Bagaimana cara melakukan smash yang sempurna di bulutangkis walaupun dengan menggunakan raket biasa?

Dilihat 591 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1



Bulu tangkis adalah suatu permainan (olah raga) yang menggunakan raket dan kok (shuttlecock) sebagai peralatan utamanya. Kok (shuttlecock) dipukul secara bergantian oleh setiap regu yang sedang bertanding. Tujuan permainan bulu tangkis adalah untuk mendapatkan shuttlecock dengan cara mengembalikan atau memukul shuttlecock sedemikian rupa sehingga jatuh ke lantai atau lawan tidak bisa mengembalikan kok dengan baik.


Melakukan sebuah teknik pukulan yang benar di dalam bermain bulutangkis mutlak dibutuhkan oleh setiap pemain. Mereka dituntut untuk bisa menguasai teknik bulutangkis bagaimana cara memukul shuttlecock dengan baik dan benar dalam permainan bulutangkis. Hal ini sangat penting dikarenakan permainan bulutangkis sangat mengandalkan kualitas dari pukulan tangan pemain. Jika pemain tidak memiliki teknik pukulan yang baik atau terbiasa dengan teknik pukulan yang salah maka akan sulit bagi seorang pemain untuk menerapkan strategi-strategi untuk menyerang lawan.


Salah satu teknik bulutangkis yang perlu dikuasai oleh pemain adalah teknik pukulan smash. Pukulan smash ini disebut juga sebagai pukulan menyerang karena memang tujuan utamanya adalah untuk mematikan lawan. Teknik pukulan smash ini merupakan bentuk pukulan keras yang sering digunakan dalam permainan bulutangkis. Teknik pukulan smash merupakan pukulan overhead yang dilakukan dengan sekuat tenaga dari posisi atas dan menukik diarahkan ke posisi bawah lawan.

Nah, jadi bagaimanakah cara melakukan smash yang benar dalam permainan bulutangkis tersebut? Bagi anda yang hobi dengan olah raga yang satu ini, wajib membaca artikel berikut sampai tuntas ya, setelah itu baru mempraktekkannya! 



Cara Melakukan Smash



Pukulan smash sebenarnya tidak semata-mata menggunakan kekuatan otot lengan saja. Dalam melakukan pukulan smash bulutangkis, kecepatan dan ketepatan lecutan pergelangan tangan menjadi kunci utama bagaimana pukulan smash bulutangkis dapat menukik tajam dan keras.

Berikut ini teknik bulutangkis dalam melakukan pukulan smash agar bisa powerfull sehingga bola kok (stuttlecock) bisa menukik tajam, dan sangat keras (cepat).


Proses smash melibatkan tiga tahapan, yaitu pergerakan untuk mengambil posisi, persiapan dan yang terakhir melakukan smash itu sendiri.


  • Pergerakan posisi: Footwork  

Untuk mendapatkan posisi yang tepat dalam melakukan smash di bulutangkis, berhenti dan pusatkan keseimbangan anda sebelum memukul. Anda tidak dapat melakukan tembakan secara efektif kecuali jika berada dalam posisi dan waktu yang baik. Anda perlu waktu dimana anda akan berhenti dan menyeimbangkan tubuh sebelum mencoba melakukan tembakan smash.


  • Persiapan: Posisi siap 

Perhatikan posisi pegangan raket (Grip) dengan benar. Tubuh Anda harus rileks – otot yang tegang bergerak lebih lambat daripada yang rileks.Gunakan forehand grip (sama seperti di Tenis) agar menjaga grip yang rileks.

Berdiri menyamping, sehingga bagian kaki dan bahu yang tidak searah dengan raket berada di depan ke arah yang akan anda smash.

Jika anda berada diposisi yang benar, anda harusnya berapa pada posisi dimana shuttlecock akan jatuh dibelakang leher anda, jika anda membiarkannya jatuh.

Lengan yang tidak memegang raket menunjuk ke arah shuttlecock sementara lengan yang memegang raket di angkat, dengan siku ditekuk dan pergelangan tangan anda tegak sehingga raket berada di atas dan menunjuk keatas. Berat badan berada pada kaki belakang.


  • Tembakan smash

Mengambil langkah ke depan saat melakukan smash. Anda bertujuan untuk memukul shuttlecock pada titik tertinggi yang nyaman bagi anda – lengan dan raket harus sepenuhnya ditempatkan pada titik dengan dampak smash terbesar.

Bayangkan anda ‘melemparkan’ raket anda melalui shuttlecock tersebut. Otot-otot anda harus lentur sampai ke titik smash. Jangan mencoba untuk memukul shuttlecock dengan keras! Hal ini akan menyebabkan otot-otot anda mengencang. Anda mungkin merasa sulit untuk percaya – tetapi semakin halus gerakan yang mengalir, smash yang dihasilkan semakin cepat dan lebih konsisten.


 

Itulah beberapa penjelasan tentang bagaimana cara melakukan smash yang bagus dan berkualitas. Pelajari selengkapnya teknik bulutangkis lainnya yang tidak kalah pentingnya untuk dikuasai dalam olah raga bulutangkis. Jangan berkecil hati jika anda tidak dapat melakukan smash selama beberapa kali. Berlatihlah sampai anda mampu melakukannya secara konsisten dan dapat mengendalikan arah pukulan anda . Intinya, sekarang anda harus terus berlatih, berlatih dan berlatih. Good Luck! (Baca : Apa cara yang baik untuk mempelajari "Pukulan Clear" dalam bulu tangkis?)

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang