Bagaimana cara memasak bakso agar bagian dalamnya matang sempurna?

Dilihat 399 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Siapapun pasti mengenal bahkan menyukai makanan bundar yang terbuat dari daging sapi dan disajikan dalam mangkok dengan bihun yang dikenal dengan bakso. Makanan Indonesia yang terbuat dari campuran daging sapi dan tepung tapioka ini banyak ditemui di pelosok Indonesia.

Walaupun kita suka makan bakso, namun bukan berarti kita bisa membuatnya. Membuat bakso itu memang bisa dibilang sangat sulit.


                          membuat bakso


Tapi anda pasti heran mengapa jika anda beli bakso di luar rasanya dan teksturnya itu pas? Dan bahkan bertanya-tanya bagaimana caranya membuat bakso dengan tekstur yang pas seperti ini? Jika anda membaca ini, anda pasti penggemar masakan bakso. Memang memasak bakso yang sempurna itu sulit. Mulai dari mencari resep bakso yang enak, sampai bagaimana cara membuat bakso yang enak hingga matang sempurna.

Kematangan dalam masakan merupakan hal yang sangatlah penting, begitu juga pada bakso. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara membuat bakso sapi dan tips-tips memasak bakso goreng dan rebus yang sempurna. Saya jamin anda pun bisa membuat bakso yang tidak akan kalah enak dengan bakso yang biasa anda beli.


Tips dan Cara Membuat Bakso Yang Enak


  • Kamu mungkin mencoba memasaknya terlalu cepat. Masaklah dalam suhu yang lebih rendah dalam waktu yang lebih lama. Lalu saat kamu pikir sudah matang, ambil sebutir bakso dan iris jadi dua untuk memeriksa apakah sudah matang semua. Dalam mencari "resep bakso sempurna".

  • Menurut pendapat saya (dan 20-an orang lainnya), tidak ada yang bisa mengalahkan bakso panggang. Bakso ini adalah perpaduan sempurna antara tekstur yang keras (bukan renyah) di luar dan lembut di dalam. Memanggangnya di atas wajan biasanya tidak akan membuatnya matang sepenuhnya kecuali ukurannya kecil dan kamu biasanya pada akhirnya mendapatkan bagian luar yang keras. Dengan melakukan seluruh metode goreng kilat di atas wajan.

  • Biarkan dalam kuah selama 3 jam" menghasilkan rasa terbaik secara keseluruhan (menurut saya) tapi membuat bakso terlalu lembut sehingga mudah remuk. Rasa yang sedikit lebih enak dikalahkan oleh tektur yang sangat buruk.

  • Gulung bakso kamu (seukuran bola golf, 50-an gram per bakso), masukkan ke dalam panci yang diberi sedikit minyak zaitun dan letakkan dalam oven yang sangat panas (200-230 celcius) selama 20-30 menit. Periksa setelah 20 menit dan lihat berapa lama lagi. Untuk penjelasan yang lebih komplit llihatla penjelasan pemilik The Meatball Shop di NYC, Daniel Holzman dalam video yang dibagikannya.

      bakso


Nah, setelah anda tau cara membuat bakso yang hingga matang sempurna yang benar. Lagi pula, memakan bakso yang kurang matang itu memang kurang enak. Silahkan anda coba sendiri di rumah anda, siapa tau hasil nya akan jauh lebih baik dari pada masakan anda biasanya. Selamat Mencoba

Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang