Bagaimana cara membangun daya tahan tubuh dalam berenang?

Dilihat 246 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

Dulu saya berenang secara teratur sejauh 2,5 - 3 km setiap pagi. Kelihatannya mungkin sulit, tapi hal tersebut sangat menenangkan. Ok, kadang memang terasa membosankan. Pada akhirnya saya membeli sebuah peralatan aneh yang memungkinkan saya mendengarkan music di bawah air dengan headphone kecil yang tahan air dan berenang menjadi saat terbaik dalam hari - hari saya.


Waktu kuliah, latihan renang kami sangat brutal. Beberapa kali saya hampir muntah. Saya merasa sangat kelelahan sampai - sampai rasanya mau pingsan dan suatu hari, melihat saya terduduk lemas, pelatih saya dengan santainya berkata, "tendang lebih pelan". Dia mengatakannya dengan sangat datar, tapi hal itu bagaikan pencerahan bagi saya. Perhatikan perenang yang berkompetisi dan kamu akan melihatnya: mereka hampir tidak menendang kaki mereka.

 

Semakin kamu menenang, semakin banyak gas yang keluar dari kakimu - otot paling besar dari tubuhmu. Otot - otot tersebut membutuhkan lebih banyak darah, lebih banyak oksigen, dan hal itulah yang menyebabkan kamu merasa lelah. Tendanglah sesedikit mungkin hanya agar kamu terus bergerak. Ketika kamu menendang, berusahalah agar tidak melakukannya dengan berlebihan apalagi sampai kakimu keluar dari air - jagalah agar tendanganmu tetap tenang dan pelan. Hanya untuk membuat kakimu tetap mengambang. Hal ini saja akan membuat perbedaan besar dalam daya tahan tubuhmu.

Selain itu ketika kamu menggerakkan tangan, jangan lakukan dengan berlebihan sampai tanganmu keluar dari air. Lakukan secukupnya saja untuk menarik air lalu ayunkan ke depan tanpa membuat tanganmu keluar dari air ketika tanganmu berada di depan.

Pada dasarnya: simpan energimu dari melakukan gerakan - gerakan yang tidak produktive. Berenanglah setiap hari. Daya tahan tubuhmu ketika berenang akan terbangun dalam waktu yang tidak terlalu lam. Sepuluh putaran? Ini akan mudah bagimu nanti!

Terjawab 6 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang