minyak rambut pomade mirip seperti wax, tapi teksturnya lebih seperti krim dan lebih mudah untuk digunakan. Pomade mengendalikan rambut yang sulit diatur dan menambah kelembutannya. Minyak rambut pomade membuat rambut lebih berkilau dibandingkan wax. Efek pemakaian minyak ini dapat membuat rambut tampak basah dan berkilau. Karena sifatnya yang dapat menjadikan rambut lebih kaku dan pelembabnya yang awet, lebih sering digunakan untuk penataan rambut gaya Afro. Tidak seperti gel, minyak rambut pomade tidak membuat rambut Anda menjadi kering dan memungkinkan Anda untuk menata gaya rambut apapun sepanjang hari. Saat ini pomade telah menjadi minyak rambut yang sangat populer di kalangan pria karena terbukti mampu mempertahankan bentuk rambut lebih lama dari produk perawatan rambut lainnya. Salah satu produk pomade yang bagus dan populer adalah pomade suavecito.

Secara umum pomade terbagi menjadi dua kategori utama:

  1. Oil-based. Oil-based pomade atau pomade berbasis minyak tidak larut dalam air. Minyak rambut pomade ini mampu bertahan dalam waktu lama ketika sudah diaplikasikan di rambut. Oil-based pomade lebih licin dan memberikan efek yang lebih mengkilap pada rambut. Dalam pemakaiannya, oil-based pomade akan terasa sedikit berat pada rambut dan akan meninggalkan sisa minyak setelah seharian dipakai. Untuk membersihkannya butuh sekitar 2-3 kali keramas. Namun, oil-based pomade biasanya dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan water-based pomade.
  2. Water-based. Pomade berbasis air ini dianggap sebagai pomade yang bagus karena lebih ramah bagi rambut kita. Pomade jenis ini diciptakan agar rambut kita tidak berminyak namun tetap mendapatkan performa natural yang sama seperti oil-based pomade. Water-based pomade pada dasarnya merupakan modernisasi dari oil-based pomade. Karena pomade ini berbasis air, maka dalam penggunaannya akan terasa lebih kering beberapa saat setelah diaplikasikan ke rambut. Selain itu, water-based pomade terasa lebih ringan ketika digunakan. Untuk membersihkannya pun cukup dalam sekali keramas. Sayangnya  jenis pomade yang bagus ini biasanya memiliki harga lebih mahal dibanding oil-based pomade.
  • Gel


Gel membuat rambut kaku. Sama dengan wax dan pomade, gel juga memiliki tingkat kekuatan dari yang biasa saja sampai gel yang paling kuat. Biasanya digunakan pada rambut yang masih basah untuk menjaga rambut tetap rapi dan mengkilap. Gel juga lebih dianjurkan untuk pria dengan rambut kaku agar lebih mudah menata rambut sesuai dengan gaya yang disukai. Tatanan rambut dengan gel banyak menjadi favorit pria karena rambut menjadi mudah diatur dan lebih kuat. Gel adalah salah satu jenis minyak rambut yang lebih kasar, kaku, dan keras dibanding hair wax. Produk ini mengandung resin tang yang dapat melapisi rambut dengan kuat dan kaku, namun tetap membuat rambut terlihat basah dan berkilau berkat kandungan air di dalamnya. Hair gel sangat cocok digunakan bagi anda yang suka gaya rambut spike seperti mohawk. Namun hair gel memiliki kelemahan yakni kandungan air di dalamnya membuat produk ini tidak bisa bertahan lebih lama pada rambut dan banyak orang yang mengeluhkan bahwa gel membuat rambut menjadi banyak serpihannya.


  • Serum


Apabila rambut Anda keriting dan cenderung kering, serum adalah minyak rambut yang tepat. Serum berupa cairan yang digunakan dengan cara disemprotkan ke rambut. Serum berfungsi membuat rambut menjadi lebih lembut, berkilau, dan biasanya tidak digunakan untuk membentuk tatanan rambut.


  • Mousse


Secara umum mousse memiliki dua jenis, ada yang berupa krim dan juga yang berbentuk cairan. Fungsinya adalah membuat rambut tampak lebih mengembang dengan tampilan yang lebih alami tanpa terlihat menumpuk. Aplikasikan mousse ketika rambut masih basah dan lembab, setelah itu ratakan dengan cara menyisirnya. Mousse biasanya dikeluarkan dari kaleng aerosol berupa foam. Mousse tidak cukup kuat untuk membentuk sebuah gaya rambu, tapi cukup bagus untuk membuat rambut terlihat mengembang dan bersinar dan mencegahnya kering. Mousse dapat digunakan untuk hampir segala gaya rambut pria. Jika mousse digunakan pada rambut basah, Anda bisa memberikan tampilan yang ramping, basah serta mengkilap. Sedangkan jika digunakan pada rambut kering, mousse akan menjaga bentuk dan tekstur rambut tetap alami. Kelebihan mousse adalah Anda dapat mengatur ulang gaya rambut sepanjang hari tanpa terlihat kaku. Kelemahannya jika digunakan terlalu banyak akan membuat rambut mengeras dan lengket.


  • Clay


Produk ini relatif baru untuk produk styling rambut pria. Fakta menariknya adalah produk ini benar-benar menggunakan bahan tanah liat dalam formulasinya. Bahan tanah liat yang paling sering digunakan dalam pembuatan clay ini adalah bentonite, yang merupakan bahan alami yang terbentuk dari pelapukan abu vulkanik. Clay berfungsi untuk membuat rambut terlihat lebih berisi dan mempertahankan struktur rambut Anda sepanjang hari. Meski dibuat dari bentonite, clay tidak terasa berat saat diaplikasikan ke rambut. Clay juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan produk-produk lainnya, yaitu:

  1. Clay mampu menarik kotoran dari rambut tanpa membuat rambut kehilangan minyak alami di dalamnya.
  2. Clay merangsang batang rambut dan kulit kepala sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan rambut.
  3. Clay kaya akan nutrisi dan mineral yang berguna memelihara rambut dan kulit kepala.
  4. Clay juga bisa sebagai kondisioner alami, membantu melembabkan dan menjaga kesehatan rambut.

  • Hair cream

Hair cream merupakan emulsi yang mengandung setting agent yang dapat mempengaruhi daya set pada rambut Anda. Hair cream mampu memberikan efek berkilau pada rambut berkat kandungan minyaknya. Tidak jarang produk hair cream yang sekarang ini beredar di pasaran telah dilengkapi bahan seperti minyak zaitun, chamomile, dan sebagainya. Jika rambut anda memiliki tipe tebal dan kasar, pilihlah minyak rambut bertekstur krim. Krim akan membuat rambut anda tampak lembut berkilau dan sehat.


  • Hair oil


Hair oil merupakan produk yang ditujukan sebagai perawatan rambut, bukan penataan gaya rambut. Hair oil adalah minyak untuk rambut yang mengandung berbagai macam esensial yang berfungsi melindungi rambut dari kerusakan, melembabkan rambut, serta mudah ditata dan memberikan efek kilau secara alami tanpa meninggalkan rasa lengket atau lepek. Kenapa bisa begitu? Karena hair oil mengandung sejumlah bahan alami sebagai berikut:

  1. Argan Oil: berguna untuk melindungi rambut dan membuatnya lebih halus, lembut, dan lurus.
  2. Coconut Oil: bermanfaat guna meningkatkan kesehatan rambut secara menyeluruh dengan masuk ke dalam batang rambut dan memperkuat titik-titik lemah dalam rambut.
  3. Almond Oil: mengandung vitamin A, B, dan E yang berguna meningkatkan kesehatan rambut dan memberikan bentuk rambut lebih padat dan bersinar.
  4. Olive Oil: menghidupkan rambut yang kering.
  • Hairspray


Hairspray mengandung styling agent yang mampu membuat dan mempertahankan tatanan rambut dengan kuat. Secara umum hairspray dibuat oleh bahan yang mengandung alkohol dan polimer, hampir mirip dengan yang terdapat pada cat namun bahan hairspray aman, fleksibel, dan cepat kering. Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan hairspray karena terdapat kandungan bahan kimia yang berpengaruh pada kesehatan rambut. Gunakan di saat tertentu saja seperti ketika hendak menghadiri acara penting.


Tips Menggunakan Minyak Rambut untuk Pria

Aturan pakai minyak rambut dan faktor kecocokan harus menjadi patokan ketika menggunakannya. Setidaknya ada tiga poin yang bisa Anda jadikan pertimbangan utama. Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda. Aturan pakai minyak rambut dan faktor kecocokan harus jadi patokan ketika menggunakannya. Setidaknya ada tiga poin yang bisa anda jadikan pertimbangan.

  • Ambil minyak rambut sedikit saja untuk menghindari pemakaian yang berlebihan. Gosoklah pada telapak tangan sebelum digosokkan ke rambut agar minyak rambut lebih hangat dan cepat merata. Jika kurang, anda cukup menambahkannya sedikit saja.
  • Saat memakainya, ratakan di seluruh kepala. Jangan sampai ada minyak rambut yang menggumpal atau lebih banyak pada satu sisi saja. Cek kembali setelah semua selesai.
  • Cobalah untuk menggunakan semua jenis minyak rambut secara bergantian. Tujuannya agar mendapatkan tatanan rambut yang berbeda-beda dan sesuai penampilan anda.

Sudah menemukan produk yang cocok untuk rambut Anda? Kalau sudah, berarti waktunya Anda berdandan dan bersiap untuk tampil oke. Ketika Anda sudah siap memutuskan untuk menggunakannya, jangan lupa juga untuk selalu membersihkannya dengan baik menggunakan shampoo secara rutin, dan gunakan kondisioner. Minyak rambut membantu dalam mengubah gaya rambut dalam waktu singkat sesuai selera anda, namun jangan digunakan secara berlebihan untuk menghindari kerusakan rambut. Selalu utamakan kesehatan rambut dan kulit kepala anda tiap hari dan penggunaan minyak rambut juga haruslah disesuaikan dengan jenis rambut.

Semoga bermanfaat.



Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang