Bagaimana cara kerja siaran langsung channel TV?

Dilihat 534 • Ditanyakan 9 bulan lalu
2 Jawaban 2

Kamu butuh tiga zona:- 1. Kotak setup (tata sky, dish, d.l.l.) 2. Encoder langsung dan komputer publisher dengan carpture card dan bandwidth yang cukup, dan 3. Server langsung dengan bandwidth yang cukup.

Kotak setup memberikan gamnbaran ke komputer encoder. Komputer memiliki encoder langsung dan aplikasi punblisher (Enkoder flash media live gratis dan popular). Pilih preset di aplikasi ini, kualitas video d.l.l. Publish videonya angsung ke server. Berikan IP yang layak, port, nama siaran d.l.l. Coba mulai video URL server mu di VLC player. Inilah bagaimana infrastruktur dasarnya. Siapkan server langsung adalah hal yang besar. Saya akan harus menulis berates-ratus baris.


Terjawab 9 bulan lalu

Televisi merupakan salah satu media yang memilki banyak pengguna di dunia. Daripada media cetak, televisi lebih banyak diminati masyarakat karena tak hanya menyajikan tulisan ataupun suara, namun juga gambar yang menambah daya tarik penonton.


Televisi sudah sangat akrab di kehidupan kita sehari-hari untuk menonton acara-acara yang disiarkan oleh stasiun televisi mulai dari hiburan seperti kuis dan film favorit berbagai genre ataupun siaran olahraga, seperti siaran langsung bola. Tak hanya itu juga terdapat siaran berita yang dapat memberikan informasi pada penonton. Menariknya siaran televisi dapat dinikmati secara langsung (Live) sehingga informasi yang diperoleh lebih aktual.


siaran langsung bola

Siaran Langsung merupakan suatu proses produksi yang sesuai dengan kenyataan saat itu sehingga apa yang dilihat di televisi pemirsa merupakan gambaran nyata baik waktu maupun lokasi. Siaran langsung memiliki risiko kegagalan baik masalah teknis maupun operasional.


Dalam siaran langsung sering muncul Master Control Room (MCR) disebut juga ruang kendali siaran televisi merupakan ruangan yang berisikan perangkat teknis utama penyiaran dalam mengontrol segala proses siaran stasiun televisi. MCR menjadi pusat dari segala kegiatan produksi siaran yang ada di stasiun penyiaran televisi. MCR sangat penting karena semua materi siaran baik acara secara langsung (live) maupun rekaman di studio, harus melalui MCR terlebih dahulu, sebelum akhirnya dipancarkan melalui pemancar. Materi siaran berupa iklan, logo stasiun televisi, program-program acara, running text dan sebagainya, semuanya telah disiapkan di MCR untuk ditayangkan.


ruangan siaran langsung

Semua siaran yang ada baik itu dari studio yang hanya rekaman ulang (taping)

ataupun acara langsung (live) yang ada di studio, yang langsung dari lokasi kejadian contohnya siaran langsung bola juga melalui OB Van (Outdoor Broadcast) van semuanya selalu melalui MCR (Master Control Room) sebelum dipancarkan ke satelit. Di MCR gambar dipasang logo televisi tersebut, lalu terdapat segmen iklan dan promo, sampai materi yang ingin disampaikan ke pemirsa dirumah benar-benar siap on air.
Dari MCR, materi tersebut menuju ke perangkat UPLINK untuk ditransmisikan melalu satelit ke stasiun relay yang berada diseluruh daerah.


SNG (Satellite News Gathering) secara harfiah bisa diartikan sebagai pengumpul berita melalui satelit, meskipun sebenarnya SNG tidak selalu digunakan untuk kepentingan pemberitaan. SNG merupakan piranti (alat) untuk transmisi satelit yang portable, yang berarti SNG lebih praktis untuk dibawa kemana-mana (mudah berpindah tempat/mobile). Tidak hanya itu SNG ini juga mudah dalam hal proses install dan uninstall.


Orang pernah menyebutnya sebagai lampu senter. Dimana SNG merupakan lampu senternya sedangkan satelit merupakan cerminnya. SNG memantulkan materi berita/suatu kejadian, kemudian materi tersebut dipantulkan oleh satelit ke perangkat penerimanya atau yang biasa disebut dengan Ground Segment yang kemudian akan diproses di Master Control Room (MCR). SNG bisa digunakan untuk acara live dari luar studio salah satunya seperti pada siaran langsung liga Inggris di televisi kita.


cara kerja siaran langsung


Siaran langsung dari lapangan seperti siaran langsung bola liga Inggris di televisi, SNG kemudian mengirimkan sinyal lalu di uplink ke satelit lalu dipantulkan kembali ke MCR (Master Control Room)  kemudian diproses dan siap untuk di uplink kembali ke satelit, lalu diterima oleh stasiun relay di seluruh Indonesia kemudian baru di siarkan secara terrestrial  ke televisi yang ada di rumah sehingga siaran langsung liga Inggris dapat disaksikan langsung hanya dari rumah. Yaa...begitulah cara kerja siaran langsung channel TV :)


Terjawab 3 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang