Bagaimana cara membuat ayam panggang dengan Microwave?

Dilihat 3,67 rb • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Daging ayam merupakan bahan dasar yang sangat fleksibel, sehingga dapat diolah dengan berbagai cara. Jika Anda menyukai masakan berbahan dasar daging ayam namun kurang suka yang berminyak, maka anda dapat melirik resep ayam panggang.  Kali ini hidangan lezat tersebut  tidak hanya akan dapat anda santap di rumah makan tempat biasa anda mengunjugi saat hasrat lapar melanda. Namun, anda akan dapat membuat sajian ini di rumah dengan mudah dan sederhana. Anda tidak perlu khawatir karena membuat hidangan  ini tidaklah sesulit yang anda perkirakan, anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang kami berikan dan dijamin anda sekeluarga pasti ketagihan dan ingin membuatnya lagi.  Jika anda ingin membuat hidangan ini sendiri,  anda harus menyimak artikel yang satu ini karena dalam artikel ini akan diulas mengenai informasi cara membuat ayam panggang dengan variasi bumbu madu.

Memanggang Ayam Lebih Cepat dengan Microwave

Ayam panggang sendiri, mungkin sering anda jumpai dilakukan dengan cara dibakar di atas bara api, atau dibakar menggunakan oven konvensional.  Ada microwave di dapur Anda? Cobalah eksplorasi kemampuannya. Banyak hal yang dapat dilakukan peranti memasak modern ini untuk mengolah makanan lezat sekaligus sehat. Tak hanya dapat memanaskan makanan, microwave juga dapat digunakan untuk memasak, pas sekali untuk meringankan tugas-tugas di dapur.



Kali ini daging ayam yang sudah dibumbui akan dipanggang menggunakan microwave, agar tekstur daging ayam semakin empuk dan lembut serta mempersingkat waktu memasak.  Microwave merupakan alat memasak yang fungsinya tidak banyak berbeda dengan oven,  yang membedakan adalah cara kerjanya. Berbeda dengan oven,  microwave menggunakan getaran gelombang mikro untuk menimbulkan panas, sedangkan oven menggunakan filamen khusus untuk memijarkan api. Microwave bekerja dengan  cara memancarkan gelombang elektromagnetik berfrekuensi super tinggi, yakni di atas 3 GHz (3×109 Hz). Jika gelombang mikro diserap oleh sebuah benda, maka  akan muncul efek pemanasan pada benda tersebut. Artinya, jika makanan menyerap radiasi gelombang mikro, maka makanan menjadi panas dan matang dalam waktu singkat.  Mengapa anda menghabiskan waktu memanggang ayam di oven ketika Anda dapat menggunakan microwave untuk memasak makanan lebih cepat ?

Nah, agar anda tak lagi penasaran dengan resep ayam panggang yang lezat, mari kita langsung simak saja resep cara membuat  ayam panggang bumbu madu dengan microwave  dibawah ini.

Cara Membuat Ayam Panggang dengan  microwave

Bahan Utama :

  • 6 potong dada ayam tanpa tulang, tanpa kulit
  • 2 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan saus toma
  • 2 sendok teh air jeruk lemon
  • 1 sendok teh garam
  • 3 siung bawang putih, dihaluskan
  •  3 sendok makan madu
  • 1 sendok makan merica hitam kasar
  • 3 sendok makan margarin, dilelehkan

Sebelum anda mulai memasak ayam ingatlah selalu untuk melakukan hal di bawah ini :

  1. Ayam dapat disimpan di bagian terdingin kulkas selama dua hari. Jika Anda berencana memasaknya beberapa hari kemudian, ayam harus segera dibekukan. Jangan masak sebagian ayam yang telah dibekukan, kemudiaan menyimpan bagian lainnya dalam kulkas. Hal ini akan memicu pertumbuhan bakteri. Jika daging ayam telah membeku, maka kita perlu melelehkan daging ayam tersebut, karena daging beku membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dimasak. Jangan melelehkannya di suhu ruang, hal ini dapat  menimbulkan  berkembangnya  bakteri  jika dibiarkan dua jam atau lebih. Lelehkan ayam dalam kulkas.
  2. Cucilah ayam. Anda harus mencuci ayam dengan air dingin sebelum dimasak.  Gunakan sarung tangan saat mencuci ayam sehingga tangan Anda tidak terkontaminasi dengan bakteri yang berasal dari ayam. Cucilah tangan sebelum dan sesudah mencuci ayam. Setelah itu, cucilah seluruh benda yang digunakan untuk menyiapkan ayam seperti pisau, talenan, dan bak cuci piring.
  3. Keringkan ayam. Keringkan ayam dengan tisu makan untuk menghilangkan kelembaban yang berlebihan.
  4. Masaklah ayam. Jika sudah dicuci dan dikeringkan, maka ayam siap untuk dimasak, dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  • Campur  semua bumbu dasar  (saus tomat, margarin, merica hitam, air jeruk lemon, bawang putih, madu, saus tiram) dalam wadah tahan microwave, jangan menggunakan logam untuk memasak dalam microwave. Aduk bahan ini dengan baik  dan lumuri ke seluruh bagian daging ayam secara merata.  Pastikan ayam yang anda gunakan adalah tanpa tulang, tanpa kulit, untuk menghindari  lamanya waktu memasak anda.
  • Atur daging ayam yang akan  dipanggang  di atas wadah  dan pastikan bagian (daging)  paling tebal menghadap keluar.
  • Tutup daging ayam  dengan penutup dan biarkan sedikit terbuka  untuk ventilasi.
  • Cek bungkus ayam untuk mengetahui beratnya, sehingga anda dapat memasaknya dengan benar. Waktu yang digunakan untuk ayam dengan panas medium kira-kira enam menit per 5 ons.
  • Keluarkan masakan dari microwave saat ayam telah matang dan diamkan dua menit sebelum disajikan. Jika ayam belum matang dengan sempurna, masukan kembali ayam tersebut ke dalam mikrowave untuk dimasak kembali selama satu menit.

  • Gunakan termometer daging di bagian yang tebal untuk memeriksa suhu, jika suhu daging setidaknya 180 derajat Fahrenheit serta tidak berwarna merah muda lagi artinya ayam telah dimasak dengan benar. Pastikan ayam matang secara menyeluruh saat memasak dalam microwave, karena makan daging mentah dapat menyebabkan penyakit. sehingga  pastikan bahwa semua bagian dari ayam telah dimasak dengan sempurna. Selama memasak dengan microwave pastikan bahwa pula bahwa anda tidak menyentuh piring dengan tangan kosong, karena dapat menjadi sangat panas serta hati-hati pula terhadap uap panas yang terdapat dalam penutup wadah.
  • Hidangkan ayam panggang dalam piring saji yang artinya  hidangan telah siap untuk disantap oleh keluarga anda.


Demikianlah pembahasan tentang cara membuat ayam panggang  dengan microwave yang sekiranya dapat membantu anda dalam menyajikan hidangan yang  lezat dan bergizi  untuk keluarga tanpa memerlukan skill khusus  sehingga anda dapat  mengejutkan orang-orang yang anda cintai.




Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang