Bagaimana cara membuat ayam goreng tanpa menggunakan telur?

Dilihat 2,9 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ayam goreng merupakan masakan yang tidak asing lagi dengan variasi yang sangat banyak. Sebutkan saja- ayam pop ala padang, ayam bakar bumbu rujak, ayam semur, soto ayam, rolade ayam, hingga yang kekinian seperti ayam mercon. Tapi selain semua yang telah saya sebutkan, variasi olahan ayam yang paling populer adalah ayam goreng tepung. Dengan penggemar kebanyakan anak muda, makanan bule ini sangat terkenal karena banyaknya restoran franchise asal Amerika yang menyajikannya sebagai menu utama.


Pada umumnya, ayam goreng tepung ini mendapatkan kerenyahannya dari campuran tepung, air, dan telur. Tapi, ibu saya pernah mengajarkan cara memasak ayam goreng tepung yang agak unik, yaitu tanpa menggunakan telur.


Cukup jarang didengar, kan?


Nah, jadi seperti apakah resep fried chicken unik satu ini?



Ayam Goreng Tepung Tanpa Telur



Selain menghemat persedian telur di rumah (haha!), terkadang saya pikir ayam goreng tepung yang menggunakan telur mengandung terlalu banyak protein dan cukup berbahaya untuk anak yang alergi terhadap makanan dengan kandungan protein tinggi. Maka, ayam goreng tepung tanpa telur ini mungkin bisa menjadi solusi yang baik. 

Seperti apa cara memasak ayam goreng ini? Simak uraian berikut.


Cara membuat:


  • Jika menggunakan 1 kg paha bawah saja, siapkan panci berisi 1 gelas air dingin yang telah dicampur dengan 1 sendok makan garam. 
  • Rendam potongan ayam dalam air tersebut dan diamkan dalam kulkas selama 4 jam, atau bisa juga kita biarkan semalaman.
  • Setelah ayam dikeluarkan dari kulkas, biarkan hingga suhunya mendekati suhu ruangan, bilas ayam sekadarnya, dan baluri dengan buttermilk.
  • Lalu, isi mangkuk besar dengan 4 cangkir tepung terigu, garam 1/2 sendok makan, 1 sendok teh merica,1 sendok teh paprika, dan aduk rata. 
  • Dalam mangkuk lain, tuangkan 1 cangkir buttermilk.
        ayam goreng


  • Setelah semua siap, panaskan minyak dalam penggorengan dengan api yang tidak terlalu besar (api sedang saja atau ayam akan gosong dan dalamnya tidak matang)
  • Ambil satu potong ayam, celupkan ke buttermilk, lalu angkat dan celupkan ke dalam tepung di mangkuk. Lapisi dengan baik hingga tepung menutupi seluruh bagian ayam dengan merata, dan goyangkan agar tepung yang menempel tidak berlebihan.
  • Selanjutnya, dengan perlahan masukan ayam ke dalam wajan penggorengan.
  • Lanjutkan hal ini pada potongan lainnya. Pastikan agar kita tidak memasukkan terlalu banyak ayam agar matang dengan sempurna. Goreng hingga kuning keemasan. Jika mau, wajan bisa ditutup menggunakan tutup panci, jangan terlalu rapat dan beri sedikit celah agar uap keluar.
  • Setelah matang, tiriskan ayam dan letakkan di atas kertas tisu secukupnya agar minyak terserap (pastikan kita menggunakan tisu yang bagus agar tidak menempel di makanan).
  • Terakhir, penyajian. Kita bisa menambahkan saus pedas dan sajikan ayam ini dengan nasi, kacang polong, saus apel, dan biskuit jika ingin menyantapnya dengan cita rasa western. Jika ingin menyajikannya dengan gaya Indonesia yang lebih tradisional dan mudah didapat, bisa sajikan dengan nasi putih, sambal terasi atau sambal bawang pedas, dan lalapan. Hmmm~ Sedapnya!

ayam goreng



Resep Lain Untuk Membuat Fried Chicken


Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, ada sangat banyak variasi olahan ayam dari seluruh penjuru bumi ini. Bahkan, resep fried chicken pun ada beberapa macam. Setelah versi pertama dari ayam goreng tanpa telur di atas, di bawah ini adalah resep lain untuk membuat ayam goreng yang pasti akan menjadi favorit keluarga kita!


Cara membuat:


  • Siapkan wadah untuk meletakkan potongan-potongan ayam yang telah dicuci bersih. Biasanya kita menggunakan bagian paha atas, sayap, dan paha bawah dengan total 1 kg, tapi terserah Anda ingin menggunakan bagian ayam yang mana.
  • Bumbui ayam dengan 1/2 sendok teh merica, 1/2 sendok teh garam dan penyedap secukupnya. Aduk sampai rata hingga meresap, kemudian sisihkan.
  • Campurkan 100 gram tepung terigu dan 1 gelas susu cair dalam wadah terpisah, aduk rata hingga mencapai tekstur yang seimbang, tidak terlalu encer tapi tidak juga terlalu kental. (adonan 1)
  • Siapkan wadah untuk adonan kering, tuangkan 150 gram terigu dan bubuk paprika. Jika ingin membuat ayam goreng tepung pedas, tambahkan bubuk cabe dan sedkit garam (adonan 2).
  • Masukkan ayam pada campuran tepung terigu adonan 1 dan pastikan seluruh bagian ayam tertutupi dengan merata. 
  • Kemudian, masukkan ke dalam adonan 2 dan kibaskan sedikit. Bila ingin tepung yang sedikit lebih tebal, masukkan lagi ayam ke adonan 1 dan adonan 2 sampai ayam terbalut rata.
  • Ulangi cara tersebut sampai ayam habis.
  • Simpan adonan yang terbalut tepung di kulkas selama 30 menit.
  • Siapkan penggorengan. Jika punya panci untuk penggorengan deep fried, hasilnya akan lebih baik. Tapi bila tidak ada, goreng ayam dengan minyak yang cukup banyak, pastikan seluruh bagian ayam terendam secara sempurna di dalam minyak panas.
  • Goreng dengan api sedang hingga berwarna kekuningan, lalu angkat dan tiriskan.
  • Letakkan ayam goreng di wadah yang dialasi dengan tisu secukupnya agar minyak terserap, kemudian sajikan bersama saus pedas (atau apapun tergantung selera).

ayam goreng




Tips Untuk Membuat Ayam Goreng Renyah yang Lezat


Ada beberapa rahasia agar ayam goreng renyah dan lezat, sedikit di antaranya adalah:


  • Sebelum diolah, sebaiknya bumbui potongan ayam terlebih dahulu dan diamkan selama beberapa saat agar bumbu meresap. Bumbu akan lebih meresap lagi apabila disimpan di dalam lemari es, dan hal ini juga berlaku untuk ikan, daging, dan makanan sejenis lainnya.
  • Menggoreng ayam dengan panci khusus deep fried akan memberikan kita hasil yang lebih maksimal. Bila tidak ada, gunakan wajan biasa dan minyak yang banyak, lalu tutup beberapa menit dengan menggunakan tutup panci (jangan terlalu rapat agar uap bisa keluar).
  • Pastikan minyak telah panas sebelum kita memasukan ayam ke dalam pengorengan. Memasukan ayam ke dalam minyak yang belum panas hanya akan membuatnya keras dan tampilannya pun jadi sedikit rusak karena lengket atau adonan tepung larut di dalam minyak.
  • Gunakan susu cair dan sedikit mentega untuk merendam daging ayam agar tidak terlalu kering. Sehingga, jika ayam terbalut dengan tepung, di luar renyah dan di dalam akan tetap terasa empuk.
  • Pastikan tisu yang kita gunakan untuk meniriskan minyak adalah tisu yang berkualitas. Beberapa tisu hancur dan menempel di makanan, tentu hal ini akan sangat merepotkan.

-

Nah, bagaimana? Cara memasak ayam goreng ini cukup mudah untuk dicoba, kan?


Karena sekarang sudah sangat banyak yang menjual ayam goreng tepung, dari franchise besar seperti KFC, CFC, dan McDonalds, kedai-kedai ayam goreng crispy sambel bawang kekinian, hingga stand kecil-kecil di depan Indomaret, sudah jarang orang yang dengan sengaja memasak sendiri ayam goreng tepung di rumah.

Maka dari itu, akan lebih istimewa jika kita coba untuk membuatnya sendiri dengan resep yang sedikit berbeda ini. Jika Anda bisa, cobalah untuk memodifikasi resep yang telah saya berikan di atas agar lebih mendekati selera keluarga atau orang terdekat, dan sajikanlah untuk mereka! Semoga berhasil dan selamat menikmati!

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang