Bagaimana bisa Indonesia bersatu dengan segala perbedaan yang ada?

Dilihat 270 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Saya tidak yakin apakah yang kamu tanyakan adalah mengenai apa yang terjadi di masa lalu, atau apakah Indonesia akan tertap bersatu ke depannya? Sebenarnya pertanya ini juga bisa ditujukan untuk negara - negara lain. Salah satunya Amerika yang memiliki banyak imigran dari Asia dengan berbagai budaya dan agama yang berbeda.


Berdasarkan pengamatan saya, ada dua alasan yang membuat manusia memilih untuk bersama : Memiliki tujuan yang sama atau memiliki latar belakang yang sama. Jadi bagaimana untuk mewujudkan kedua hal tersebut? Sayangnya, jarang yang termudah yang saya tahu adalah dengan memiliki musuh yang sama atau saat sama - sama merasa tertindas. 


Salah satu contohnya adalah OSPEK (Orientasi dan Pengenalan Kampus). Kita sering mendengar hal - hal yang buruk  tentang OSPEK, misalnya senior berbuat seenaknya terhadap juniornys, junior dipaksa membawa barang - barang yang tidak masuk akal yang tidak ada hgunanya dan berpakaian dengan bodoh. Semua itu dilakukan untuk menumbuhkan rasa solidaritas dan kesederhanaan dalam jiwa anak - anak baru. Bukankah itu bodoh? Tapi apa benar itu bodoh? Apakah ini masuk akal? Mungkin ini cukup masuk akal. Ketika para senior mempermalukan para juniornya, para junior memiliki musuh yang sama dan mereka merasa bahwa mereka memiliki pengalaman memalukan yang sama, sehingga mereka akan saling berbagi dan merasa dekat.

 
Hal inilah yang terjadi pada bangsa Indonesia selama 350 tahun. Yang pada akhirnya setelah adanya Sumpah Pemuda membuat seluruh bangsa Indonesia bersatu untuk tujuan yang sama KEMERDEKAAN. Ini merupakan hal yang alami. 


Saat ini, karena memiliki sumber daya yang terbatas, bangsa Indonesia bersaing untuk mendapatkan bagian yang lebih besar, untuk menjadi lebih kaya dan pada akhirnya sering terjadi korupsi. Sekarang pertanyaanya, apakah bangsa Indonesia bisa tetap bersatu? Atau mungkin lebih tepatnya, apa yang harus dilakukan untuk menghadapi masalah ini? 


Jawabannya adalah pemimpin yang kuat. Pemimpin yang kuat akan memberikan tujuan kepada bangsa Indonesia. Kita harus tetap ingat bahwa Indonesia masih jauh tertinggal dibanding negara - negara lain. Masih ada banyak sekali hal yang harus dilakukan agar kita bisa mengejar ketertinggalan kita. Dan hal tersebut jauh lebih penting daripada saling berdebat mengenai agama mana yang paling benar dan apa yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan. 


Kita harus memfokuskan perhartian kita untuk pengembangan teknologi dan melakukan berbagai perbaikan untuk dunia. Jadilah seperti Google, temukan obat untuk menyembuhkan AIDS & Kanker, lakukan perjalanan ke planet Mars, gunakan mobil elektrik, lakukan pengembangan untuk teknologi yang ramah lingkungan. Inilah hal - hal yang perlu dilakukan oleh bangsa Indonesia. 


Harus ada kompetisi antar provinsi. Kita harus bersaing untuk dapat berkompetisi. Adakan kebijakan otonomi regional agar setiap provinsi bersaing untuk menjadi yang terbaik. Provinsi yang terbaik (pejabatnya tidak korupsi, memiliki tata kelola daerah yang baik, dsb) akan mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat. Semoga presiden Jokowi dapat memenuhi 2 tugas utamanya.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang