Bagaimana cara melepas cincin batu permata ?

Dilihat 7,26 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1


Batu permata adalah sebuah mineral, batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi, dan diminati oleh para kolektor. Seperti kita ketahui keaslian batu permata sekarang ini perlu diperhatikan. Seringkali secara kasat mata terlihat asli , padahal bukan. Semakin langka dan indahnya batu permata sering dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan sepihak. 

Batu permata asli apa pun namanya tetap mengandung serat di dalamnya. Berbeda dengan kaca yang menjadi bahan imitasi batu permata, bening tanpa serat. Jadi, apabila anda melihat batu permata asli itu berserat, bukan berarti batu tersebut pernah jatuh dan pecah. Itulah serat alami yang dikandung batu permata asli. Kalau tidak ada serat, bisa dipastikan batu permata itu memang palsu.(lihat: Bagaimana memilih batu permata )

Batu permata harus melewati tahap pemolesan sebelum dijadikan perhiasan. Batu-batu tersebut dipotong dan dipoles dengan diasah untuk mendapatkan batu yang indah dan kemilau. Setelah batu permata dipotong dengan ukuran tertentu, barulah batu tersebut di poles sesuai selera atau sesuai dengan permintaan pemesan (lihat : Batu permata paling mahal di dunia). Setelah membeli batu permata, biasanya pemesan akan pergi ke toko perhiasan yang dipercaya untuk dijadikan cincin permata, liontin atau giwang permata  (design sesuai selera). Dan bagaimanakah proses pemasangan batu permata tersebut ?


Cara Memasang Batu Permata


     


Untuk memasang batu permata yang baru dibutuhkan keahlian dan pengalaman.  Walaupun setiap pekerjaan membutuhkan ketrampilan yang unik, para pengrajin ahli pada umumnya akan mengikuti langkah-langkah dibawah ini: 

  • Langkah pertama dalam proses pemasangan batu permata (contohnya untuk cincin permata) adalah membersihkannya, sehingga mereka dapat memastikan tidak ada kerusakan yang membutuhkan perhatian dan perbaikan.
  • Selanjutnya, mereka akan mencari batu permata yang sesuai dengan batu permata lainnya, jika diperlukan.
  • Setelah mendapatkan batunya, mereka akan memasang tepat pada tempatnya .
  • Akhirnya,  mereka akan memperbaiki setiap manik-manik yang kurang baik, bagian tepi/pinggir, atau bagian lainnya untuk memastikan batu permata yang baru sudah benar-benar terpasang dengan baik dan benar di tempatnya

Bagaimana cara melepaskan cincin batu permata ?

Kalau anda menanyakan bagaimana cara melepaskan cincin dari jari, coba gunakan pencarian di mesin pencari dengan kata kunci "cara melepas cincin dengan benang" atau cukup dengan  "cara melepas cincin dari jari".  Ada beberapa video yang mendemonstrasikan cara melepas cincin dari jari dengan mudah, salah satunya seperti dibawah ini :

 


Dengan mengikuti cara tersebut, anda tak perlu menarik secara paksa cincin permata anda yang akibatnya bisa melukai jari anda sendiri. Dan mungkin anda tidak perlu memaksakan diri memakai cincin yang ukurannya kekecilan. Jangan lupa, setelah dilepas, segera masukkan cincin permata anda ke dalam kotak cincin dan simpanlah di tempat yang aman. 

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang