Bagaimana cara cepat mengatasi dan menghilangkan kantung mata?

Dilihat 2,02 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Memiliki kulit wajah yang kencang dan halus merupakan dambaan setiap orang, khususnya bagi wanita. Berbicara tentang kantung mata, hal ini merupakan salah satu masalah yang kerap kali mengganggu penampilan wajah. 


Kantung mata dapat hinggap di wajah siapapun, tidak hanya orang tua, namun banyak anak-anak muda sekarang yang dihinggapi masalah serupa. Bagi mereka yang berusia tua, masalah kantung mata disebabkan karena penumpukan lemak di bagian dalam kulit di bawah mata, terjadi kekenduran otot mata, dan kelebihan kulit di area mata. 


Sedangkan bagi anak-anak muda biasanya kantung mata terjadi akibat pola tidur yang kurang teratur, sering tidur larut malam, faktor genetik (keturunan) atau gaya hidup yang kurang sehat.


Bagaimana cara menghilangkan kantung mata? Pertanyaan ini pasti sering terlintas dalam benak kita. Karena meskipun tidak berbahaya, namun memiliki kantung mata yang tampak menebal di bawah lingkaran mata, jelas akan sangat mempengaruhi penampilan. Wajah akan terlihat lelah, sembab dan kurang bersemangat. 


Pada dasarnya, banyak sekali cara menghilangkan kantung mata yang dapat kita lakukan, baik secara alami maupun melalui bantuan/ perawatan dokter. Untuk lebih jelasnya, simak yuk ulasan berikut ini..




Faktor-faktor Penyebab Kantung Mata





Kantung mata yang diketahui secara umum adalah lingkaran gelap yang terdapat pada bagian kulit sekitar mata yang dapat menyebabkan kulit wajah terlihat kusam dan nampak tua sebelum waktunya. 


Kantung mata sebenarnya merupakan gangguan kesehatan ringan pada mata, dan biasanya bisa hilang dengan sendirinya atau dengan perawatan alami. Sebelum kita membahas bagaimana cara menghilangkannya, ada baiknya kita lihat terlebih dahulu faktor-faktor yang dapat menyebabkan timbulnya kantung mata


Faktor tersebut di antaranya:


  • Pola tidur yang kurang baik dan kelelahan – Durasi tidur yang disarankan adalah enam hingga delapan jam dalam sehari. Tidur yang terlalu larut atau kurang tidur (begadang) dapat menyebabkan timbulnya kantung mata 
  • Faktor genetik atau keturunan – Jika orang tua memiliki kantung mata, maka tidak menutup kemungkinan, Anda akan mewarisi ‘gen’ tersebut. Kantung mata karena faktor gen biasanya bersifat permanen dan akan hilang melalui prosedur operasi. 
  • Usia – Seiring bertambahnya usia, timbulnya kantung mata tidak bisa dihindari. Kantung mata disebabkan karena penumpukan lemak di bagian dalam kulit di bawah mata, terjadi kekenduran otot mata, dan kelebihan kulit di area mata. 



  • Pola makan yang tidak sehat – Jika asupan makanan yang dikonsumsi kurang nutrisi, sehingga tidak memenuhi kebutuhan tubuh dengn baik, maka kantung mata dapat terbentuk secara alami. Konsumsi garam/yodium yang berlebihan, makanan/minuman yang mengandung kafein tinggi serta alcohol merupakan jenis makanan yang memicu timbulnya kantung mata. 
  • Dehidrasi – Cukupi asupan kebutuhan air dalam tubuh, setidaknya 8 gelas sehari agar tidak mengalami dehidrasi yang dapat membuat kantung mata terbentuk secara perlahan.  
  • Paparan sinar matahari – terkena sinar matahari secara langsung pada daerah kulit di bawah mata bisa menyebabkan timbulnya kantung mata hitam.  
  • Kurang vitamin – kurangnya asupan vitamin di dalam tubuh terutama vitamin c, vitamin k dan juga zat besi akan membentuk kantung mata hitam secara perlahan-lahan. Karena ketiga nutrisi tersebut sangat penting untuk kesehatan kulit. 



Mengatasi Kantung Mata



Nah, setelah mengetahui faktor-faktor penyebab di atas, maka selanjutnya akan diuraikan lebih lanjut mengenai cara menghilangkan kantung mata, di antaranya adalah:


  • Minum suplemen yang di dalamnya memiliki kandungan zat besi, vitamin B6 dan B12 
  • Gunakan krim kesehatan mata yang mengandung vitamin C, retinol dan kolagen
  • Anda bisa mencoba melalui suntik botox yang efektif mengurangi kerutan dan meningkatkan kekenyalan kulit. Jangan lupa untuk bertanya pada ahlinya! 
  • Menghilangkan kantung mata dapat dilakukan dengan melakukan Operasi Blepharoplasty. Tetapi, tindakan operasi ini dapat meninggalkan bekas jahitan atau bekas parutan. Sebelum memutuskan untuk melakukan operasi, konsultasikan dengan dokter tentang efek samping, syarat-syarat, prosedur, dan riwayat kesehatan yang Anda miliki. 
  • Menggunakan Sinar Laser. Meskipun dengan cara yang satu ini tidak sepenuhnya dapat membuat kulit yang kendur menjadi kencang kembali, namun penggunaan laser lebih disukai karena tidak meninggalkan bekas luka sayatan.
  • Dermal Filler. Dermal Filler adalah penyuntikan zat tertentu atau tindakan penambahan filler lebih dalam, persis di atas tulang, di pinggir lingkaran di bawah kelopak mata. Dermal filler sendiri adalah sebuah treatment yang sangat efektif untuk peremajaan kulit, dan menjadi salah satu alternative treatment tanpa operasi untuk meremajakan kulit wajah. Salah satu merk yang menyediakan dermal filler adalah Restylane. Restylane adalah sebuah nama merek untuk partikel gel yang disuntikkan oleh dokter kulit untuk mengurangi kerutan, mencegah penuaan dini dan membuat kulit wajah terlihat kencang.  



Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami



Selain melalui cara di atas, kantung mata dapat diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah kita jumpai sehari-hari. 


Jika melalui dokter kecantikan atau melakukan perawatan dengan krim-krim tertentu bisa menghabiskan biaya yang cukup banyak, maka melalui bahan-bahan alami ini, dijamin Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, lebih aman dan tidak memiliki efek samping. 


Bagaimanakah cara menghilangkan kantung mata secara alami? Nah, berikut uraiannya:


  • Air putih – Minum air putih yang banyak merupakan cara yang paling mudah untuk menghilangkan kantung mata.
  • Mentimun – Sudah bukan rahasia umum lagi kalau mentimun banyak digunakan untuk mengompres agar kantung mata hilang. Bisa juga digunakan sebagai masker. 



  • Wortel – Parut wortel terlebih dahulu, lalu tempelkan pada bagian mata. 
  • Kentang – Bersihkan kentang, lalu masukkan kedalam kulkas agar dingin. Potong kentang, lalu tempelkan pada bagian mata. 
  • Tomat – Kompres mata dengan buah tomat dapat membantu untuk menghilangkan lingkaran mata hitam.
  • Telur – Ambil hanya bagian putih telur saja, lalu balurkan secara merata pada bagian kantung mata, dan didiamkan hingga beberapa menit. 
  • Minyak Zaitun – balurkan daerah kantung mata dengan minyak zaitun secara merata   



                        

  • Bengkuang – Masker bengkuang dapat digunakan secara teratur untuk menghilangkan kantung mata. 
  • Es batu – Oleskan es batu di bagian kantung mata sambil dipijat atau ditekan secara perlahan. Cukup praktis dan mudah sekali untuk dilakukan, tanpa menimbulkan efek samping. 
  • Kantung teh – kantung teh bekas dapat digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Ambil kantung teh bekas, dinginkan terlebih dahulu lalu tempelkan/kompres pada bagian bawah kulit mata
  • Sendok dingin – Dinginkan sendok terlebih dahulu, jika sudah benar-benar dingin, tempelkan sendok tersebut ke bagian bawah kulit mata selama beberapa menit. Lakukan secara teratur ya, karena penggunaan sendok cukup mudah dilakukan dan relatif aman. 



                          

  • Daun mint – Hancurkan daun mint terlebih dahulu, lalu balurkan secara merata pada daerah kantung mata. Diamkan hingga beberapa menit.
  • Tidur yang cukup – Menghilangkan kantung mata salah satunya dapat dilakukan dengan mengatur pola tidur. Anda harus bisa mengatur jam tidur dengan baik, sangat disarankan agar tidak tidur terlalu larut malam. Waktu tidur yang ideal adalah delapan jam setiap harinya 




Nah, itulah beberapa cara menghilangkan kantung mata secara alami yang dapat Anda lakukan sehari-hari, cukup mudah bukan? Penggunaan bahan-bahan secara alami relatif jauh lebih aman serta murah. Ingat, Anda harus melakukannya secara rutin dan teratur ya! 


Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk memberikan solusi menghadapi si kantung mata yang terkadang cukup menyebalkan dan mengganggu penampilan. Selamat mencoba!


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang